TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi, Mudah dan Aman

Lakukan cara-cara ini untuk atasi masalah bibir kering pada bayi, Ma!

Freepik/Cookie_studio

Rupanya, tak hanya orang dewasa yang bisa mengalami kondisi bibir kering, bayi pun juga bisa mengalami kondisi ini yang bisa menimbulkan adanya luka di bibir bayi. Tentu kondisi ini bisa membuat bayi lebih rewel dari biasanya.

Kondisi bibir kering pada bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan si Kecil yang suka menjilat bibir, cuaca panas, hingga tanda si Kecil mengalami dehidrasi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut Popmama.com telah rangkum cara mengatasih bibir kering pada bayi. Disimak, yuk, Ma!

1. Oleskan petroleum jelly

Freepik/Taofiqu999

Umumnya, petroleum jelly aman digunakan pada tubuh bayi, termasuk pada bagian bibir.

Untuk mengatasi masalah bibir kering, Mama hanya perlu mengoleskan sedikit saja petroleum jelly pada bagian bibir dan pastikan agar tidak sampai masuk ke dalam mulut bayi, ya, Ma!

2. Oleskan ASI

Freepik/Lookstudio

Sudah bukan rahasia lagi jika ASI memang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan perkembangan bayi. Namun, siapa sangka bahwa ASI juga dapat mengatasi masalah bibir kering pada bayi?

Ya, betul, ASI dapat mengatasi bibir kering pada bayi, Ma. Caranya hanya dengan mengoleskan ASI menggunakan jari ke bibir bayi.

3. Oleskan minyak kelapa

Freepik/Atlascompany

Ternyata mengoleskan minyak kelapa secara rutin pada bibir bayi juga bisa membuat bibir menjadi lembab. 

Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam laurat yang juga terdapat dalam ASI, sehingga bermanfaat untuk melembabkan bibir bayi.

4. Gunakan air humidifier

Freepik/Rawpixel.com

Selain melembabkan udara pada suatu ruangan, air humidifier juga bisa mengatasi bibir kering pada bayi karena kinerjanya mampu menjaga kelembapan udara sekaligus kulit bayi. Hal ini tentunya membuat kulit termasuk bibir bayi tidak mudah kering.

5. Lindungi bayi dari suhu panas

Freepik/Jannoon028

Ketika suhu udara sedang panas, Mama dapat mencegah bibir kering pada bayi dengan cara menutup bibir bayi menggunakan kain yang lembut.

Lakukan hal ini terutama saat sedang beraktivitas di luar ruangan.

6. Oleskan lip balm yang aman untuk bayi

Pexels/Burst

Tentunya menggunakan lip balm yang aman untuk bayi bisa menjadi salah satu opsi yang ampuh untuk atasi masalah bibir kering pada bayi. 

Biasanya lip balm khusus untuk bayi mengandung bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia yang dapat memicu permasalahan pada kulit bayi.

Namun, karena kulit bayi biasanya sensitif, maka baiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu mengenai produk lip balm mana yang sesuai dengan kondisi kulit bayi mama.

Itu tadi cara mengatasi bibir kering pada bayi yang bisa Mama coba. Jika kondisi ini berlangsung selama lebih dari 5 hari atau disertai dengan gejala demam, kemerahan, dan bibir berdarah maka Mama perlu untuk segera mengonsultasikannya bersama dokter. 

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

The Latest