TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Popmama Parenting Academy 2024: Panduan Merawat Bayi Baru Lahir

Memahami cara merawat bayi baru lahir yang tepat dari ahlinya langsung

Popmama.com/Zafira

Popmama Parenting Academy (POPAC) kembali hadir di tahun 2024, pada Kamis (25/7/2024) dengan beragam kegiatan dan seminar yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak. 

Pada POPAC Juli 2024, tema yang diangkat adalah "Newborn Care".  Tema ini diangkat untuk membantu Mama yang sedang menyiapkan kelahiran si Kecil atau bahkan sudah memiliki bayi untuk meningkatkakan pengetahuan sebagai orangtua dalam merawat bayi baru lahir.

Mau tahu bagaimana keseruannya, Ma? 

Yuk, simak keseruannya bersama Popmama.com di sini!

1. Acara dibuka dengan sambutan dari Sandra Ratnasari Selaku Editor in Chief Popmama

Popmama.com/Zafirah

Popmama Parenting Academy tahun 2024 ini merupakan acara pertama yang dihadiri oleh para Mama yang tengah menunggu kelahiran anak mereka dengan penuh harapan, dan Mama yang sedang merawat si Kecil yang baru lahir.

Tidak hanya untuk mendampingi dan belajar bersama, tapi Mama juga menunjukkan dukungan dan antusiasme mereka dalam perjalanan mendampingi si Kecil. 

Popmama Parenting Academy itu memang sekolah yang ditujukan untuk mempersiapkan orangtua yang terbaik untuk anaknya, belajar untuk mendampingi anak dengan cara yang baik dan tepat,” ujar Sandra Ratnasari, Editor in Chief Popmama.com, Kamis (25/7/24)

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, POPAC kali ini diadakan dengan suasana yang lebih intim.

Pada tahun 2024, POPAC memiliki beragam rangkaian acara yang bisa diikuti oleh oalon orangtua, serta Mama dan Papa. Dengan berbagai kelas parenting yang dimulai sejak bulan Maret dan berlangsung hingga bulan-bulan berikutnya, Popmama.com berharap agar Mama tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga dapat membangun ikatan yang kuat.

“Harapan yang paling utama adalah Mama bisa belajar untuk menjadi orangtua yang baik untuk anak-anaknya, terus membangun hubungan yang baik bersama anak,” kata Sandra.

2. Memandikan bayi yang baru lahir

Popmama.com/Zafirah

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bidan Ratu Siti dj. Amd. Keb. yang menjelaskan bagaimana memandikan bayi yang baru lahir. 

"Memandikan bayi adalah membersihkan kulit tubuh bayi dengan air hangat, agar tubuh bayi bersih, terasa segar dan mencegah infeksi," ungkap Bidan Ratu Siti. 

Memandikan bayi adalah momen penting yang membutuhkan perhatian dan kehati-hatian. Gunakan air hangat dengan suhu yang tepat untuk bayi dan pastikan ruangan tidak telalu dingin. 

Mama bisa mulai dengan membersihkan wajah dan kepala bayi, lalu perlahan-lahan bersihkan bagian tubuh lainnya, pastikan utnuk menopang kepala dan leher bayi dengan baik. 

Hindari penggunaan sabun yang terlalu banyak, ya, Ma. Cukup gunakan produk yang lembut dan sesuai untuk kulit bayi. 

Setelah selesain, Mama bisa langsung keringkan dengan handuk lembut dan kenakan pakaian yang hangat. 

3. Perawatan tali pusat bayi

Popmama.com/Zafirah

Setelah materi memandikan bayi, Mama diberikan pengetahuan mengenai cara merawat tali pusat bayi yang baru lahir. 

"Setelah memandikan bayi, Mama langsung hangatkan tubuh bayi dan kita mulai merawat tali pusat bayi dengan menggunakan washlap," ujar Bidan Ratu

Perawatan tali pusat bayi sangat penting untuk mencegah infeksi dan memastikan penyembuhan yang cepat.

Pastikan area tali pusat selalu kering dan bersih, hindari menutupi dengan popok, dan biarkan tali pusat terpapar udara sebanyak mungkin.

Jika tampak ada tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, atau keluar cairan, segera konsultasikan dengan tenaga medis, ya, Ma. 

4. Sesi workshop: Mama praktik secara langsung!

Popmama.com/Zafirah

Setelah tanya jawab, Mama mempraktikan secara langsung bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir. Dipandu oleh Bidan Ratu, dua orang Mama sebagai perwakilan maju ke depan untuk melakukan praktik secara langsung. 

Latihan pertama adalah cara memandikan bayi. Posisi bayi terlentang dengan tangan mama tetap menopang untuk menjaga si Kecil tetap hangat. Cukup lap dengan waslap, mulai dari bagian atas tubuh, turun pada tangan, hingga terakhir pada daerah vital bayi.  

Saat sudah selesai, usahakan bayi tetap hangat. Sehingga, saat Mama akan mengambil si Kecil dari kamar mandi menuju tempat tidur, harus menyampirkan handuk guna menutupi tubuh bayi. 

Handuk disiapkan sedari awal, ya, Ma. Saat Mama baru akan memandikan, sampirkan handuk pada dada hingga bahu mama, supaya lebih mudah untuk menutupi tubuh si Kecil. 

Terakhir, latihan ini bermanfaat bagi Mama agar lebih berhati-hati dalam memandikan bayi, bermanfaat juga untuk persiapan Mama sebagai orangtua baru agar tetap tenang saat mulai merawat si Kecil yang baru lahir. 

5. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab

Dok. Popmama.com

Mama diberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi yang telah dijelaskan. Antusiasme acara benar-benar terasa saat Mama saling mengangkat tangan untuk bertanya. 

Pertanyaan yang diajukan cukup beragam, sekitar empat Mama yang bertanya memiliki latar belakang sesuai dengan pengalaman dalam merawat bayi yang bari lahir. 

Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah terkait apakah memberikan minyak kayu putih pada pusar bayi boleh dilakukan. 

Menurut penjelasan Bidan Ratu, pusar bayi pada dasarnya bisa bersih dengan sendirinya, alangkah lebih baiknya alih-alih menggunakan minyak kayu putih, lebih baik menggunakan minyak yang direkomendasikan untuk si Kecil, tentunya minyak yang juga ramah dengan kulit bayi. 

Karena pada dasarnya, minyak kayu putih bisa membuat panas kulit jika terlalu banyak dan beberapa bayi memiliki kulit yang mudah iritasi dengan panasnya minyak kayu putih. 

6. Pembagian bingkisan dan pengumuman pemenang 'Best Post on Instagram"

Popmama.com/Zafirah

Saat acara dimulai, pemandu acara telah menjelaskan bagi Mama yang mengunggah jalan acara di Instagram dengan menarik serta menggunakan tagar #PopmamaParentingAcademy dan #ReadyToBeParents akan mendapatkan hadiah yang menarik. 

Tiba di penghujung acara, pengumuman pemenang "Best Post on Instagram" akhirnya diumumkan. Unggahan Instagram yang menang di kegiatan kali ini adalah Mama Vira. Pemenang terbaik mendapatkan bingkisan berupa tas sekolah.

Mama yang sudah hadir di kelas kali ini juga tak luput mendapatkan bingkisan dan kenang-kenangan juga. Bingkisan berisi produk dari Arummi, Fluffy, dan Mama Bear. Ditemani juga dengan sajian makanan yang telah disiapkan oleh tim Popmama Parenting Academy. 

Setelah rangakaian kelas yang berjalan dengan baik dan insightful, acara kemudian ditutup dengan berfoto bersama. 

7. Kesan dan pesan dari Mama yang hadir di acara

Popmama.com/Zafirah

Akademi atau kelas yang diselenggarakan oleh Popmama.com kali ini tentunya memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman baru terutama untuk persiapan menyambut kelahiran si Kecil

Mama yang mengikuti POPAC kali ini juga memiliki kesan tersendiri. Testimoni yang diberikan sangat positif, terlebih materi yang disampaikan ternyata benar-benar berguna dalam proses merawat si Kecil. 

"Seru dan banyak insight yang didapetin, pengalaman baru juga bagaimana cara memandikan bayi dan merawat tali pusar bayi. Jadi banyak hal baru yang bisa dipelajari buat aku, sebagai ibu yang baru pertama kalinya," ujar Mama Vina, salah satu peserta Popmama Parenting Academy 2024.

Mama Vina juga mengungkapkan agar kedepannya akan lebih banyak acara yang serupa agar lebih banyak yang bisa mengikutinya. Terutama bagi orangtua yang barumemiliki bayi. 

Nag, itu dia rangkuman dari acara POPAC 2024 edisi Juli. Popmama.com turut berterima kasih kepada RSIA Kemang Medical Care, Arummi, Fluffy, dan Mama Bear yang mendukung berjalannya acara kali ini hingga berjalan lancar. 

Nantikan rangkaian POPAC yang akan datang, ya, Ma. Samapi jumpa di kelas selanjutnya!

Baca juga: 

The Latest