TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Ikan yang Bagus untuk MPASI, Bisa Cegah Stunting

Ada banyak jenis ikan yang kaya manfaat plus bisa cegah stunting untuk si Kecil

Pexels/Alexander Zvir

Memasuki usia enam bulan, bayi sudah mulai bisa diberikan makanan yang bertekstur dengan berbagai rasa sebagai pendamping ASI atau biasa disebut MPASI. Salah satu jenis makanan yang dapat diolah adalah ikan.

Bukan tanpa alasan, ikan merupakan sumber protein hewani yang kaya akan omega-3 dan berperan penting dalam perkembangan otak dan daya ingat si Kecil. Bukan hanya omega-3, ikan juga memiliki kandungan zat besi, mineral, dan macam-macam vitamin yang baik untuk tubuh.

Nutrisi dalam ikan juga berperan dalam mencegah stunting pada si Kecil lho, Ma. Oleh karena itu, jangan lewatkan ikan selama masa MPASI si Kecil.

Di bawah ini Popmama.com rangkum sejumlah jenis ikan yang bagus untuk MPASI.

1. Ikan tongkol

freepik/jcomp

Ikan tongkol bisa diberikan pada bayi. Ikan tongko mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, dan vitamin D. Tak hanya itu, ikan tongkol juga mengandung mineral dan omega-3 yang banyak dan bagus untuk perkembangan otak bayi.

Kandungan zat besi yang ada pada ikan tongkol juga membantu dalam pembentukan hemoglobin dan mencegah anemia pada si Kecil.

2. Ikan mas

freepik/mrsiraphol

Ikan mas merupakan ikan yang mudah ditemui. Ternyata ikan mas juga bermanfaat untuk cegah stunting, lho. Hal ini karena ikan mas punya berbagai kandungan mulai dari sumber protein, vitamin A dan B1, zat besi, kalsium, hingga beta karoten.

Ikan mas bermanfaat menjaga kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan pertumbuhan tulang dan gigi. Mama dapat mengolah MPASI untuk si Kecil dengan ikan mas yang melengkapi kebutuhan proteinnya. Sebelum diberikan pada si Kecil, pastikan duri pada ikan sudah dipisah terlebih dahulu, ya, Ma!

3. Ikan kembung

freepik/4045

Ikan kembung merupakan ikan yang baik dikonsumsi oleh bayi. Dalam satu porsi ikan kembung, mengandung omega-3 yang setara dengan dua potong fillet ikan salmon.

Tak hanya omega-3, ikan kembung juga memiliki vitamin A, B1, C, D, dan E, kemudian zat besi, hingga fosfor yang baik dalam perkembangan mata, tulang dan gigi, dan berperan menjaga kekebalan tubuh bayi.

4. Ikan patin

Tokopedia

Ikan patin memiliki kandungan yang baik untuk perkembangan dan kemampuan berpikir si Kecil. Ikan patin memiliki kandungan omega-3, vitamin B12, vitamin D, lemak, mineral, hingga zat besi.

Manfaat dari ikan patin untuk bayi banyak sekali, mulai dari menambah massa otot, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, berperan dalam meningkatkan kinerja otak, dan sumber protein yang harganya terjangkau.

5. Ikan tuna

freepik/vwalakte

Ikan tuna bagus untuk mencegah stunting pada bayi sebab memiliki kandungan protein, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, seng, selenium, dan kolin. 

Selain baik untuk perkembangan otak, ikan tuna juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

6. Ikan salmon

Pexels/Huy Phan

Ikan salmon merupakan ikan yang terkenal dengan teksturnya yang lembut, mudah diolah, dan yang terpenting rasanya yang enak beriringan dengan berbagai manfaat di dalamnya. Ikan salmon baik untuk bayi sebab mengandung asam lemak omega-3, zat besi, vitamin A dan D, termasuk mineral. 

Kandungan tersebut baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, di antaranya menunjang perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, dan baik untuk kulit dan rambut si Kecil.

7. Ikan lele

Pexels/juliane sanchez

Ikan lele adalah ikan yang terjangkau dari segi harga dan cukup mudah ditemui. Ternyata ikan lele juga berperan dalam mencegah stunting pada si Kecil, Ma. 

Ikan lele memiliki kandungan asam amino leusin dan lisin yang baik untuk pembentukan otot dan pertumbuhan jaringan pada tubuh. Ikan ini juga memiliki kandungan kolin yang berperan dalam meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat.

Nah, itu dia berbagai jenis ikan yang bagus untuk MPASI. Pastikan memilih ikan yang segar dan pisahkan durinya terlebih dahulu sebelum diberikan pada si Kecil agar aman. 

Untuk mencegah stunting pada bayi, Mama bisa memberikan si Kecil ikan sebagai sumber protein kemudian dibarengi dengan konsumsi makanan lain yang kaya akan nutrisi.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, Ma!

Baca juga:

The Latest