TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Popmama Parenting Academy Mei 2024: Teknik Menggendong Bayi yang Benar

Cara menggendong bayi harus tepat karena bisa memengaruhi pertumbuhan si Kecil

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Menjadi wadah untuk Mama dan Papa belajar bersama merawat buah hati tersayang, Popmama.com kembali mengadakan Popmama Parenting Academy (POPAC). Pada edisi Mei 2024 ini, POPAC diselenggarakan di The Plaza, IDN Media HQ, Sabtu (25/5/24).

Dengan tajuk ‘Babywearing Class’, Mama dan Papa dapat belajar teknik menggendong si Kecil langsung dari Certified Babywearing Consultant, Fransiska Fortunata atau Mommy Rexx.

Setelah mendapat ilmu baru, ada juga sesi workshop untuk Mama dan Papa praktik secara langsung. Acara ini mengupas tuntas teknik hingga manfaat menggendong bayi dengan cara yang benar.

Mau tahu bagaimana keseruan POPAC kali ini?

Yuk, simak rangkuman keseruan acara Popmama Parenting Academy edisi Mei 2024 yang diadakan Popmama.com berikut ini!

1. POPAC merupakan sekolah Mama dan Papa jadi orangtua terbaik

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Untuk itu, hadirnya Popmama Parenting Academy ini merupakan wadah bagi Mama dan Papa mendapat ilmu mengasuh dan merawat anak.

“Popmama Parenting Academy itu ibaratnya kayak sekolah bagi Mama dan Papa agar bisa mempersiapkan diri  sebagai orangtua terbaik bagi anak-anaknya,” jelas Onic Metheany, Editor Popmama.com sekaligus MC pada acara ini, Sabtu (25/5/24).

Pada tahun 2024 ini tepatnya bulan Maret lalu, POPAC telah diadakan dengan tema belajar teknik pernapasan bagi ibu hamil. Nah, acara yang diadakan di bulan Mei ini merupakan kelas lanjutan setelah bayi lahir, yakni cara menggendong bayi dengan benar.

2. Talkshow dari Mommy Rexx, terangkan teknik dan hal yang perlu diperhatikan saat menggendong bayi

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Kegiatan diawali dengan sesi talkshow seputar babywearing oleh Fransiska Fortunata atau Mommy Rexx selaku konsultan babywearing bersertifikat. Mama dan Papa dapat mengetahui cara dan posisi menggendong yang benar, risiko penyakit karena salah teknik, hingga cara memilih gendongan yang tepat.

Upright carry merupakan posisi yang paling optimal. Selain posturnya yang baik, ini lurus, kakinya tertopang baik dengan gendongan jadi terhindar dari risiko hip dysplasia, ini kalo kita skin to skin dia (bayi) juga paling banyak nempel sama kitanya kulit baby nya,” ujar Mommy Rexx.

Nah, Mama dan Papa juga perlu perhatikan saat menggendong bayi, untuk mengetahui teknik menggendong sudah benar atau belum dapat menggunakan poin five star

Poin yang dimaksud adalah perhatikan postur tubuhnya terbentuk dari tulang duduk, posisi bokong ke dalam atau deep seat, posisi kaki triad (M-shape), posisi kepalanya baik, serta tangannya dalam posisi flex.

3. Kelas dilanjutkan dengan sesi tanya jawab

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Setelah penjelasan mengenai teknik menggendong yang benar, Mama dan Papa yang hadir juga diberikan kesempatan bertanya dalam sesi tanya jawab.

Antusiasme luar biasa ditunjukkan dengan banyaknya Mama yang mengangkat tangan untuk bertanya.

Dipilih empat orang beruntung yang diberi kesempatan bertanya. Pertanyaan yang diajukan bervariatif, mulai dari aturan dalam menggendong bayi, mitos menggendong bayi terlalu sering, gendongan optimal untuk bayi kembar, hingga cara mengedukasi orang yang lebih tua untuk menggunakan teknik menggendong yang benar.

"Di usia sembilan bulan, tanpa anak (sering) digendong saja ada yang namanya separation anxiety (anak tidak bisa ditinggal),” kata Mommy Rexx menanggapi pertanyaan dari salah satu Mama terkait mitos gendong terlalu sering membuat bayi ‘bau tangan’.

Mitos mengenai pengasuhan anak memang banyak beredar di masyarakat, pandangan orang lain juga bisa berbeda-beda. Untuk menghadapinya, Mama dapat mengabaikan atau justru memberi edukasi mengenai cara merawat yang benar sesuai dengan anjuran ahli. 

4. Mama dan Papa praktik langsung cara menggendong bayi yang benar

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Setelah talkshow dan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan sesi praktik secara langsung atau workshop.

Mommy Rex memberikan contoh cara membuat gendongan kain yang aman dan nyaman untuk bayi, kemudian Mama yang telah membawa kain gendongan masing-masing dapat mengikuti cara yang diberikan.

Bukan hanya kencang dan kuatnya kain saja yang harus diperhatikan, posisi tubuh si Kecil hingga posisi lipatan kain juga penting untuk diperhatikan agar anak merasa nyaman. 

5. Challenge session! Papa ditantang menggendong bayi dengan gendongan kain

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Setelah sesi workshop yang dilakukan oleh Mama yang hadir, Papa yang ikut menemani juga diberi tantangan melakukan teknik gendong bayi dengan gendongan kain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dipilih dua orang Papa yang bersedia untuk melakukan tantangan ini. Ada Papa Heru yang praktik menggendong dengan bayi boneka serta Papa Dimas yang melakukan teknik menggendong pada bayi perempuannya. 

Tantangan untuk Papa ini cukup membuat para peserta tertawa lantaran simpul gendongan yang dibuat cukup longgar. Akhirnya Mama yang gemas ikut membantu mengarahkan saat berusaha menerapkan cara gendong yang benar.

6. Pengumuman pemenang ‘Instagram Competition’ dan pembagian bingkisan

Popmama.com/Denisa Permataningtias

Tiba di penghujung acara, saatnya pengumuman pemenang ‘Instagram Competition’ selama acara berlangsung. Dari banyaknya Mama yang sudah unggah keseruan acara di Instagram Story dan Instagram Feed, dipilih satu pemenang.

Mama dengan akun Instagram @matthewreyvell yang jadi pemenang dari kompetisi ini dan berhak mendapat hadiah gendongan bayi dari Mikhadou. 

Untuk Mama yang hadir dalam POPAC kali ini juga mendapat bingkisan dari Skip Hop, Fluffy, Mikhadou, dan Sabinette by Mikhadou yang juga menjadi pendukung dalam acara ini.

7. Kesan dan Pesan dari Papa dan Mama di POPAC edisi Mei 2024

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum

Acara Popmama Parenting Academy edisi Mei 2024 ini telah berjalan dengan baik dan lancar. Setelah sesi talkshow hingga praktik secara langsung cara menggendong bayi yang benar dan nyaman, banyak ilmu baru yang didapat pada kelas ini.

Beberapa Papa dan Mama yang hadir juga turut memberikan kesan dan pesan selama kelas berlangsung. 

“Menyenangkan banget sih, cocok banget ya terutama untuk new parents kaya kita, Papa Mama muda yang mungkin gendong tuh kaya sepele banget padahal penting banget buat tahu caranya karena dari kelas kayak gini kita baru tahu juga kalau salah-salah (cara gendongnya) itu berdampak buruk buat anak,” kata Mama Putri dari Tangerang Selatan.

Sementara itu Papa Heru yang menemani serta berkesempatan mengikuti challenge menggendong bayi dari Mommy Rex juga memiliki kesan sendiri pada kelas POPAC kali ini. Ia mengatakan dirinya baru tahu bahwa menggendong bayi ternyata ada cara yang benar. 

“Semoga sih acara-acara kayak gini diperbanyak ya soalnya ibu-ibu itu butuh banget buat sharing, ketemu sama komunitas baru, jadi saling support,” tambah Mama Putri. 

Itu dia rangkuman keseruan Popmama Parenting Academy 2024 edisi Mei. Papa dan Mama dapat belajar seputar babywearing atau teknik hingga hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggendong bayi.

Kira-kira topik apa lagi yang Mama dan Papa ingin pelajari di POPAC berikutnya, nih?

Baca juga: 

The Latest