TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Mengajarkan Bayi Minum ASI Perah dengan Sendok

Selain botol, bayi juga bisa minum susu dengan sendok, Ma

freepik/cookiestudio

Selama masa pemberian ASI, Mama mungkin tidak bisa selalu menyusui si Kecil secara langsung. Ada kalanya Mama mengalami masalah pada payudara atau memiliki kegiatan di luar rumah sehingga harus meninggalkan ASI perah untuk si Kecil. Itulah sebabnya, Mama akan memberikan ASI perah kepada bayi.

Salah satu media untuk memberikan ASI perah adalah sendok. Bagi bayi yang belum pernah menggunakan sendok, pemberian ASI perah mungkin akan terasa sulit awalnya. Namun Mama bisa mengajarinya, kok.

Kali ini, Popmama.com akan membahas soal cara mengajarkan bayi minum ASI perah dengan sendok. Bila Mama ingin mencobanya, yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Mengajarkan Bayi Minum ASI Perah dengan Sendok

Freepik/valuavitaly

Meskipun penggunaan sendok memiliki beberapa manfaat untuk bayi, penggunaannya juga harus dengan cara yang tepat. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam memberikan ASI dengan sendok untuk bayi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan celemek bayi karena ASI dapat tumpah dan membasahi baju bayi.
  • Dudukkan bayi di pangkuan. Kemudian gunakan satu tangan untuk menopang punggung dan leher bagian atas bayi.
  • Letakan sendok ke depan mulut bayi sehingga ASI hanya menyentuh bibir bayi.
  • Jangan langsung tuangkan ASI ke dalam mulut bayi. Bayi akan menjilat sendiri ASI dengan menggerakkan lidahnya ke sendok.
  • Jangan terburu-buru. Biarkan bayi menelan sebelum mengisi kembali sendok.

Lakukan cara ini dengan sabar dan perlahan. Seiring berjalannya waktu, bayi akan belajar dan terbiasa minum menggunakan sendok.

Apakah Bayi Boleh Minum ASI dengan Menggunakan Sendok?

Freepik/bearfotos

Menggunakan sendok untuk memberikan ASI pada bayi sebenarnya aman-aman saja. Penggunaan sendok justru lebih baik dibandingkan dengan penggunaan dot karena memiliki beberapa manfaat. 

Penggunaan sendok dapat mencegah bayi dari risiko bingung puting. Bayi yang mengalami bingung puting biasanya tidak dapat membuka mulutnya lebar-lebar dan uring-uringan saat menyusu dari payudara ibu. Bingung puting biasanya terjadi karena bayi terlalu dini diperkenalkan minum ASI melalui botol susu. 

Selain itu, penggunaan sendok juga dapat menurunkan risiko perut kembung dan kolik. Bayi yang mendapatkan ASI dari sendok juga akan lebih mudah disapih karena ia sudah terlatih untuk menggunakan peralatan makan dan minum sederhana.

Media Pemberian ASI Perah untuk Bayi

Freepik/tianagorbunova

Selain botol susu dan sendok, Mama bisa memberikan ASI perah dengan beberapa cara lain, seperti:

  • Pipet

Media perantara selanjutnya untuk memberikan ASI adalah pipet. Selama ini Mama mungkin kerap menggunakan pipet untuk memberikan obat, namun pipet ternyata juga bisa digunakan sebagai media pemberian ASI perah. 

Keunggulan pipet adalah memiliki indikator takaran dalam satuan mililiter. Cara penggunaannya adalah menyemprotkan ASI perah secara perlahan hingga bayi menelan ASI tersebut. 

  • Spuit

Spuit berbentuk menyerupai jarum suntik, namun tidak memiliki jarum. Penggunaannya pun mudah yakni hanya perlu menyemprotkan secara perlahan hingga bayi menelan ASI perah. 

  • Cup feeder

Cup feeder adalah cangkir yang didesain khusus untuk memberikan ASI perah kepada bayi. Cupfeeder terbuat dari plastik yang aman digunakan oleh bayi. Untuk memudahkan Mama, cup feeder telah memiliki indikator takaran ASI dalam satuan mililiter. Cup feeder umumnya digunakan untuk bayi prematur. 

Memberikan ASI perah menggunakan cup feeder dapat membantu bayi belajar mengisap dan menelan. Selain itu, si Kecil juga belajar mengontrol sendiri seberapa banyak ASI yang masuk melalui mulut.

Nah, sekarang Mama sudah mengetahui cara mengajarkan bayi minum ASI perah dengan sendok. Selamat mencoba!

Baca juga:

The Latest