TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Foto Acara Nelu Bulanin Baby Victoria, Anak Laura Theux

Nelu bulanin adalah upacara adat tradisional Bali saat bayi berumur tiga bulan

Instagram.com/laura_theux

Ada banyak cara orangtua untuk merayakan kelahiran anak ke dunia. Salah satunya yakni Laura Theux dan suami, Indra Evans dengan melakukan upacara tradisional Bali, Nelu Bulanin.

Nelu Bulanin merujuk pada upacara adat yang diadakan saat bayi berusia tiga bulan. Upacara ini merupakan peristiwa penting yang melambangkan kelahiran bayi ke dunia. Upacara ini juga menjadi penanda hubungan resmi pertama mereka dengan masyarakat dan spiritualitas.

Upacara ini biasanya melibatkan ritual seperti doa, persembahan, dan berkat dari anggota keluarga dan pemimpin spiritual. Acara ini sering kali diiringi dengan pakaian adat Bali, musik, dan makanan.

Tujuannya adalah untuk memberkati bayi dengan kesehatan, kebahagiaan, dan perlindungan saat mereka terus tumbuh.

Berikut Popmama.com rangkum foto acara Nelu Bulanin Baby Victoria anak Laura Theux.

1. Baby Victoria cukup anteng mengikuti rangkaian upacara

Instagram.com/laura_theux

Secara umum ritual inti Nelu Bulanin berlangsung antara 1 hingga 3 jam. Ada rangkaian acara dari persiapan hingga doa. Ada pula acara makan bersama atau kumpul-kumpul selepas acara.

Khusus untuk acara inti sendiri Baby Victoria tampak anteng. Si Kecil yang lahir pada 24 April 2024 itu memiliki nama lengkap Wayan Victoria Semesta Brotolaras. Dari namanya saja sudah 'putri Bali' banget!

2. Ditemani kedua orangtua hingga tetua adat Nelu Bulanin

Instagram.com/laura_theux

Nelu Bulanin Baby Victoria dilakukan dengan ditemani kedua orangtua hingga tetua adat. Dari pemangku adat, jero mangku, penyarikan adat dan deretan perangkat upacara lainnya.

Di foto ini Baby Victoria tampak digendong sang Mama menjalani upacara ini. Tampak suasana hangat menyelimuti upacara Nelu Bulanin Baby Victoria di Bali.

3. Sempat kaget karena Baby Victoria menginjak sesuatu yang asing

Instagram.com/laura_theux

Dari salah satu upacara adat Nilu Bulanin yang dijalani oleh Baby Victoria ada ritual yang bernama Upacara Penapak (Turun ke Tanah). Upacara ini
adalah momen penting di mana bayi untuk pertama kalinya menyentuh tanah atau lantai.

Proses ini melambangkan bahwa bayi secara simbolis sudah siap menjadi bagian dari dunia manusia. Di momen ini Baby Victoria tampak sedikit kaget dan akan menangis, tetapi tak lama kemudian ia juga terbiasa.

4. Meski begitu si Kecil ini tampak menikmati acara

Instagram.com/laura_theux

Upacara Nilu Bulanin ada serangkaian acara yang mesti dilewati. Mulai dari persiapan upacara, mandi suci, nganteb banten, pemberkatan dan lain sebagainya.

Rangkaian acara itu dilakukan berkaitan dengan Nelu Bulanin di Bali. Biasanya upacara ini dilakukan ketika seorang bayi mencapai usia tiga bulan (105 hari). Upacara ini merupakan simbol penerimaan bayi ke dalam kehidupan sosial dan spiritual.

5. Serangkaian acara Nelu Bulanin yang dilalui Baby Victoria

Instagram.com/laura_theux

Dalam rangkaian inti upacara Nelu Bulanin yang dilakukan Baby Victoria, berikut adalah penjelasannya:

  • Persiapan upacara
  • Mandi suci (melukat)
  • Nganteb banten
  • Pemberkatan bayi
  • Upacara penapak (turun ke tanah)
  • Nyikut atau Ngangget Don Biu
  • Pemotongan Rambut (mepandes)
  • Penutupan dan makan bersama
  • Pemberian nama (tidak dilakukan di semua keluarga)

Rangkaian acara Nelu Bulanin ini bisa berbeda tergantung kepercayaan keluarga dan leluhur. Namun, pastinya ini adalah tanda Baby Victoria masuk dan menjadi bagian di lingkungannya setelah lahir ke dunia.

6. Cerianya Baby Victoria saat acara Nelu Bulanin

Instagram.com/laura_theux

Serangkaian acara Nelu Bulanin Baby Victoria anak Laura Theux ini dilalui keluarga tersebut dengan suka cita. Baby Victoria mesti agak lelah tampak masih ceria hingga acara selesai.

Tidak lupa, keluarga ini juga mengabadikannya di Instagram. Terlihat dari foto-foto hingga video diunggah di Instagram Laura dan suaminya. Keluarga ini tampak menawan.

7. Baby Victoria didoakan oleh banyak orang di acara ini

Instagram.com/laura_theux

Tentunya dalam upacara Nelu Bulanin Baby Victoria anak Laura Theux tak lepas dari doa-doa baik. Ini adalah perwujudan dari usaha kedua orangtua Baby Victoria sebagai afirmasi positif kepada anaknya.

Di Instagram Laura menyebut kalau upacara ini berjalan lancar dan khusyuk. Ia berterima kasih kepada seluruh penggemar yang mendoakan Baby Victoria hingga kini.

"Astungkara upacara Nelu Bulanin Baby Victoria sudah selesai di tanggal 7 Agustus kemarin. Berjalan lancar, khusuk dan bermakna. Terima kasih doanya dan ucapannya dari segala penjuru. Sehat-sehat orang baik," katanya.

8. Bahagianya Baby Victoria di acara Nelu Bulanin dengan orangtuanya

Instagram.com/laura_theux

Memiliki darah Bali yang kental, upacara Nelu Bulanin adalah gerbang dirinya ke masyarakat. Laura dan suaminya menyebut ini adalah "pesta rakyat" untuk Baby Victoria.

"PESTA RAKYATNYA BERJALAN MULUS. Semoga nanti Victoria sudah besar bisa nonton video ini dan melihat seberapa bahagia orangtua, keluarga dan masyarakat yang hadir untuk merayakan hari specialnya. Jangan pernah lupa akarmu yaaa Lovie," ungkap Laura kepada anak perempuannya.

Itulah tadi foto acara Nelu Bulanin Baby Victoria anak Laura Theux. Selamat resmi masuk ke masyarakat Baby Victoria, gemas banget.

Baca juga:

The Latest