TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Siapa Anak Keempat Nadiem Makarim dan Franka Franklin?

Anak keempat Nadiem Makarim sempat diberkati Paus Fransiskus

YouTube.com/Kemenag RI

Sosok Nadiem Makarim sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Kini, ia menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Menikah dengan seorang perempuan bernama Franka Franklin, Nadiem Makarim kini telah memiliki empat orang anak. Terbaru, anak keempatnya belum lama ini diberkati oleh Paus Fransiskus.

Lantas, siapa anak keempat Nadiem Makarim dan Franka Franklin yang diberkati Paus Fransiskus? Simak ulasan selengkapnya telah Popmama.com rangkum. 

Siapa Anak Keempat Nadiem Makarim dan Franka Franklin?

1. Anak keempat Nadiem dan Franka bernama Samudra

YouTube.com/Kemenag RI

Sejak dulu, Nadiem Makarim dan Franka Franklin dikenal sebagai sosok orangtua yang menutup rapat informasi anak-anaknya. Tak banyak yang mengetahui informasi personal terkait keempat anak mereka. 

Namun, pada momen kunjungan Paus Fransiskus di Gereja Katedral pada 4 September lalu, terungkap bahwa anak keempat Nadiem dan Franka yang baru saja lahir bernama Samudra. 

2. Samudra diberkati langsung oleh Paus Fransiskus

YouTube.com/KOMSOSKWI

Tidak semua orang berkesempatan langsung untuk diberkati oleh Paus Fransiskus. Itu sebabnya, momen ketika anak keempat Nadiem dan Franka diberkati oleh Paus Fransiskus langsung menuai sorotan. 

Pada video yang ditayangkan di YouTube, terlihat Paus sempat menanyakan nama dan mendoakan Samudra. Paus juga mengusap kepada Samudra yang berada di gendongan Franka. 

3. Samudra mendapat rosario khusus dari Paus Fransiskus

YouTube.com/KOMSOSKWI

Tidak hanya diberkati dan didoakan, Samudra juga mendapatkan rosario khusus dari Paus Fransiskus. Rosario tersebut diberikan Paus Fransiskus kepada Nadiem Makarim, yang kala itu berdiri di sebelah Franka ketika Samudra diberkati. 

Mendapat rosario untuk putranya, Nadiem terlihat mengucapkan terima kasih sebelum ia bersama istri dan anaknya kembali ke tempat duduk. 

4. Memiliki tiga orang kakak perempuan

Instagram.com/frankamakarim

Samudra lahir di tahun 2024, namun tidak diketahui pasti kapan tanggal kelahirannya. Diketahui, Samudra memiliki tiga orang kakak perempuan yang semuanya memiliki nama berinisial S. 

Kakak pertamanya bernama Solara, lalu ada juga kakak lainnya yang diberi nama Sierra. Samudra menjadi anak lelaki satu-satunya di keluarga kecil Nadiem Makarim dan Franka Franklin. 

5. Mempunyai orangtua beda agama

Instagram.com/frankamakarim

Banyak yang tidak tahu bahwa Samudra memiliki orangtua beda agama. Ketika menikah, Nadiem menganut agama Islam, sedangkan Franka beragama Kristen. Keduanya menikah secara katolik di salah satu Gereja di Bali pada Juni 2014. 

Meski mempunyai orangtua beda keyakinan, toleransi sangat dijunjung tinggi di keluarga ini. Sampai sekarang, Nadiem dan Franka juga dikenal sebagai pasangan yang romantis serta saling menghargai satu sama lain. 

Itu dia ulasan mengenai siapa anak keempat Nadiem Makarim dan Franka Franklin yang diberkati Paus Fransiskus. Banyak orang penasaran dengan wajah Samudra yang tidak pernah diekspos. 

Baca juga: 

The Latest