TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mana yang Lebih Baik, Bayi Latihan Tengkurap di Kasur atau Playmat?

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengajari si Kecil tengkurap, Ma

Freepik/freepik

Tengkurap merupakan latihan fisik yang bermanfaat untuk melatih perkembangan motorik bayi. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengajari anak berlatih tengkurap, Ma.

Mama mungkin khawatir si Kecil terbentur di lantai, sehingga tengkurap dilakukan di alas yang empuk dan nyaman. Dengan ini, tak sedikit orangtua yang melatih tengkurap si Kecil di atas kasur.

Karena demi kenyamanan si Kecil, apakah tengkurap boleh dilakukan di atas kasur? Atau boleh dilakukan di tempat lain, seperti playmat si Kecil misalnya.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penjelasannya. Disimak, yuk, Ma!

Mana yang Lebih Baik, Bayi Latihan Tengkurap di Kasur atau Playmat?

Freepik/Bristekjegor

Mengutip dari laman media sosial dr. Dimple Nagrani, Sp.A, melatih bayi tengkurap sebaiknya tidak dilakukan di tempat tidur. Sebab hal ini sering kali menyebabkan bayi menangis atau frustasi saat latihan tengkurap, Ma.

“Jangan pernah berlatih tengkurap di tempat tidur. Anak kita wajib latihan tengkurap wajib latihan di alas yang keras, yaitu playmat,” ujar Dokter Dimple melalui Instagram pribadinya.

Berlatih di tempat tidur dapat membuat si Kecil tenggelam di tempat tidur sehingga membuatnya kesulitan bernapas. Alasan ini yang akhirnya membuat bayi kerap menangis saat latihan tengkurap.

Kapan Bayi Bisa Dilatih untuk Tengkurap?

Freepik/freepik

Melatih tengkurap bisa dilakukan sejak bayi baru lahir lho, Ma. Tengkurap ini bermanfaat untuk melatih otot leher, punggung, wajah, dan mulut si Kecil agar lebih terbuka dan kuat.

Selain itu, tengkurap juga bermanfaat untuk menguatkan tangan dan kaki si Kecil. Seiring bertambahnya usia, si Kecil juga akan duduk, merayap, merangkak, berjalan, hingga berlari.

Tengkurap ini merupakan permulaan bayi untuk melakukan hal-hal tersebut. Dengan ini, latihannya harus dilakukan dengan benar, Ma.

Cara Menengkurapkan Bayi yang Benar

pexels/sunhavihoang

Bayi yang sedang belajar tengkurap tetap harus dibantu dan didampingi. Agar bayi tetap dalam keadaan yang aman, Mama perlu lakukan cara menengkurapkan bayi yang benar. 

Berikut ini cara menengkurapkan bayi dari dr. Dimple Nagrani, Sp.A:

1. Hadapkan bayi ke bawah dan turunkan perlahan-lahan

Youtube.com/HappyKids Parenting

Pertama-tama, posisikan bayi di tangan mama dengan menghadap ke bawah. Turunkan si Kecil secara perlahan dan tempatkan bayi di dasar yang keras (playmat).

Jangan lupa berikan si Kecil kesempatan agar tangannya menopang tubuh dengan sendirinya.

2. Posisikan bayi tidur menghadap ke atas

Youtube.com/HappyKids Parenting

Cara ke dua, Mama juga bisa memposisikan si Kecil menghadap ke atas atau tiduran. Setelah itu, dorong daerah bokong atau dada si Kecil dan pastikan untuk menyangga bagian rahang atau leher dengan tangan mama.

Tangan kiri mama dapat membentuk huruf U untuk menyangga rahang si Kecil, kemudian tangan kanan mama dapat digunakan untuk membalikkan tubuh si Kecil secara perlahan.

3. Miringkan badan si Kecil

Youtube.com/HappyKids Parenting

Selain dua cara di atas, cara mengajarkan anak tengkurap juga bisa dilakukan dengan memiringkan badan si Kecil. Namun cara ini dapat dilakukan saat usianya sudah dua bulan, Ma. 

Meski dibantu, biarkan si Kecil aktif menggerakkan tubuhnya terlebih dahulu, ya, Ma. Namun Mama dapat menahan si Kecil untuk tidak kembali di posisi tiduran.

Nah, itu dia penjelasan mengenai latihan tengkurap pada bayi. Untuk melatih si Kecil tengkurap, disarankan menggunakan alas yang keras seperti playmat dibanding di kasur, ya, Ma.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

The Latest