TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Membuat Bayi Tidur Siang Lebih Lama

Tidur sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi, Ma

Pexels/Sheena Policarpio

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk tumbuh kembang bayi, Ma. Namun seperti yang Mama ketahui, sering kali tidak mudah untuk membuat bayi tidur.

Pelatihan tidur bisa jadi menantang, tetapi membantu bayi mendapatkan tidur yang mereka butuhkan sangatlah penting.

Sederhananya, bayi membutuhkan tidur agar dapat berfungsi, tumbuh, dan berkembang. Ketika bayi tidur, Mama pun bisa beristirahat.

Tidur siang setiap hari juga memungkinkan bayi dan anak-anak untuk belajar dan memperhatikan dengan lebih mudah ketika mereka bangun.

Bayangkan semua pembelajaran dan pertumbuhan yang dilakukan bayi dengan kecepatan yang luar biasa. Dengan semua pembelajaran, otak si Kecil membutuhkan waktu istirahat untuk memproses, memulihkan, dan memperbarui.

Bila Mama mengalami kesulitan, Popmama.com sudah merangkum tips membuat bayi tidur siang lebih lama. Bisa dicoba nih, Ma!

1. Buat rutinitas

Pexels/Nappy

Seperti orang dewasa, bayi juga memiliki jam tubuh yang memberi sinyal saat mereka lapar dan lelah. Namun, mereka tidak memiliki kekuatan atau pemahaman untuk memenuhi atau mengelola kebutuhan ini sendiri. Itu sebabnya mereka membutuhkan Mama untuk membuat dan mempertahankan jadwal yang konsisten.

Sebagian besar spesialis tidur anak setuju bahwa jika balita melewatkan tidur siang, mereka biasanya tidak mengganti tidur yang hilang dengan tidur lebih awal atau tidur lebih nyenyak. Sebaliknya, mereka cenderung kurang tidur di malam hari.

Peran tidur dalam pertumbuhan, metabolisme, dan perkembangan sangat besar. Sekresi hormon pertumbuhan dari kelenjar hipofisis membutuhkan tidur yang stabil dan tanpa gangguan.

2. Amati petunjuk

Freepik/shurkin_son

Mama harus tetap fokus pada petunjuk unik bayi bahwa mereka siap untuk tidur siang. Ini mungkin termasuk menggosok mata, menguap, mengisap jari, atau sedikit merengek.

Usahakan agar bayi tetap terjaga selama menyusu dan taruh dia untuk tidur siang saat dia mengantuk tetapi belum tidur. Mama juga dapat membuat rutinitas sebelum tidur siang yang santai dengan menggelapkan ruangan, memijat bayi, menyanyikan lagu, atau membaca buku.

3. Ciptakan lingkungan yang tepat untuk tidur siang

Pexels/Karolina Grabowska

Apakah lebih baik membiasakan bayi tertidur di tempat lain selain boks atau tempat tidurnya sendiri? Beberapa ahli tidur mengatakan tidak.

Lingkungan terbaik adalah sejuk, gelap, dan sunyi. Bayi tidak harus tidur di kamarnya, selama Mama bisa menciptakan tempat yang sejuk, gelap, dan sepi.  

4. Biarkan bayi aktif saat ia bangun

Freepik/User13216326

Untuk mendorong tidur siang yang baik, pastikan bayi aktif terlibat saat mereka bangun. Lakukan kontak mata dengan mereka dan bernyanyi sambil melipat cucian.

Jika Mama sedang bertelepon, berpura-pura mengarahkan pembicaraan kepada mereka. Bahkan perjalanan ke toko kelontong tepat setelah sarapan bisa menjadi petualangan pemandangan dan suara bagi si Kecil.

5. Biarkan bayi tertidur dengan sendirinya

Unsplash/Alex Bodini

Sama seperti yang Mama lakukan di malam hari, dorong bayi untuk tertidur sendiri di siang hari. Jangan terbiasa membantu bayi tertidur dengan tindakan luar biasa yang tidak ingin Mama lakukan selamanya

Langkah-langkah tersebut mungkin termasuk meletakkan bayi di kereta dorong dan berjalan-jalan atau bersepeda setiap tidur siang atau membiarkan bayi menyusu selama tidur siang. Demikian pula, hindari jatuh ke dalam rutinitas memegang dot untuk bayi yang belum bisa memasukkannya kembali ke mulutnya dan tidak tetap tertidur saat terjatuh.

Jika bayi rewel setelah tertidur selama beberapa menit, atau bahkan setengah jam, jangan langsung menggendongnya. Mereka mungkin tenang kembali setelah menangis sebentar dan terus tidur dua jam lagi.

Namun, perhatikan bahwa setiap bayi itu unik. Bayi Mama mungkin hanya membutuhkan waktu tidur siang selama 1 jam, sedangkan ada juga yang harus tidur selama 2 jam. Jadi, perhatikan tanda-tanda bahwa mereka cukup atau kurang tidur dan usahakan untuk menghargai dan bekerja dengan ritme tidur alami mereka.

Nah, itu 5 tips membuat bayi tidur lebih lama. Apakah si Kecil juga suka tidur siang, Ma?

Baca juga:

The Latest