TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa Perbedaan antara Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi?

Orangtua perlu mengawasi pertumbuhan dan perkembangan bayi, Ma

freepik/azerbaijan_stockers

Orangtua perlu memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi. Saat melakukan pemantauan, Mama bisa menentukan nutrisi dan stimulasi apa yang dibutuhkan oleh si Kecil. Perlu diingat jika tumbuh kembang setiap bayi itu berbeda-beda, ya, Ma.

Namun, sebelum memutuskan pemberian nutrisi dan stimulasi, Mama mungkin akan bertanya-tanya: apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan bayi?

Nah, untuk membantu Mama mengetahui perbedaan keduanya, Popmama.com sudah merangkum informasinya pada ulasan berikut ini. Yuk, simak sampai akhir!

Apa Itu Pertumbuhan Bayi?

Freepik/valuavitaly

Pertumbuhan bayi mengacu pada peningkatan tinggi dan berat badan serta perubahan tubuh lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia si Kecil.

Bayi yang sehat memiliki berbagai tinggi dan berat yang berbeda-beda, Ma. Namun jika dilihat dari rata-rata pertumbuhannya, sebagian besar bayi mengalami kenaikan berat lahir tiga kali lipat pada ulang tahun pertama. Kepala mereka tumbuh sekitar 10 sampai 13 sentimeter. Dan sebagian besar bayi tumbuh lebih panjang sekitar 24 sentimeter pada tahun pertama.

Namun pertumbuhan bayi tidaklah konstan. Nutrisi memengaruhi seberapa cepat bayi tumbuh. Dan gen yang diwarisi bayi juga memengaruhi pertumbuhan.

Cara Mengukur Pertumbuhan Bayi

Freepik/freepik

Umumnya pertumbuhan bayi mengikuti beberapa pedoman dasar pertumbuhan pada tahun pertama:

  • Berat. Berat badan bayi cenderung bertambah dengan cepat dan kemudian melambat. Dalam beberapa bulan pertama, berat bayi bertambah sekitar 1 ons (28 gram) sehari. Beratnya melambat sekitar 4 bulan menjadi sekitar 20 gram sehari. Saat mereka menginjak usia 6 bulan, banyak bayi yang mengalami kenaikan berat badan sekitar 10 gram atau kurang setiap hari.

  • Tinggi. Sejak lahir hingga usia 6 bulan, bayi cenderung tumbuh sekitar 2,5 sentimeter sebulan. Dari usia 7 hingga 12 bulan, bayi mungkin tumbuh sekitar 1,3 sentimeter setiap bulannya.

  • Ukuran kepala. Ukuran kepala bayi diukur untuk mendapatkan gambaran seberapa baik pertumbuhan otaknya. Selama bulan pertama, kepala bayi mungkin bertambah sekitar 2,5 sentimeter. Namun rata-rata, tengkorak tumbuh sekitar 1 sentimeter setiap bulannya.

Dokter akan memeriksa pertumbuhan si Kecil setiap Mama membawa bayi ke dokter. Dokter kemungkinan akan menandai pertumbuhan bayi pada grafik pertumbuhan standar.

Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua untuk Mendukung Pertumbuhan Bayi?

Freepik/freepik

Mama dapat melakukan beberapa hal untuk membantu bayi tumbuh dan berkembang secara normal. Untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan, bayi membutuhkan:

  • Istirahat yang cukup: Pola tidur bervariasi menurut usia si Kecil. Tidur memberi tubuh yang sedang tumbuh istirahat yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan baik.

  • Nutrisi yang baik: Pola makan seimbang yang penuh dengan vitamin dan mineral penting akan membantu bayi mencapai potensi pertumbuhan penuh mereka.

  • Olahraga dan gerak yang teratur: Karena obesitas merupakan masalah bagi banyak bayi dan anak kecil, orangtua harus memastikan bayi dan anak mereka bergerak serta berolahraga secara teratur. Aktif bergerak akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran serta membantu si Kecil mempertahankan berat badan yang sehat.

Apa Itu Perkembangan Bayi?

freepik/pch.vector

Perkembangan bayi dan anak mengacu pada rangkaian perubahan fisik, bahasa, pikiran dan emosi yang terjadi pada diri seorang bayi sejak lahir hingga awal masa dewasa. Selama proses ini bayi berkembang dari ketergantungan pada orangtuanya menjadi peningkatan kemandirian.

Perkembangan bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik yang diturunkan dari orangtua dan kejadian selama kehidupan pranatal. Hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan dan kemampuan belajar si Kecil, Ma.

Cara Mengukur Perkembangan Bayi

freepik/freepik

Perkembangan bayi mencakup seluruh cakupan keterampilan yang dikuasai, seperti:

  • Kognisi: kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah,
  • Interaksi sosial dan regulasi emosional: berinteraksi dengan orang lain dan menguasai pengendalian diri,
  • Bahasa: memahami dan menggunakan bahasa, membaca dan berkomunikasi.
  • Keterampilan fisik: keterampilan motorik halus (jari) dan keterampilan motorik kasar (seluruh tubuh).
  • Kesadaran sensorik.

Mengapa Orangtua Perlu Mengawasi Tonggak Perkembangan Bayi?

Freepik/peoplecreations

Mengamati dan memantau perkembangan bayi merupakan alat penting untuk memastikan bahwa si Kecil mencapai ‘tonggak perkembangan’ mereka. Tonggak berfungsi sebagai pedoman yang berguna untuk perkembangan ideal bayi dan anak kecil.

Dengan memeriksa kemajuan perkembangan bayi pada penanda usia tertentu berdasarkan rentang waktu yang berubah-ubah, hal ini memungkinkan dilakukannya pemeriksaan untuk memastikan bahwa bayi mama berada pada jalur yang sesuai dengan usia mereka. Jika tidak, pemeriksaan tonggak perkembangan ini dapat membantu dalam deteksi dini setiap hambatan dalam perkembangan.

Deteksi sedini mungkin terhadap tantangan perkembangan dapat membantu dalam meminimalkan dampak gangguan perkembangan ini terhadap perkembangan keterampilan dan kepercayaan diri si Kecil kelak.  

Nah, itu penjelasan terkait apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan bayi. Setiap bayi memiliki kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda, Ma.

Tapi Mama perlu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi sesuai umurnya, sehingga bila tidak sesuai, Mama dapat melakukan tindakan dengan cepat dan tepat.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan, Ma!

Baca juga:

The Latest