TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Kejang Demam pada Anak dan Cara Mengatasinya

Apakah kejang demam bisa membahayakan bayi?

Freepik/KamranAydinov

Demam sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Biasanya demam akan mereda setelah beberapa hari. Sebagai orangtua, Mama mungkin takut bila bayi dan anak kecil mengalami kejang saat demam.

Apakah kejang demam bisa membahayakan bayi dan anak kecil? Apa yang harus Mama lakukan bila si Kecil mengalami kejang demam?

Untuk membantu Mama mengatasi kejang demam, Popmama.com sudah merangkum informasi tentang kejang demam pada anak dan cara mengatasinya pada ulasan berikut ini. Ayo disimak, Ma!

Apa Itu Kejang Demam?

Freepik/Vimaliss

Demam menyebabkan kejang pada bayi dan anak kecil. Jenis kejang ini bergantung pada usia, terjadi pada bayi berusia 6 bulan dan anak-anak hingga usia 5 tahun. Kejang demam paling sering terjadi antara usia 12 dan 18 bulan. Biasanya tidak berbahaya, dan sebagian besar tidak memiliki efek yang bertahan lama.

Kejang demam sederhana memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kejang demam sederhana memengaruhi kedua sisi tubuh anak. Kejang yang memengaruhi kedua sisi tubuh anak bersifat “umum” (berbeda dengan kejang fokal, yang hanya memengaruhi satu sisi tubuh).
  • Jangka waktu terjadinya pendek. Kejang demam sederhana berlangsung kurang dari 15 menit.
  • Kejang demam sederhana tidak terjadi lebih dari satu kali dalam waktu 24 jam.

Jika salah satu dari tiga kriteria di atas tidak terpenuhi, maka ini adalah kejang demam kompleks. Kejang demam kompleks lebih mungkin memerlukan pengobatan dan mungkin menunjukkan peningkatan risiko gangguan kejang di kemudian hari.

Gejala Kejang Demam

Freepik/Pch.vector

Gejala khas kejang demam meliputi:

  • Seluruh tubuh gemetar. Seorang bayi dan anak yang mengalami kejang demam kehilangan kendali atas gerakan otot di salah satu atau kedua sisi tubuhnya. Ini biasanya melibatkan gemetar, kaku atau tegang.
  • Penurunan kesadaran. Bayi dan anak mama mungkin pingsan atau matanya berputar ke belakang. Hilangnya kesadaran bisa terjadi dengan atau tanpa gemetar.
  • Kehilangan kendali. Bayi dan anak kecil mungkin muntah, ngiler, buang air kecil (buang air kecil) atau buang air besar (buang air besar).

Apa Penyebab Kejang Demam?

Freepik/Kalinovskiy

Demam menyebabkan kejang demam. Kejang demam paling sering terjadi pada hari pertama sakit ketika suhu tubuh anak meningkat. Kemungkinan besar mereka menderita demam setidaknya 38 derajat Celcius. Dalam beberapa kasus, bayi dan anak kecil terkadang mengalami kejang sebelum mengalami demam.

Demam akibat infeksi virus biasanya memicu kejang demam. Namun demam bisa disebabkan oleh segala jenis infeksi, termasuk:

  • cacar air,
  • virus corona (Covid-19),
  • infeksi telinga,
  • radang otak,
  • flu,
  • malaria (di wilayah di mana kondisi ini mungkin terjadi),
  • meningitis,
  • flu perut (gastroenteritis),
  • radang tenggorokan,
  • tonsilitis,
  • Infeksi saluran pernapasan atas.

Beberapa vaksinasi pada masa kanak-kanak dapat menyebabkan demam. Jika anak mengalami kejang demam setelah vaksinasi, yang menyebabkan kejang adalah demamnya, bukan vaksinnya.

Anak-anak yang mengalami satu kali kejang demam mempunyai peluang lebih tinggi untuk mengalami kejang demam lagi di kemudian hari. Risiko seorang anak mengalami kejang demam kedua adalah sekitar 1 dari 3. Sekitar 10% anak-anak yang mengalami satu kali kejang demam akan mengalami tiga kali atau lebih sepanjang masa kanak-kanaknya. Risiko tertinggi terjadi pada anak yang mengalami kejang demam sebelum berusia 1 tahun.

Penanganan Kejang Demam

Freepik/Hakeem.ibnfaisal

Kejang demam sederhana biasanya tidak memerlukan pengobatan. Kejang demam jarang bertahan lebih dari beberapa menit dan anak-anak pulih dengan cepat. Orangtua dapat memberikan obat penurun demam saat sakit demam, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Motrin), namun hal ini mungkin tidak mencegah terjadinya kejang demam.

Diskusikan dengan dokter mengenai obat penurun demam yang cocok untuk bayi mama, ya. Jangan memberikan obat dengan sembarang tanpa persetujuan dokter.

Kejang demam kompleks lebih mungkin memerlukan pengobatan. Untuk anak-anak yang cenderung mengalami kejang demam berkepanjangan, diazepam rektal (Diastat) mungkin diresepkan untuk digunakan di rumah. Ini biasanya digunakan jika kejang berlangsung lebih dari lima menit atau jika anak mengalami lebih dari satu kali kejang dalam 24 jam.

Dalam kasus yang jarang, obat anti kejang yang diresepkan setiap hari digunakan untuk mencegah kejang demam. Dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak diperlukan.

Apa yang Harus Mama Lakukan saat Bayi Mengalami Kejang Demam?

Freepik.com/lifeforstock

Mama sebaiknya tidak mencoba mengobati kejang demam pertama kali di rumah. Kejang demam yang baru pertama kali terjadi memerlukan perawatan medis segera untuk memastikan bahwa kejang tersebut bukan jenis kejang lain atau tidak terjadi karena infeksi parah seperti meningitis atau ensefalitis (keduanya dapat mengancam jiwa).

Jika bayi memiliki riwayat kejang demam, dokter dapat memandu Mama tentang apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya di rumah. Secara umum, Mama harus melakukan hal berikut:

  • Tetap tenang. Melihat si Kecil mengalami kejang memang sangat menakutkan, namun penting bagi Mama untuk tetap setenang mungkin.
  • Lacak waktu. Perhatikan berapa lama kejang demam berlangsung. Jika kejang berlangsung selama 5 menit atau lebih dan tidak melambat atau berhenti, Mama harus segera menghubungi dokter.
  • Perlahan dan lembut letakkan bayi dan anak di lantai. Jangan meletakkan anak di atas meja atau tempat tidur (mereka bisa terjatuh) dan jangan mencoba menggendong atau menahannya (yang meningkatkan risiko cedera).
  • Tempatkan mereka pada posisi penyelamatan. Baringkan bayi miring ke kiri dengan lengan bawah terentang lurus, sehingga seperti bantalan kepalanya. Hal ini membantu mencegah tersedak karena cairan (air liur atau muntahan) masuk ke paru-paru mereka.
  • Jangan masukkan apa pun ke dalam mulut mereka. Hal ini dapat mengakibatkan cedera pada si Kecil atau Mama sendiri.

Kejang demam terjadi secara tidak terduga dan biasanya tidak dapat dicegah.

Kapan Harus Membawa Bayi ke Dokter?

freepik/drazen zigic

Semua kejang demam yang pertama kali memerlukan perawatan medis darurat di ruang gawat darurat rumah sakit atau tempat darurat lainnya.

Jika si Kecil memiliki riwayat kejang demam, dokter dapat memberikan panduan terbaik tentang apa yang dapat dan harus Mama lakukan untuk mengatasi kejang tersebut. Dokter juga dapat memberi tahu Mama tanda-tanda bahwa si Kecil memerlukan perawatan medis.

Secara umum, Mama harus menghubungi dokter dalam kasus berikut:

  • Jika bayi mengalami kejang demam dan mereka pernah mengalaminya sebelumnya.
  • Jika bayi lambat pulih dari kejang demam (jika diperlukan waktu satu jam atau lebih untuk kembali normal).

Bayi dan anak kecil perlu mendapatkan perawatan medis darurat untuk kejang demam dalam situasi berikut:

  • Jika ini merupakan kejang demam pertama yang dialami si Kecil.
  • Jika kejang demam berlangsung setidaknya 5 menit dan tidak berhenti atau melambat.
  • Jika bayi dan anak kecil mengalami kesulitan bernapas.
  • Jika bayi dan anak kecil juga mengalami gejala infeksi otak atau sumsum tulang belakang. Gejala-gejala ini termasuk leher kaku atau nyeri, lesu (jika si Kecil tidak terlalu aktif dan hanya bereaksi sedikit atau tidak sama sekali terhadap apa yang terjadi di sekitarnya) atau sering muntah.

Apakah Kejang Demam Menimbulkan Efek Permanen?

Freepik/Jcomp

Kejang demam sederhana biasanya tidak berbahaya. Para peneliti tidak menemukan bukti adanya bahaya jangka panjang akibat kejang demam sederhana. Ada juga sedikit atau bahkan tidak ada bukti bahwa kejang demam sederhana meningkatkan risiko terjadinya epilepsi.

Kejang demam kompleks dikaitkan dengan sedikit peningkatan kemungkinan terjadinya gangguan kejang di masa depan. Menurut penelitian yang ada, antara 2,5% dan 5% anak-anak dengan kejang demam kompleks akan mengalami epilepsi. Namun, sebagian besar anak yang mengalami kejang demam kompleks tidak menimbulkan efek jangka panjang.

Kejang demam bisa menjadi hal yang menakutkan, terutama jika si Kecil belum pernah mengalaminya sebelumnya. Namun, sebagian besar kejang demam hanya berlangsung sebentar, dan bayi dan anak kecil dapat pulih dengan cepat tanpa efek jangka panjang.

Jika Mama memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, diskusikan dengan dokter. Dokter dapat menawarkan panduan dan informasi yang dapat membantu Mama memahami risikonya. Dokter juga dapat membantu menenangkan pikiran Mama dan menunjukkan cara memberikan pertolongan pertama pada kejang, Jadi Mama dapat merasa siap jika si Kecil mengalami kejang demam di kemudian hari.

Itu penjelasan tentang kejang demam pada anak dan cara mengatasinya. Semoga si Kecil sehat selalu, Ma!

Baca juga:

The Latest