TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Membacakan Buku pada Bayi seperti Dilakukan Larissa Chou

Membacakan buku pada bayi memiliki banyak manfaat baik untuk si Kecil, Ma

Pexels/RDNE stock project

Menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada anak bisa dimulai sejak dini. Hal inilah yang dilakukan oleh Larissa Chou. Melalui Instagram pribadinya, Larissa membagikan momen menyenangkan bersama putrinya, Alesha.

Dalam unggahannya, tampak sang anak yang menyimak penjelasan yang dibacakan oleh sang Mama. Momen membahagiakan ini patut dicontoh oleh para Mama karena membaca adalah salah satu kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak kecil dan memiliki banyak manfaat.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi mengenai manfaat membacakan buku pada bayi seperti dilakukan Larissa Chou. Disimak, ya, Ma!

Manfaat Membacakan Buku pada Bayi

freepik

Menumbuhkan kebiasaan membaca mampu menciptakan minat literasi yang tinggi dan hal ini bisa dimulai sejak dini ketika otak anak-anak masih mudah dan tanggap dalam menyerap berbagai informasi.

Melansir United Way Summit & Medina, membaca memiliki berbagai manfaat yang akan sangat berguna untuk sang anak di masa depan. Manfaat tersebut berupa:

1. Kosakata yang lebih luas

Berbagai kalimat yang dibacakan oleh Mama atau Papa membuat bayi mendengar kata-kata yang mungkin belum pernah mereka dengar dalam percakapan sehari-hari. Hal ini membuat otak sang bayi berkembang dan menerima berbagai kosakata yang lebih luas dan kaya.

2. Ucapan yang lebih terartikulasi

Saat Mama membacakan kalimat tersebut dengan lantang dan jelas, sang bayi akan menyerap kata-kata dan tata bahasa tersebut. Hal ini menstimulasi bagian otak bayi yang bertugas untuk menyerap bahasa, sehingga mereka menangkap seluruh kata dan bahasa tersebut dan mengaplikasikannya ketika mulai belajar berbicara.

3. Dasar untuk berpikir logis

Menanamkan kebiasaan membaca sejak dini bisa menjadi dasar dari keterampilan berpikir logis, seperti penalaran, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

Untuk bisa tetap mengikuti alur cerita yang dibacakan, bayi membutuhkan pemahaman dan logika. Hal ini tentu berguna untuk sang bayi hingga dewasa nanti.

4. Membangun bonding dengan orangtua

Ketika Mama membacakan buku untuk bayi, ia akan terbiasa dengan suara nama dan perasaannya pun menjadi tenang. Seiring pertumbuhan mereka, waktu membaca menjadi momen yang paling disukai oleh anak dan rasa percaya dari sang anak untuk orangtua pun mulai bertumbuh.

Hal ini mampu mempererat ikatan antara orangtua dan anak, sehingga anak tidak canggung untuk berbagi perasaannya dengan orangtua.

5. Mempersiapkan diri untuk belajar menulis

Menulis adalah salah satu komponen penting dan paling dasar dalam pendidikan. Buku-buku yang Mama bacakan pada anak membuat mereka terbiasa dengan simbol-simbol visual dan ketika mulai belajar menulis, mereka akan mengingat dan belajar menulis dari kata-kata yang pernah mereka dengar.

6. Menumbuhkan imajinasi

Salah satu manfaat menakjubkan dari literasi dini adalah menumbuhkan imajinasi pada anak melalui buku-buku dan bacaan yang diberikan. Pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia diimplikasikan melalui berbagai jenis bacaan yang disajikan, mulai dari buku seputar tanaman, hewan, cerita rakyat, hingga cerita atau kisah-kisah dari para tokoh berpengaruh.

Gagasan, imajinasi, dan kreativitas anak pun tumbuh dan membuat mereka melihat lingkungan dengan pandangan yang luas.

7. Cinta terhadap belajar

Melatih kebiasaan literasi sejak dini mampu menumbuhkan hasrat untuk mempelajari hal-hal baru pada anak.

Pemikiran mereka selalu terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan dan ingin menjawab seluruh pertanyaan tersebut melalui proses belajar dari berbagai sumber. Pengetahuan mereka pun bertambah dan tidak mengenal lelah dalam mempelajari sesuatu.

Tips Membacakan Buku pada Bayi

freepik

Sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk memberi bacaan pada bayi dan cobalah untuk membacakannya setiap hari. Ini juga menjadi salah satu rutinitas yang meciptakan rasa tenang pada bayi.

Bagi Mama yang ingin memulai kebiasaan ini, perhatikan beberapa tips berikut yang mungkin akan membantu, seperti:

  • Peluk bayi mama saat akan membaca agar bayi merasa aman, hangat, dan terhubung dengan Mama.
  • Bacalah dengan penuh ekspresi dan intonasi yang beragam.
  • Improvisasikan dengan lagu anak-anak, suara binatang lucu, atau baringkan bayi di atas lutut mama agar membuat suasana membaca jadi lebih menyenangkan.
  • Lakukan pengulangan dengan membacakan buku yang sama berulang kali agar bayi mengenal dan mengingat kata-kata tersebut.
  • Lakukan pembacaan dengan perlahan agar otak bayi mampu menyerap gambar dan kata-kata yang dilihat dan didengar.
  • Pilihlah waktu yang tepat dan senggang agar bayi merasa terjaga dan Mama tidak perlu terburu-buru. Tahap ini memungkinkan sang bayi merasa aman dan dicintai.
  • Balikkan halaman secara perlahan agar bayi mengetahui cara menggunakan buku.
  • Gunakan gerakan tubuh dan ekspresi wajah untuk menarik perhatian bayi dan menggambarkan kata-kata serta gambar dengan jelas.
  • Perhatikan apa yang menarik perhatian sang bayi dan biarkan bayi melihatnya dalam waktu yang lama.
  • Berilah buku yang memiliki tekstur agar kemampuan sensoris bayi juga terlatih.

Buku yang Bagus untuk Bayi

Pexels/gustavo fring

Sebelum memberikan bacaan pada anak, Mama sebaiknya mengetahui bagaimana buku yang bagus dan dibutuhkan oleh sang anak. Melansir Raising Children, buku-buku yang disarankan untuk si Kecil adalah sebagai berikut:

  • Berwarna cerah dengan gambar yang besar dan menarik.
  • Memiliki tekstur dan mengeluarkan suara.
  • Terbuat dari kertas yang kokoh agar mudah dipegang dan digenggam oleh bayi.
  • Memiliki tema yang menarik dan berkaitan dengan aktivitas bayi, seperi mandi, makan, bermain, dan menghabiskan waktu di lingkungan luar.

Itulah informasi mengenai manfaat membacakan buku pada bayi seperti yang dilakukan Larissa Chou. Yuk, Ma, tanamkan kebiasaan membaca pada anak sejak mereka masih kecil. Selamat membaca!

Baca juga:

The Latest