TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Film Horor untuk Anak Remaja

Film-film anak remaja yang cocok memperkenalkan mereka ke dunia horor.

Commonsensemedia.org

Bulan Oktober dikenal sebagai bulan yang menakutkan. Ini sebenarnya berhubungan erat dengan perayaan Halloween yang populer di negara barat. Halloween membuka pintu untuk kita menikmati hiburan yang memiliki unsur horor dan supernatural di dalamnya.

Berbicara mengenai entertainment, mungkin salah satu yang umumnya kita konsumsi adalah melalui film-film. Ada banyak sekali judul film horor populer di era modern ini, tetapi tidak semuanya cocok untuk anak remaja karena memiliki beberapa adegan yang terlalu sadis, mengerikan, dan pastinya tidak cocok untuk mereka.

Untuk itu, Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi film horor untuk anak remaja. Film-film ini dipilih dengan rating usia yang cocok dengan remaja namun masih memberikan sensasi horor yang mengerikan.

1. Paranorman

rottentomatoes.com

Film horor anak remaja yang pertama dibuka dengan Paranorman, sebuah film animasi stop-motion yang diproduksi dengan menggunakan boneka-boneka kecil.

Berkisah mengenai Norman Babcock, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan berbicara dengan roh orang mati. Meskipun begitu tidak ada orang-orang yang percaya akan kemampuan milik Norman.

Suatu hari, paman Norman memperkenalkannya pada ritual penting yang perlu ia lakukan untuk menyelamatkan kota dari kutukan penyihir jahat. Untuk mengalahkan kutukan itu, Norman bekerja sama dengan hantu dan para zombie. Mereka akan bekerja sama melindungi kota dari kutukan penyihir.

Paranorman akan memberikan kesan mengerikan dari estetik animasinya namun humor yang menyegarkan di sepanjang film.

2. Frankenweenie

imdb.com

Film berikutnya merupakan film horor yang sudah rilis dari tahun 2012 lalu. Meskipun begitu, film ini masih memberikan suguhan horor mengerikan.

Bercerita mengenai Victor Frankenstein, seorang saintis muda yang berbakat namun tidak memiliki sahabat. Satu-satunya sahabatnya adalah piaraannya, Sparky. Semua berjalan baik-baik saja hiingga terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa sparky dan membuat Victor merasa sedih.

Namun, guru sains Victor memberikan ide untuk membawa Sparky kembali ke kehidupan. Victor melakukan eksperimen itu dan membuat Sparky hidup kembali. Percobaannya sukses, dan berjalan lancar. Hingga eksperimen Victor digunakan untuk membangkitkan hewan lainnya yang mengamuk dan menyebabkan bahaya.

Film ini mengambil gaya yang lebih klasik, dengan sentuhan warna hitam-putih yang menemani di sepanjang film. Dipadukan dengan cerita yang baik dan sentuhan referensi film horor klasik.

3. The Addams Family

imdb.com

Jika kamu pernah menonton seri Wednesday yang keluar di Netflix, kamu mungkin sudah kenal dengan keluarga menyeramkan, keluarga Addams. Mereka terdiri dari Gomez, Morticia, Pugsley, Wednesday, Uncle Fester dan Grandma. Karakter-karakter ini diangkat dari kartun karya Charles Addams.

Film animasi The Addams Family akan membawa kita berkenalan dengan anggota keluarga Addams dan kehidupan sehari-hari mereka yang aneh. Masalah mulai terjadi ketika anak perempuan mereka, Wednesday bersahabat dengan putri seorang pembawa acara lokal yang memulai konflik antar keluarga.

Film animasi horor ini dapat menjadi cara lain bagi penonton melihat keluarga Addams yang ikonik melalui media animasi. Setiap karakternya juga dihidupkan dengan para pengisi suara berkelas seperti Oscar Isaac, Charlize Theron, Chloë Grace Moretz, dan masih banyak lagi.

4. Vampire Hunter D: Bloodlust

imdb.com

Vampire Hunter D: Bloodlust adalah film dark fantasy yang rilis di tahun 2000. Diproduksi oleh   Madhouse, Filmlink International, BMG Japan, Movic, Good Hill Vision, dan Soft Capital. composing the music. Dan diangkat dari novel ketiga seri Vampire Hunter D karya Hideyuki Kikuchi.

Mengambil latar di masa depan yang gelap, dimana mereka yang telah meninggal bangkit kembali ke kehidupan, dan vampir kembali menguasai malam. Untuk mengindari bahaya vampir, para pemburu vampir kembali beraksi berniat membasmi para vampir untuk selamanya.

Film horor remaja satu ini memiliki gaya animasi khas anime yang detail. Ditambah dengan perpaduan nuansa kelam dan futuristik yang dicoba dibawakan dalam cerita yang juga tidak kalah seru.

5. Wendell & Wild

imdb.com

Ini adalah salah satu judul film horor anak remaja yang tidak banyak diketahui. Meskipun begitu, ibarat pertama tersembunyi kamu akan menyukai film satu ini!

Dua saudara iblis, Wendell dan Wild memanupulasi remaja berusia 13 tahun bernama Kat Elliot untuk memanggil mereka berdua ke tanah kehidupan. Kat sendiri merupakan remaja yang kuat namun mudah merasa bersalah. Kat memanggil Wendell dan Wild ke dunia kehidupan, namun dengan perjanjian yang akan mengarah kepada kekacauan yang belum pernah mereka lihat.

Film animasi horor ini tercipta dari karya Henry Selick dan Jordan Peele yang menggabungkan animasi stop motion aneh dengan komedi yang segar.

6. Dan Da Dan: First Encounter

animationxpress.com

 

Anime seri Dan Da Dan baru-baru ini rilis, dan berhasil meledak karena ceritanya yang unik mengangkat tema hantu dan alien secara bersamaan.

Siapa menyangka, meski baru rilis satu season pertamanya, Dan Da Dan telah memiliki satu filmnya sendiri lho. Namun sebenarnya film Dan Da Dan: First Encounter merupakan tiga episode anime yang digabungkan dan dirilis lebih awal. Dengan pengisi suara dan cerita sama seperti yang tayang di seri animenya.

Cerita Dan Da Dan mengikuti Momo, seorang anak SMA dari keluarga yang memiliki ikatan spiritual yang kuat dengan sahabatnya bernama Okarun yang senang akan hal-hal berbau mistis. Keduanya berteman setelah Momo menyelamatkan Okarun dari anak-anak nakal.

Meski begitu ada perbedaan dari antara mereka berdua, Momo percaya pada hantu namun tidak percaya alien. Sebaliknya, Okarun percaya adanya alien tetapi tidak percaya hantu. Sebagai tantangan, keduanya pergi ke tempat asing/angker untuk bertemu dengan alien ataupun hantu. Kira-kira apa yang selanjutnya akan terjadi pada merekaa?

7. Resident Evil: Vendetta

imdb.com

Buatmu yang suka bermain game tentu tidak asing dengan game Resident Evil, game bertema zombie yang terkenal sebagai salah satu game horor dan aksi terbaik yang wajib kamu coba.

Resident Evil juga sebenarnya memiliki banyak film yang telah dirilis dengan mengangkat kisah dari dunia yang sama seperti pada gamenya. Salah satu film Resident Evil terbaik dan seram yanag wajib kamu tonton adalah Resident Evil: Vendetta yang mengisahkan mengenai Leon S. Kennedy, Chris Redfield, dan Rebecca Chambers. Dan menjadi film Resident Evil ketiga yang dikembangkan menggunakan teknologi CG.

Film ini akan mengisahkan misi Chris, Leon, dan Rebecca untuk menghentikana pedagang yang berniat menyebarkan virus berbahaya di New York. Bisakah mereka bertiga menyelesaikan misi ini dan mencegah menyebarnya wabah zombie di kota?

8. Monster House

imdb.com

Monster House adalah film tahun animasi asal Amerika yang dibuat pada tahun 2006 yang lalu. Film ini dibuat menggunakan teknologi motion-capture menggunakan wajah asli dari para pemeran untuk memberikan kesan wajah yang lebih ekspresif.

Monster House mengisahkan mengenai Dustin James “D.J.” yang memiliki tetangga tua aneh bernama Horace Nebbercracker yang sering menakut-nakuti tetangga lainnya. Suatu waktu, Dustin dan sahabatnya Chowder kehilangan bola di halaman rumah Horace. Saat ingin mengambilnya kembali tiba-tiba Horace terkena serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit.

Mengingat benda Dustin yang pernah diambil oleh tetangganya itu. Ia, bersamaan dengan Chowder dan Jenny berniat untuk menginvestigasi rumah misterius milik Horace.

9. Seoul Station

imdb.com

Kamu tahu film Train To Busan? Atau sekuelnya Peninsula. Kamu akan mendapatkan nuansa yang sama ketika menyaksikan film ini. Karena ini merupakan cerita prekuel dari Train To Busan yang hadir dalam bentuk animasi yang tidak kalah mengerikan.

Seoul Station membahas awal mula terjadinya epidemik zombie di Korea Selatan sebelum semuanya berubah menjadi lebih buruk. Kisah ini berfokus pada tiga tokoh utama; Hye-sun, seorang wanita muda yang berusaha bertahan hidup di dunia yang melihatnya sebelah mata, Suk-gyu, ayah Hye-sun yang mencarinya bersamaan dengan pacar Hye-sun bernama Ki-woong. 

Film Seoul Station memiliki salah satu animasi horor yang mengerikan. Membawa kembali kisah kengeriangan serangan para zombie jika terjadi di dunia nyata.

Ini juga menjadi awal yang bagus jika kamu ingin menyaksikan seri film Train To Busan atau menonton salah satu film horor terbaik asal Korea.

10. Coraline

imdb.com

Dikenal sebagai film anak remaja yang akan memberikanmu mimpi buruk melalui animasi ataupun ceritanya yang mengerikan. Apalagi kalau bukan Coraline.

Film ini mengisahkan kehidupan Coraline, anak perempuan usia 11 tahun merasa kurang mendapatkan kasih sayang kedua orang tuanya, Charlie dan Mel karena sibuk bekerja. Coraline sering menghabiskan waktunya sendiri menjelajahi rumah hingga ia menemukan pintu tersembunyi.

Pintu itu membawa Coraline pada dunia lain dimana semua orang memakai kancing sebagai matanya. Ia juga menemukan versi lain dari orang-orang yang ia kenal dan temui sehari-hari. Di sana juga ada ayah dan ibu baru yang senang menghabiskan waktu dengan Coraline. Namun ada sesuatu yang tersembunyi di balik dunia fantasi itu.

Itulah 10 rekomendasi film horor yang cocok untuk anak remaja. Film-film mengerikan ini termasuk dalam rating usia yang aman bagi anak remaja dan bisa menjadi sarana hiburan baru yang menyenangkan.

Baca juga:

 

Topic:

The Latest