TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Arti Nama Maya dalam Berbagai Bahasa, dari Indonesia hingga Maori

Yuk, cari tahu berbagai arti nama Maya dari beberapa bahasa!

Ketika menyambut kelahiran anak, Mama dan Papa tentunya sudah memilih nama dengan arti yang baik untuk disematkan padanya. 

Namun, bisa jadi di kemudian hari Mama dan Papa menemukan bahwa nama yang dipilih memiliki makna yang berbeda. Pasalnya, satu nama terkadang memiliki banyak arti dalam berbagai bahasa.

Salah satunya ada nama Maya yang umum disematkan untuk bayi perempuan. Nama Maya memiliki beragam arti dari berbagai bahasa, mulai dari bahasa Indonesia hingga Maori.

Untuk mengetahui berbagai artinya, berikut Popmama.com rangkumkan arti nama Maya dari berbagai bahasa.

1. Arti nama Maya dalam bahasa Indonesia

Freepik/v.ivash

Dalam bahasa Indonesia, nama Maya memiliki beberapa arti yang berbeda. Salah satu artinya adalah lembut, sehingga bisa menjadi doa agar sang anak memiliki hati yang lembut.

Maya juga bisa diartikan sebagai pekerjaan yang sempurna, dengan harapan sang buah hati kelak menjadi sosok yang pekerja keras dan sukses.

Terakhir, dalam bahasa Indonesia nama Maya juga memiliki makna hidup tenang. Dengan begitu, nama Maya juga bisa mencerminkan doa agar si Kecil memiliki kehidupan yang damai dan tenang.

2. Arti nama Maya dalam bahasa Sansekerta

Freepik

Nama Maya juga memiliki banyak makna jika diartikan dari bahasa Sansekerta. Berakar pada konsep filosofis ‘Māyā’ di India, nama Maya memiliki arti ilusi atau keajaiban.

Dalam agama Hindu, nama Maya juga merupakan nama lain dari Dewi Laksmi, yang merupakan dewi kekayaan, kekuasaan, keindahan, dan kemakmuran.

3. Arti nama Maya dalam bahasa Yunani

Freepik/Holiak

Dalam bahasa Yunani, Maya memiliki arti ibu yang baik. Nama Maya dalam bahasa Yunani terkadang juga dieja sebagai Maia. 

Dalam mitologi Yunani, Maya sendiri merupakan ibu dari Dewa Hermes, yang merupakan putra Zeus. Dari mitologi Yunani ini, banyak yang mengaitkan Maya dengan pertumbuhan, kreativitas, dan sifat keibuan.

4. Arti nama Maya dalam bahasa Ibrani

Pixabay/OmarMedinaFilms

Dalam bahasa Ibrani, nama Maya berasal dari kata ‘Mayim’ yang memiliki arti air. Selain itu, dalam bahasa Ibrani, nama Maya juga memiliki makna dari Tuhan.

Tak hanya sampai di situ, nama Maya dalam bahasa Ibrani juga dapat diartikan sebagai kebenaran. Dengan memberikan nama Maya, orangtua menyelipkan doa agar sang anak selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dalam hidupnya.

5. Arti nama Maya dalam bahasa Spanyol

Pixabay/Claire51700

Berikutnya, ada arti nama Maya dalam bahasa Spanyol yang bermakna bayangan. Meskipun terkesan kurang memiliki makna positif, namun bagi beberapa orang ada filosofi dibalik nama Maya yang berarti bayangan. 

Salah satunya adalah nama Maya mencerminkan harapan agar sang anak senantiasa introspeksi dan refleksi diri untuk menjadi yang lebih baik.

6. Arti nama Maya dalam bahasa Maori

Pixabay/PublicDomainPictures

Tahukah Mama? Nama Maya juga bisa diartikan dari bahasa Maori, lho. Bahasa Maori sendiri merupakan bahasa penduduk asli Selandia Baru yang berada dalam satu rumpun bahasa dengan bahasa Indonesia, yakni rumpun bahasa Austronesia.

Dalam bahasa Maori, Maya memiliki makna keberanian. Dengan menyematkan nama Maya, Mama turut mendoakan si Kecil agar tumbuh menjadi individu yang pemberani.

Itu dia arti nama Maya dari berbagai bahasa. Kini, Mama dan Papa sudah tahu arti nama Maya yang beragam, bukan? 

Semoga membantu, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest