TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Amankah Biji Buah Semangka Dikonsumsi Bayi?

Biji semangka aman dimakan oleh orang dewasa, bagaimana jika dikonsumsi oleh bayi?

Freepik/freepik

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi bayi saat masuk masa MPASI. Teksturnya yang lembut dan berair membuat buah semangka bisa mudah digigit dan ditelan oleh bayi. Selain itu, semangka juga memiliki rasa manis yang disukai oleh bayi.

Dalam buah semangka terdapat banyak biji berwarna putih atau hitam. Nah, biji semangka ini aman apabila dimakan oleh orang dewasa, tapi bagaimana jika dimakan oleh bayi?

Amankah biji buah semangka dikonsumsi oleh bayi? Berikut Popmama.com telah rengkum jawabannya untuk Mama. Yuk, disimak!

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Semangka

Freepik/8photo

Buah semangka mengandung 95 persen air, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan si Kecil sehingga bisa mencegah dehidrasi. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah semangka adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin C, antioksidan, asam amino, dan potasium.

Kandungan vitamin A dalam semangka bisa membantu meningklatkan kualitas kulit dan gigi yang baik pada bayi. Vitamin A juga bisa membantu paru-paru, ginjal, dan jantung untuk bekerja dengan baik.

Sementara itu, vitamin C dalam semangka bisa meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada bayi. Kandungan antioksidan pada semangka dapat membantu mencegah kerusakan jaringan.

Amakankah Biji Buah Semangka Dikonsumsi Bayi?

Freepik Bayi makan buah semangka

Biji buah semangka aman jika dimakan oleh oleh orang dewasa, tapi biji semangka tidak aman dimakan oleh bayi, Ma. Terdapat risiko bayi tersedak jika mengonsumsi biji buah semangka. Hal ini tentu membahayakan keselamatan si Kecil.

Bayi belum bisa memisahkan biji dari semangka, oleh sebab itu penting bagi Mama untuk memisahkan biji dari semangka sebelum memberikannya pada bayi.

Meski Mama membeli buah semangka yang tidak memiliki biji, tetap hati-hati dan periksa semangka tersebut, ya.

Cara Menyiapkan Semangka untuk Bayi

Freepik/fabrikasimf

Mama bisa menyiapkan semangka untuk si Kecil sesuai dengan usianya. Untuk bayi usia 6 hingga 8 bulan, Mama dapat mengolah semangka menjadi puree.

Selain itu, Mama juga bisa memotong semangka dengan ukuran besar membentuk persegi panjang. Pastikan untuk memisahkan kulit dan bijinya, ya, Ma.

Nah, bagi bayi usia 9-14 bulan, Mama bisa memotong semangka dengan ukuran yang lebih kecil. Potong semangka berbentuk dadu dengan ukuran sekali gigit. Mama juga bisa memotong semangka dengan bentuk segitiga tanpa perlu membuang kulit semangka.

Nah, kesimpulannya biji buah semangka tidak aman dikonsumsi bayi, ya, Ma. Semoga informasi ini membantu!

Baca juga:

The Latest