TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Infografik: Tanda dan Gejala Penyakit Kuning pada Bayi Baru Lahir

Penyakit kuning dalam istilah dunia kedokteran disebut dengan jaundice

Popmama.com/Aristika Medinasari

Penyakit kuning dalam istilah dunia kedokteran disebut dengan jaundice atau ikterus. Istilah jaundice berasal dari bahasa Prancis jaune, yang berarti kuning atau ikterus berasal dari bahasa Yunani icteros, menunjukkan pewarnaan kuning pada kulit, sklera atau membran mukosa sebagai akibat penumpukan bilirubin yang berlebihan pada jaringan.

Jaundice merupakan suatu kondisi yang menyebabkan menguningnya kulit dan mata. Bukan hanya orang dewasa, bayi pun bisa mengalami kondisi ini, Ma. Penyakit kuning sering ditemukan pada sekitar 60% bayi baru lahir yang sehat dengan usia gestasi > 35 minggu.

Penyakit kuning pada bayi sebagian besar terjadi karena produksi berlebihan pigmen yang disebut bilirubin di dalam tubuhnya. Peningkatan jumlah bilirubin terutama disebabkan oleh pemecahan sel darah merah ekstra yang ada dalam tubuh sebelum kelahiran.

Meski umum terjadi pada bayi, deteksi dan perawatan dini dapat membantu mencegah berbagai komplikasi yang terkait dengan kondisi ini, termasuk risiko kerusakan otak pada bayi baru lahir.

Untuk membantu Mama mengenali tanda dan gejala penyakit ini pada bayi, simak infografik di bawah ini untuk mengetahui tanda dan gejalanya, Ma.

Infografik yang telah Popmama.com olah di bawah ini akan membantu Mama memahami tanda dan gejala penyakit kuning pada bayi baru lahir.

Yuk, kita simak bersama!

Popmama.com/Aristika Medinasari
The Latest