TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Bayi Boleh Minum Susu Sapi Murni?

Ada beragam susu di pasaran, misalnya susu sapi murni. Bolehkah bayi minum susu sapi murni?

Pexels/Huynh Van

ASI atau susu formula adalah makanan utama bagi bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Selain itu, ada beragam susu di pasaran yang bisa Mama temukan. Misalnya susu sapi murni. Mama mungkin bertanya-tanya: apakah bayi boleh minum susu sapi murni?

Bila Mama berencana untuk memberikan susu sapi murni untuk bayi, simak dulu ulasan Popmama.com berikut ini tentang apakah bayi boleh minum susu sapi murni?

Apakah Bayi Boleh Minum Susu Sapi Murni?

Freepik/jcomp

Susu sapi mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh balita dan anak kecil yang sedang tumbuh. Namun susu sapi tidak boleh diberikan kepada bayi sampai ia berulang tahun yang pertama.

Bayi kurang dari 6 bulan mendapatkan lebih banyak zat besi dan vitamin dari ASI dan bahkan susu formula dibandingkan susu sapi murni.

Risiko yang Mungkin Timbul saat Bayi Mengonsumsi Susu Sapi Murni

Freepik/valuavitaly

Berikut beberapa risiko mengonsumsi susu sapi murni pada bayi:

  • Susu sapi dapat membebani sistem pencernaan bayi. Kadar protein dan mineral yang tinggi dan terkonsentrasi membuat susu sapi jauh lebih sulit dicerna dibandingkan susu ibu atau susu formula.
  • Bayi tidak mendapatkan cukup zat besi dari susu sapi jika ia sangat bergantung pada susu sapi murni dan hal ini dapat membuatnya kekurangan zat besi juga. Bayi bisa mengalami anemia defisiensi besi karena susu sapi dapat menyebabkan darah pada tinja.
  • Susu sapi tidak mengandung jenis lemak paling sehat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi.
  • Alergi akibat iritasi pada lapisan sistem pencernaan bayi juga perlu dikhawatirkan. Hal ini juga dapat menyebabkan iritasi pada ginjal bayi, yang menyebabkan darah di usus.

Saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat dan berusia sekitar 6 bulan, ia dapat mengonsumsi makanan yang dimasak dengan sedikit susu sapi, namun bukan sebagai minuman lengkap. Setelah usia 6 bulan, ASI tidak memberikan bayi kebutuhan zat besi yang diperlukan, dan ini berarti para ibu harus mempertimbangkan bahwa makanan pendamping ASI memang mengandung banyak zat besi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tips Memperkenalkan Susu Sapi pada Bayi

Freepik/jcomp

Saat bayi berusia 1 tahun, Mama bisa memberinya susu sapi kaya lemak. Perkenalkan susu baru pada bayi dalam cangkir. Berikan dengan camilan atau makanan. Bayi suka bereksperimen dengan rasanya, dan beberapa bayi akan dengan mudah meminum susu sapi sementara yang lain mungkin tidak menyukai rasanya.

Berikut beberapa tips saat memberikan susu sapi pada bayi berusia 1 tahun:

  • Jangan memulai dengan lebih dari 350 ml susu sapi. Hingga usia 3 tahun, bayi tidak memerlukan susu lebih dari dari 473,18 ml sehari.
  • Cobalah membagi porsi susu menjadi 2 atau 4 porsi lebih kecil. Pemberian susu dalam jumlah kecil akan memungkinkan tubuh menerima perubahan dalam pencernaan.
  • Jangan perlakukan susu sapi sebagai pengganti ASI/susu formula.    
  • Jangan menambahkan terlalu banyak gula. Gula akan membuat susu menjadi manis, tetapi juga akan memberikan kalori kosong.

Waspada Alergi Susu Sapi pada Bayi

Freepik/Kwangmoop

Reaksi alergi terhadap susu sapi dapat diamati pada beberapa bayi, meskipun rasionya hanya 2-3%, yang umumnya dapat diatasi oleh anak-anak ketika mereka mencapai usia 3 tahun.

Kebanyakan bayi yang mendapat susu formula berbahan dasar susu sapi atau bahkan ASI pun tidak alergi terhadap susu sapi kecuali ibu menghindari semua produk susu dan bayi belum terkena paparan kompleks tersebut.

Jika bayi diberi susu hipoalergi atau susu kedelai, periksakan ke dokter sebelum memberikan susu sapi.

Gejala umum alergi susu adalah:

  • Darah di tinja,
  • Diare dan muntah,
  • Ruam di sekitar mulut dan dagu,
  • Hidung meler disertai batuk dan mengi terus-menerus.

Jika bayi dan balita menunjukkan gejala-gejala ini setelah minum susu sapi, Mama harus berkonsultasi dengan dokter anak. Jika bayi mengalami masalah pernapasan setelah mengonsumsi susu sapi, segera bawa ke dokter atau rumah sakit. Sistem pernapasan bisa saja terpengaruh oleh alergi susu sapi. Dalam kasus seperti ini, mintalah pendapat dokter mengenai pemberian susu dan produk olahan susu lainnya kepada bayi.

Itu penjelasan tentang apakah bayi boleh minum susu sapi murni. Semoga informasi ini dapat membantu, Ma.

Baca juga:

The Latest