TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi secara Alami, Aman dan Mudah

Mama dapat menerapkan cara-cara ini sebagai pertolongan pertama di rumah

Freepik/yanalya

Ruam popok membuat area kulit tidak nyaman sehingga membuat si Kecil rewel. Ruam popok merupakan kondisi di mana kulit bayi mengalami iritasi yang ditandai dengan kemerahan, gatal, dan lecet.

Ruam popok sebenarnya kerap dialami pada bayi, terutama di beberapa bulan kelahiran saat bayi mulai sering menggunakan popok. Kulit ruam pada bayi sangatlah menyiksa dan membuat si Kecil tidak nyaman. Untuk itu, Mama perlu menjaga kebersihan dan memperhatikan sanitasi agar kesehatan area kulit bayi tetap terjaga.

Jika si Kecil terlanjur mengalami ruam popok, hangan panik, ada banyak cara yang dapat mengatasi ruam popok pada bayi. Salah satunya dengan cara alami.

Berikut ini Popmama.com merangkum cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami. Simak, yuk, Ma!

Oleskan Permukaan Kulit Ruam dengan Bahan Alami

freepik/yanalya

Ruam popok membuat kulit si Kecil tidak nyaman dan terus rewel. Ada banyak cara pengobatan kulit ruam yang dapat Mama coba.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Mama oleskan pada kulit si Kecil yang mengalami ruam popok:

1. Minyak kelapa

Freepik/freepik

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang cocok untuk mengobati ruam sebab mengandung lemak jenuh yang membantu menjaga kulit tetap lembut dan lembap.

Minyak ini juga memiliki sifat anti bakteri, jamur, dan virus yang dapat mengobati ruam. Cara menggunakannya, Mama dapat mengoleskan setengah sendok makan minyak kelapa kemudian oleskan pada bagian kulit yang ruam.

2. Cuka apel

Freepik/8photo

Ternyata cuka apel juga dapat mengobati ruam popok pada si Kecil lho, Ma. Cuka apel mengandung sifat anti bakteri dan virus. Cuka apel juga dapat menjadi disinfektan alami karena memiliki kandungan asam asetat. 

Cara menggunakannya, Mama dapat mencampurkan cuka apel dengan air hangat, kemudian oleskan pada permukaan kulit si Kecil yang ruam. Mama dapat melakukan langkah ini dua kali sehari.

3. ASI

Freepik

ASI memang memiliki sejuta manfaat. Selain sumber nutrisi dan asupan si Kecil, ASI juga dapat digunakan untuk mengatasi ruam popok pada kulit. ASI dapat mengatasi ruam karena juga dapat meningkatkan kekebalan bayi.

Mama dapat mengoleskan ASI pada kulit si Kecil yang ruam, kemudian tunggu hingga mengering.

4. Soda kue

Freepik/KamranAydinov Ilustrasi

Soda kue juga dapat mengatasi ruam pada kulit bayi, Ma. Ini karena soda kue memiliki fungsi untuk menetralisir asam dan menetralisir PH kulit bayi sehingga mampu mengatasi bakteri dan virus yang ada pada kulit.

Gunakan dua sendok makan soda kue yang dicampurkan air hangat, kemudian basuh kulit yang ruam dengan campuran soda kue kemudian keringkan.

5. Lidah buaya

Freepik/ Racool_studio

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Gel lidah buaya memiliki sifat anti mikroba yang dapat mengatasi ruam. Lidah buaya juga dapat membuat si Kecil lebih rileks karena menyegarkan kulit.

Mama dapat mengaplikasikan gel lidah buaya sebanyak beberapa oles jari tangan pada area kulit yang ruam dua sampai tiga kali sehari.

6. Yoghurt

Freepik/stockking

Yoghurt merupakan produk alami dari olahan susu yang dapat mengatasi berbagai jamur dan mikroba yang menginfeksi kulit. Hal ini dikarenakan yoghurt memiliki sifat anti inflamasi dan probiotik. 

Cara menggunakannya, Mama dapat mengoleskan yoghurt pada kulit ruam popok atau dimakan secara langsung jika si Kecil sudah bisa mengonsumsi yoghurt.

7. Tepung jagung

Freepik/jcomp

Tepung jagung atau maizena ternyata juga dapat mengatasi ruam popok, Ma! Tepung ini dapat meminimalkan dan melindungi kulit bayi dari iritasi dan ruam karena penggunaan popok. 

Tepung ini dapat membuat kulit bayi yang lembab menjadi lebih kering sehingga mengatasi bakteri dan virus yang datang dari permukaan lembab. Mama dapat membilas area ruam terlebih dahulu, kemudian taburkan sedikit tepung jagung agar kulit tidak terlalu lembab.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Bayi Mengalami Ruam Popok

freepik/freepik

Karena ruam popok disebabkan oleh bakteri dan virus akibat sanitasi yang kurang terjaga, Mama dapat melakukan berbagai pencegahan dan pengobatan terutama saat menangani si Kecil. Selama mengobati ruam popok pada kulit bayi, pastikan tangan mama steril dan bersih.

Mama juga perlu memperhatikan dan menerapkan cara-cara berikut ini:

  • Pastikan mengganti popok secara berkala.
  • Tangan selalu bersih selama memegang kulit bayi.
  • Jangan pasang popok terlalu ketat.
  • Bilas bokong dan area vital bayi menggunakan air hangat.
  • Pastikan area bersih selama mengganti popok.

Nah, itu tadi cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami. Mama dapat menerapkan cara-cara di atas sebagai pertolongan pertama di rumah. Jika ruam tidak kunjung sembuh dan semakin melebar, sebaiknya periksakan kondisi si Kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga membantu, Ma!

Baca juga:

The Latest