TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Foto Tedak Siten Cundamani Anak Denny Caknan dan Bella Bonita

Gemasnya Baby Cunda yang mengenakan kebaya dan sanggul saat acara Tedak Siten

Kehidupan rumah tangga Denny Caknan dan Bella Bonita semakin berwarna setelah hadirnya anak pertama mereka yang diberi nama Sabil Maratungga Cundamani. Lahir pada 5 Februari 2024, kini Cunda sudah memasuki usia 7 bulan. 

Memiliki darah Jawa, belum lama ini Denny Caknan dan Bella Bonita menggelar acara Tedak Siten untuk putrinya. Dalam budaya Jawa, tradisi ini dilakukan sebagai penghormatan kepada bumi yang merupakan tempat anak menginjakkan kakinya ke tanah.

Yuk, intip 8 foto Tedak Siten Cundamani anak Denny Caknan dan Bella Bonita yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Tedak Siten Cunda digelar pada Selasa, 24 September 2024

Instagram.com/denny_caknan

Denny Caknan dan Bella Bonita belum lama ini menggelar upacara adat Jawa menapak tanah pertama untuk Cunda. Dalam budaya Jawa, acara ini dikenal dengan istilah Tedak Siten. 

Upacara Tedak Siten Cunda digelar pada Selasa, 24 September 2024 di kediaman Denny di kawasan Ngawi, Jawa Timur. 

“Tedak siten sing sambat, Kulo niki kuat @dek_cunda,” tulis Denny Caknan di Instagram.

2. Cunda tampil menggemaskan dengan kebaya dan sanggul rambut

Instagram.com/denny_caknan

Di momen spesial tersebut, Cunda tampak menggemaskan mengenakan kebaya berwarna peach. Bayi yang juga akrab disapa Dek Cunda ini juga mengenakan kain batik sebagai rok. 

Selain itu, Dek Cunda juga tampil gemas dengan tatanan rambut yang disanggul dan tetap mempertahankan poni khasnya. Duh, Dek Cunda ayu sekali, ya, Ma!

3. Denny Caknan dan Bella Bonita juga mengenakan busana yang serasi

Instagram.com/denny_caknan

Tak hanya Cunda, sang Papa dan Mamanya juga tampak kompak mengenakan busana adat Jawa. 

Bella Bonita tampak mengenakan kebaya berwarna peach yang serupa dengan Cunda. Sementara itu, Denny Caknan mengenakan beskap berwarna cokelat.

4. Acara dihiasi dengan dekorasi yang meriah

Instagram.com/amarisdekor

Di momen yang sakral ini, Denny Caknan dan Bella Bonita juga menyiapkan dekorasi yang cukup meriah. Venue Tedak Siten Dek Cunda dilengkapi dengan dekorasi bunga yang cantik. 

Selain itu, terdapat beberapa ornamen khas Tedak Siten, seperti sangkar atau kurungan ayam yang dihiasi dengan bunga melati.

5. Cunda mengikuti prosesi Tedak Siten dengan anteng

Instagram.com/denny_caknan

Salah satu prosesi inti dari Tedak Siten adalah tapak tanah. Prosesi ini menjadi simbol bagi anak untuk menghormati bumi yang dipijak dan ditinggali.

Di momen ini, Cunda tampak anteng dan tenang saat menginjak tanah yang sudah disediakan. Sementara itu, Bella Bonita dan Denny Caknan tampak membantu putrinya sambil menunjukkan ekspresi bahagia.

6. Cunda juga menjalani prosesi napaki jadah

Instagram.com/asrileksono_parasasriofficial

Dalam potret ini, Dek Cunda terlihat menjalani prosesi napaki jadah. Cunda tampak dituntun untuk berjalan di atas jenang yang terbuat dari ketan. 

Prosesi ini melambangkan banyak hal dalam kehidupan. Cunda menapaki jadah berwarna putih, merah, kuning, hijau, dan warna-warna lainnya.

7. Saat prosesi kurungan, Dek Cunda memilih mainan mikrofon

Instagram.com/bellabonita_r.a

Prosesi selanjutnya adalah Dek Cunda diajak untuk masuk ke dalam kurungan ayam yang sudah disediakan berbagai jenis mainan. Mainan yang disediakan menyimbolkan berbagai hobi dan profesi yang beragam.

Saat berada di dalam kurungan, rupanya Dek Cunda memilih mainan berupa mikrofon. Cunda juga langsung meletakan mikrofon di depan mulutnya seolah sedang bernyanyi.

Wah, apakah kelak Dek Cunda akan menjadi penyanyi seperti Papanya?

8. Dek Cunda juga anteng saat menjalani prosesi siraman

Instagram.com/bellabonita_r.a

Selanjutnya, acara Tedak Siten Cunda juga diisi dengan prosesi siraman yang dilakukan secara simbolis. Bella Bonita dan Denny Caknan tampak mengusap tangan dan kaki putrinya dengan air yang berada di dalam bak mandi bayi.

Prosesi ini menyimbolkan harapan orangtua agar buah hatinya senantiasa sehat, mengharumkan nama keluarga, hidup sukses, makmur, dan berguna bagi lingkungan.

Itu dia 8 foto Tedak Siten Cundamani anak Denny Caknan dan Bella Bonita. Semoga Dek Cunda tumbuh menjadi anak yang senantiasa diiringi kebahagiaan dan menjadi kebanggaan orangtuanya ya, Ma!

Baca juga:

The Latest