TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Batuk Pilek pada Bayi Bisa Menurunkan Berat Badan?

Batuk pilek merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh bayi

Freepik/jcomp

Batuk pilek merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak, termasuk bayi.

Sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang membuat mereka rentan terhadap berbagai infeksi, termasuk infeksi virus yang menyebabkan batuk dan pilek.

Sebagai orangtua, Mama pasti merasa khawatir ketika si Kecil mengalami batuk pilek. Apalagi bila berat badannya turun ketika ia mengalami batuk pilek.

Namun apakah batuk pilek pada bayi bisa menurunkan berat badan? Untuk mengetahui jawabannya, yu, simak penjelasannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma!

Apakah Batuk Pilek pada Bayi Bisa Menurunkan Berat Badan?

freepik/freepik

Bayi yang mengalami infeksi saluran pernapasan atas akan sering pilek dan batuk-batuk kecil. Meskipun bayi tampak bernapas dengan nyaman, mereka mungkin akan kesulitan menyusu jika hidungnya tersumbat. Bila ini terjadi, bayi mungkin akan lebih sedikit menyusu.

Menyusui dengan benar penting untuk menghindari dehidrasi dan penurunan berat badan.

Bila terjadi penurunan berat badan yang signifikan dan batuk pilek itu disertai dengan demam, maka Mama sebaiknya membawa bayi ke dokter untuk diperiksa.

Jangan dulu panik, berikut ini hal yang bisa Mama lakukan saat si Kecil terkena batuk, demam dan hidung tersumbat:

  • Pastikan si Kecil mengonsumsi ASI atau susu dengan cukup.
  • Gunakan obat cuci hidung untuk membantu menghilangkan lendir kering pada hidung. Perlu diperhatikan penggunaan obat cuci hidung harus dalam pengawasan dokter, ya!

Penyebab Batuk Pilek pada Bayi

Freepik/chayakorn

Batuk pilek sebetulnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh saat ada bakteri penyebab infeksi yang menyerangnya. Cara tubuh melawannya adalah dengan mengeluarkan bakteri lewat saluran pernapasan.

Hal ini adalah hal yang alamiah. Batuk dan pilek bisa juga disebabkan karena alergi. Batuk dan pilek karena bakteri dan alergi bisa dibedakan dari warna ingus atau suara batuknya. 

Berapa Lama Batuk Pilek pada Bayi Berlangsung?

Freepik

Melansir Mayo Clinic, sebagian besar bayi berusia di bawah 3 bulan yang terinfeksi batuk dan pilek akan membaik dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Namun, batuk pada si Kecil mungkin bisa bertahan lebih lama. 

Durasi ini adalah durasi rata-rata untuk sebagian besar kasus, meskipun beberapa bayi mungkin sembuh lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor seperti sistem kekebalan tubuh bayi, jenis virus yang menyebabkan infeksi, dan bagaimana tubuh bayi merespons perawatan semuanya dapat mempengaruhi durasi pemulihan.

Kapan Mama Harus Waspada dan Membawa Bayi ke Dokter?

Freepik/EyeEm

Apa pun penyebab batuk bayi, ada beberapa tanda peringatan pasti bahwa Mama memerlukan pertolongan medis. Jika bayi batuk dan memiliki salah satu gejala berikut, pertimbangkan untuk pergi ke ruang gawat darurat (IGD) setempat:

  • napas tersengal-sengal atau sesak napas,
  • demam lebih dari 38°C,
  • batuk berdarah,
  • sulit menelan,
  • kesulitan membuka mulut sepenuhnya,
  • pembengkakan amandel yang signifikan hanya pada satu sisi.

Gejala lain yang perlu diperhatikan:

  • batuk apa pun pada bayi baru lahir dalam beberapa minggu pertama,
  • batuk yang berlangsung selama 8 minggu atau lebih,
  • batuk yang memburuk seiring waktu, terutama setelah 3 minggu,
  • batuk disertai keringat malam atau penurunan berat badan,
  • batuk apa pun — basah atau kering — disertai mengi atau napas cepat.

Meskipun bayi tidak menunjukkan gejala yang parah tetapi berperilaku berbeda dari biasanya, sebaiknya Mama setidaknya menghubungi dokter anak. Mamalah yang paling mengenal bayi. Dokter dapat membantu memandu Mama, baik untuk membawa bayi ke IGD atau memeriksakannya ke dokter.

Itu penjelasan tentang apakah batuk pilek pada bayi bisa menurunkan berat badan. Batuk pilek bisa mengurangi selera atau keinginan untuk makan dan menyusu. Bila bayi mengalami batuk pilek, Mama harus memastikan ia selalu terhidrasi dan mendapatkan makan yang cukup agar berat badannya tidak turun, ya!

Baca juga:

The Latest