TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Zat Besi untuk Bayi, Bisa Cegah Stunting

Zat besi sangat penting dalam pertumbuhan bayi, salah satunya mencegah stunting

freepik/pch.vector

Zat besi sangat berperan dalam tumbuh kembang bayi. Kebutuhan zat besi pada bayi berbeda sesuai dengan kelompok usianya.

Untuk usia 0-6 bulan kebutuhan zat besinya adalah sebesar 0,3 mg per hari, usia 7-11 bulan sebanyak 11 mg per hari, dan usia 1-3 tahun sebanyak 7 mg per hari.

Lantas, apa manfaat manfaat zat besi untuk bayi? Di bawah ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama.

1. Mencegah stunting

freepik/freepik

Stunting masih menjadi perhatikan berbagai pihak. Stunting merupakan keadaan di mana pertumbuhan anak terganggu karena malnutrisi. Kondisi ini bbiasanya ditandai dengan tinggi badan yang kurang sesuai dengan umurnya.

Untuk mencegah stunting setelah si Kecil lahir, Mama perlu memberikan zat besi sesuai kebutuhan agar pertumbuhan bayi berjalan dengan baik.

2. Menambah kecerdasan dan membantu berpikir

Freepik/freepik

Zat besi juga berdampak pada kecerdasan seorang anak. Maka dari itu, kebutuhan zat besi harus terpenuhi sedini mungkin, bahkan sejak masih bayi. 

Mama perlu memberikan asupan yang kaya akan zat besi untuk memaksimalkan fungsi otak dan membantu anak agar dapat berpikir cerdas.

3. Menguatkan sistem imun

freepik/freepik

Di masa-masa awal kehidupan, bayi memang rentan terkena penyakit. Untuk itu, Mama perlu memberikan asupan yang membantu menguatkan sistem imun yang ada pada tubuh bayi. 

Zat besi dapat menguatkan sistem imun pada bayi.Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, bayi tidak mudah terkena penyakit seperti pilek, demam, sakit perut, dan lain-lain.

4. Membantu bayi tidur lebih nyenyak

freepik/jcomp

Kualitas tidur pada bayi ternyata juga dipengaruhi akan jumlah zat besi yang ada pada tubuhnya. Anak yang kekurangan zat besi biasanya sulit tidur nyenyak dan kualitas tidurnya kurang bagus.

Sebaliknya, bayi yang kebutuhan zat besinya terpenuhi akan lebih mudah tidur nyenyak dan kualitas tidurnya lebih teratur.

5. Melancarkan metabolisme tubuh

freepik/onlyyouqj

Metabolisme yang baik membantu tubuh mengelola gizi dan nutrisi dari asupan dengan baik. Nutrisi yang terpenuhi dalam tubuh si Kecil juga mempengaruhi metabolisme tubuhnya. Sistem metabolisme yang lancar membuat pertumbuhan bayi baik. 

Setelah metabolismenya baik, tubuh akan mudah menyerap berbagai zat yang masuk dalam tubuh agar fungsinya maksimal.

6. Melancarkan sistem pernapasan

freepik/user18526052

Zat besi erat kaitannya dengan sistem peredaran darah pada tubuh. Jika zat besi pada si Kecil dapat terpenuhi dengan baik, peredaran darah di seluruh tubuhnya akan lancar.

Hal ini juga berpengaruh pada pernapasannya, sebab jika zat besi pada tubuh cukup, darah dan oksigen yang mengalir di tubuh ke paru-paru berjalan dengan baik.

7. Mencegah anemia

pexels/sunhavihoang

Jika kekurangan sel darah merah pada tubuh, bayi akan mudah lelah dan lemas. Kondisi ini menyebabkan sel-sel dalam tubuh tidak mendapat oksigen yang cukup sehingga peredaran oksigen di seluruh tubuh tidak lancar.

Zat besi yang ada dalam tubuh ini akan mencegah si Kecil kekurangan hemoglobin dan bayi tidak akan merasa lemas dan lesu.  

Demikian berbagai manfaat zat besi untuk bayi. Apakah kebutuhan zat besi si Kecil sudah terpenuhi, Ma?

Baca juga:

The Latest