TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips agar Bayi Tidur Nyenyak saat di Perjalanan

Perjalanan jauh mengganggu waktu tidur bayi? Berikut tips agar si Kecil tidur nyenyak saat bepergian

Unsplash

Menidurkan bayi saat sedang dalam perjalanan merupakan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Terkadang Mama harus berusaha ekstra agar anak bisa tidur ketika sudah waktunya istirahat. 

Segala kemungkinan tak terduga dapat terjadi, yang bisa mengakibatkan si Kecil tantrum. Ditambah kondisi di dalam kendaraan yang dapat mengganggu kenyamanan bayi untuk bisa tidur nyenyak.

Hal ini tentunya menjadi kendala saat membawa anak bepergian jauh. Terlebih, jika Mama dan keluarga menaiki kendaraan umum yang berkaitan dengan kenyamanan banyak orang.

Namun, dengan perencanaan matang serta perlengkapan yang memadai, bepergian jauh dengan anak tetap bisa menjadi pengalaman menyenangkan. 

Berikut Popmama.com rangkum tips agar bayi tidur nyenyak saat di perjalanan yang bisa diterapkan untuk mudik Lebaran tahun ini. Disimak, yuk, Ma!

1. Bawa barang yang membuat bayi merasa aman

Unsplash

Barang yang terkesan familiar bagi bayi terbukti dapat memberikan rasa aman saat berada di situasi yang masih asing bagi mereka, seperti di kendaraan umum atau di mobil selama berjam-jam. Sehingga anak pun menjadi lebih tenang selama di perjalanan.

Sebisa mungkin bawalah benda yang berkaitan dengan rutinitas dan waktu tidur bayi. Misalnya, boneka, buku cerita berbahan kain favorit si Kecil, atau bantal guling yang selalu dipakai tidur. 

Mama juga bisa menyelipkan aktivitas yang biasa dilakukan menjelang anak tidur, seperti membacakan buku cerita dan dongeng hingga si Kecil mengantuk. 

2. Berangkat pada jam tidur bayi

Pexels

Saat si Kecil diajak bepergian dengan kendaraan umum, ada baiknya untuk memesan perjalanan dengan jadwal take off atau berangkat yang bersamaan dengan jam tidur bayi.

Hal ini juga berlaku apabila Mama dan keluarga hendak bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika memungkinkan, mulailah keberangkatan di jam-jam tidur bayi atau setelah bayi beraktivitas seharian. 

Hal ini dilakukan agar si Kecil dapat beristirahat dengan baik selama perjalanan. Di mobil, Mama juga dapat memasang sunshade tambahan untuk bayi, serta menyediakan mainan kesukaan anak dan empeng jika dibutuhkan.

3. Pesan kursi tambahan untuk bayi

Unsplash

Bayi berumur di bawah 2 tahun biasanya tidak dikenakan biaya perjalanan di kendaraan umum, contohnya seperti di pesawat. 

Namun tidak ada salahnya untuk tetap memesan kursi tambahan lho, Ma. Bukan tanpa sebab, selain karena dapat membuat bayi tidur lebih nyaman dan nyenyak selama beberapa jam, posisi duduknya sendiri lebih aman ketika terjadinya turbulensi. 

Selain itu, saat terjadi benturan di dalam kendaraan darat seperti bus antar kota, bayi mama dapat terhindar dari kemungkinan terjepit oleh tubuh orang dewasa yang memangkunya.

4. Bawa stroller Travel System bayi

Unsplash

Stroller Travel System adalah stroller yang sekaligus dapat berfungsi sebagai car seat atau tempat duduk bayi di kendaraan, seperti mobil pribadi atau bus dan semacamnya.

Mama bisa mempertimbangkan untuk membawa stroller ini saat bepergian, terutama perjalanan jauh. Sebab, selain mudah dibawa kemana-mana, car seat memang tidak selalu tersedia di taksi, hotel atau tempat umum lainnya.

Dengan adanya stroller jenis ini, si Kecil dapat langsung tidur dimana saja ketika sudah lelah. Pengaturan full recline pada stroller pun memungkinkan bayi untuk duduk maupun berbaring. Sehingga aktivitas makan, bermain, dan tidur dapat dilakukan di satu tempat yang sama. 

 

5. Bawa popok bayi khusus malam hari

Unsplash

Si Kecil biasanya rewel saat popoknya sudah perlu diganti. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Mama memilih popok bayi dengan kapasitas serap yang lebih banyak.

Popok khusus malam hari didesain untuk memiliki daya serap yang lebih tinggi. Sehingga Mama bisa memakaikan popok ini sebelum mengajak anak berangkat bepergian jauh yang tak memungkinkan Mama untuk sebentar-sebentar mengganti popok anak. 

Jangan lupa membawa ekstra tambahannya juga untuk persiapan di jalan. Sehingga, si Kecil dapat tidur dengan nyaman tanpa terganggu dengan popok yang harus sering diganti. Terlebih di perjalanan yang menggunakan kendaraan umum.

6. Susui bayi saat take off dan landing

Pexels

Ketika bepergian jauh mengajak bayi dengan menaiki pesawat, Mama disarakankan untuk menyusi si Kecil saat take off dan landing.

Jangan disepelekan, hal ini dapat sangat membantu anak untuk tetap tenang dengan memberikan bayi rasa aman selain untuk menyeimbangkan tekanan udara di telinga si Kecil yang pesawat yang ditumpangi akan lepas landas.

Apabila Mama merasa kurang nyaman untuk menyusui di tempat umum, gunakan kain tipis atau selimut kecil pada area yang butuh ditutupi. Namun, jangan lupa untuk pastikan bayi mama tetap dapat bernapas lega, ya.

7. Ikuti jadwal rutinitas harian tidur bayi

Pexels

Banyak hal tak terduga saat bepergian yang dapat membuat rutinitas makan, bermain, dan istirahat bayi bergeser dari biasanya. Terutama jika perjalanan yang ditempuh jauh dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Namun, sebenarnya waktu tidur yang bergeser ini tetap dapat diantisipasi dengan selalu mengusahakan untuk mengikuti jadwal atau rutinitas tidur bayi saat di rumah. 

Hal ini penting untuk membantu anak mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga mood-nya menjadi jauh lebih baik dan tentunya ceria selalu saat menikmati perjalanan. 

Nah, demikian Tips agar bayi tidur nyenyak saat di perjalanan,  Yuk diterapkan, supaya kualitas tidur si Kecil tetap terjaga di mana pun mereka berada. Semoga cara ini bermanfaat bagi Mama, ya!

Baca juga:

The Latest