TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Amankah jika Bayi Menggunakan Produk Hair and Body Wash?

Kini banyak sampo dan satu menjadi satu, apakah aman digunakan bayi?

Freepik

Salah satu produk perawatan bayi yang utama adalah sabun dan sampo. Selain sampo dan sabun, di pasaran juga banyak dijual produk yang menggabungkan keduanya. Produk ini juga dikenal dengan sebutan produk hair and body wash.

Meski tampak praktis, apakah produk ini aman untuk digunakan oleh si Kecil? Seperti yang Mama ketahui, bayi memiliki kulit yang lebih sensitif jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Dalam acara peluncuran Cessa Personal Care – Hair & Body Wash dan Hair Lotion, pada 26 Juli 2024 di Mal Kota Kasablanka, dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A, dokter spesialis anak, menjelaskan mengenai apakah aman jika bayi menggunakan produk hair and body wash. Popmama.com sudah merangkum informasinya khusus untuk Mama pada ulasan berikut ini. Ayo disimak, Ma!

Amankah jika Bayi Menggunakan Produk Hair and Body Wash?

Freepik/Odua

Menurut dr. Dimple, tidak masalah jika bayi menggunakan produk hair and body wash, terutama yang terbuat dari bahan alami.

“Namun bila ada masalah di kulit kepala, misalnya ketombe, dermatitis, atau masalah yang lain, bayi harus menggunakan sampo khusus,” kata dr. Dimple.

Nah, jika ini terjadi, maka sampo dan sabun bayi pun harus dibedakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya, Ma.

Tips Memilih Sampo Bayi

Pexels/Vicki Yde

Baik bayi lahir botak atau berambut lebat, penting untuk menjaga kulit kepalanya tetap bersih dengan sampo yang lembut dan melembapkan. Sampo pilihan Mama mungkin membuat rambut Mama jadi lebih indah, tetapi bahan kimia di dalamnya mungkin terlalu keras untuk kulit bayi.

Sampo bayi mengandung bahan yang lebih lembut daripada yang ditemukan dalam sampo dewasa, jadi tidak akan mengiritasi mata dan kulit bayi.

Idealnya, Mama harus mencari formula yang mengandung bahan-bahan alami berbasis tanaman, seperti:

  • minyak buah, seperti minyak rasberi dan alpukat,
  • ekstrak camomile,
  • minyak biji bunga matahari.

Hindari sampo yang dibuat dengan bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit bayi. Ini termasuk:

  • paraben, atau bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam kosmetik,
  • phthalates atau bahan kimia yang ditemukan dalam plastik,
  • pewarna,
  • Sulfat, khususnya sodium lauryl sulfate (SLS), yang umumnya ditemukan dalam pembersih rumah tangga,
  • pewangi atau parfum tambahan yang dapat menyebabkan iritasi atau memicu reaksi alergi,

Mama juga harus mencari produk yang bebas air mata (artinya tidak akan mengiritasi mata bayi) dan diformulasikan untuk kulit sensitif.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun suatu bahan alami tidak berarti tidak dapat menyebabkan reaksi kulit pada bayi. Jika Mama merasa bayi mungkin alergi terhadap bahan tertentu, hubungi dokter anak.

Tips Memilih Sabun untuk Bayi

Freepik/freepik

Mama tidak boleh menggunakan sabun biasa pada kulit bayi karena banyak di antaranya yang terlalu kering dan dapat mengandung parfum atau alergen lain yang dapat mengiritasi kulit.

Saat memilih sabun bayi, perhatikan hal-hal berikut:

  • Gunakan formula bebas air mata untuk menghindari iritasi pada mata bayi.
  • Sabun hipoalergenik paling baik untuk bayi dengan kulit kering, eksim, atau alergi.

Idealnya, Mama harus tetap menggunakan sabun bayi tanpa pewangi karena produk dengan pewangi dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika Mama harus menggunakan pewangi, pilih sabun yang beraroma alami dan lembut.

Hindari produk yang mengandung pewarna atau bahan kimia keras seperti paraben, ftalat, dan sulfat. Alkohol (yang mungkin tercantum sebagai etanol atau isopropil alkohol) adalah bahan lain yang harus dihindari. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, ruam, dan timbulnya jerawat.

Hindari produk mandi dan perawatan tubuh yang mengandung lavender untuk bayi dan anak-anak, terutama minyak esensial lavender. Kandungan tersebut telah terbukti sebagai pengganggu endokrin, yang berarti dapat memengaruhi hormon dan perkembangan bayi.

Ada berbagai jenis sampo dan sabun bayi di pasaran:

  • Sampo bayi yang hanya untuk membersihkan rambut dan kulit kepala
  • Sabun bayi yang dirancang untuk membersihkan tubuh bayi
  • Formula multifungsi yang melakukan kedua tugas tersebut (hair and body wash).

Saat Mama menggunakan produk baru, jangan lupa amati apakah ada reaksi alergi di kulit bayi, ya.

Sekarang Mama sudah mengetahui tentang apakah aman jika bayi menggunakan produk hair and body wash. Apakah bayi mama juga menggunakan produk hair and body wash di rumah?

Baca juga:

The Latest