TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tanda Bayi Bahagia sesuai Usia, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Tanda-tanda bayi yang bahagia dapat berbeda di setiap tahap usia, Ma

Freepik

Setiap orangtua pasti ingin melihat buah hatinya tumbuh dengan bahagia. Namun, bagaimana cara mengetahui bahwa bayi mama benar-benar merasa bahagia sesuai dengan tahap perkembangannya? 

Tanda-tanda bayi yang bahagia dapat berbeda di setiap tahap usia, mulai dari senyuman pertama hingga kemampuan mereka merespons interaksi. 

Mengenali tanda-tanda di bawah ini sangat penting untuk memastikan bayi berkembang dengan baik, baik secara fisik maupun emosional.

Nah, kali ini Popmama.com siap membahas lebih lanjut tanda bayi bahagia sesuai usia dilansir dari laman Canbebe.  

Bayi 0-3 Bulan Bahagia saat Kebutuhannya Terpenuhi

Freepik/freepik

Di usia 0-3 bulan, bayi akan merasa senang ketika kebutuhan dasarnya terpenuhi dengan baik.

Cukup mengajaknya berbicara, memberinya ASI, mengganti popok, dan menidurkannya sudah cukup membuat bayi merasa senang. 

Bayi 3-6 Bulan Merespons ketika Terhibur

freepik/jcomp

Saat anak mulai tertawa dan tersenyum, dunia yang dilihat oleh si Kecil jauh lebih menarik. Di usia 3-6 bulan, bayi mulai tertarik dengan suara dan sentuhan dari orang yang dikenalnya. 

Di usia tersebut, bayi juga bisa langsung merespons ketika kakinya mendapat kelitikan yang otomatis mengundang rasa geli pada tubuhnya. Ia juga akan terhibur dengan permainan cilukba yang kerap menjadi andalan orangtua untuk menghibur bayi.

Bayi 4-7 Bulan Aktif Berbicara saat Bahagia

Freepik/Wirestock

Menurut Athena Vouloumanos, seorang peneliti di Laboratorium Kognisi dan Komunikasi Bayi dari Universitas New York, bayi yang mengeluarkan suara keras menandakan kalau ia ingin berinteraksi dengan Mama. 

Bayi mulai mendengarkan kosakata yang diucapkan orangtuanya, sehingga baik Mama dan Papa harus memperhatikan apa yang dikatakan di depan bayi. 

Si Kecil juga mulai mengomunikasikan perasaan dengan lantang dengan cara mereka, seperti menangis atau tertawa. 

Bayi 12 Bulan Mulai Memiliki Selera Humor

Pexels/singkham

Menjelang usia satu tahun, bayi mulai memiliki selera humor. Jadi, tidak heran kalau di usia ini bayi lebih sering tertawa ketika melihat apa yang dianggapnya menarik atau mengundang tawa. 

“Penelitian menunjukkan melakukan hal konyol merupakan sumber kepuasan anak. Aku saat itu mencoba memakaikan sepatu ke bayiku, tapi dia melihatnya sebagai hal yang lucu, sehingga tidak bisa berhenti tertawa,” kata Acredolo, pendiri Baby Signs.

Demikian ulasan mengenai tanda bayi bahagia sesuai usia. Apakah Mama sudah membuat si Kecil bahagia hari ini?

Baca juga: 

The Latest