TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Praktis, Ini Dia Cara Mengerjakan Soal Matematika dengan Gemini AI

Mempermudah pembelajaran dengan penjelasan yang rinci

aibusiness.com

Dalam era teknologi, semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat, begitu juga dalam mengerjakan soal matematika.

Terutama dengan kehadiran artificial intelligence, semua penyelesaian soal-soal akan lebih mudah dan juga disertai dengan penjelasan yang lebih rinci.

Dengan segala macam jenis AI, salah satu yang bisa digunakan untuk menyelesaikan soal matematika yaitu Gemini AI.

Berikut Popmama.com rangkum penjelasan mengenai apa itu Gemini AI, cara menggunakannya, hingga cara mengerjakan soal matematika dengan Gemini AI.

Apa itu Gemini AI?

Pexels/Anna Shvets

Gemini AI adalah salah satu platform artificial intelligence atau kecerdasan buatan terbaru yang dibawahi oleh Google dan dikembangkan oleh Google Deepmind.

Platform ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2023, yang sebelumnya dikenal dengan nama Bard.

Gemini AI diklaim lebih canggih dari platform AI lain. Kelebihan dari platform ini yaitu mampu memahami dan merespons percakapan manusia, lebih canggih dan modern dibandingkan dengan platform AI lainnya.

Dengan kelebihannya ini, Gemini AI mampu menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih modern seolah-olah kamu sedang berbicara dengan manusia nyata.

Di Indonesia sendiri, platform ini mulai resmi bisa digunakan pada tahun 2024, bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan digital di berbagai kesempatan.

Fitur Andalan Gemini AI

makeuseof.com

Berikut merupakan beberapa fitur andalan yang dimiliki oleh Gemini AI, yang dikutip dari jagoanhosting.com.

1. Multimodalitas

Gemini AI tidak hanya bisa memahami teks, namun juga bisa memproses informasi dari berbagai modalitas. Seperti melalui gambar, audio, video, dan kode pemrograman.

2. Reasoning dan explanation

Selain menyediakan informasi, Gemini AI mampu memahami informasi yang kompleks. Yaitu seperti menjawab pertanyaan yang rumit, debugging kode, serta menjelaskan konsep ilmiah.

3. Pemulihan informasi tingkat lanjut

Gemini AI memiliki kemampuan dalam memahami konteks dan verifikasi fakta yang membuatnya ideal dalam membantu kamu mengerjakan tugas penelitian dan dengan informasi yang detail.

4. Lebih kreatif dan ekspresif

Tidak hanya dapat membantu dalam penyelesaian tugas penelitian, platform ini dapat menghasilkan seni dan musik, membuat cerita, hingga menerjemahkan dan menyesuaikan bahasa.

5. Keahlian teknis

Desain dari platform sangat efisien untuk sumber daya, Gemini AI dapat diimplementasikan melalui berbagai perangkat. Platform ini juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, sehingga akan terus relevan dalam dunia digital yang bersifat dinamis.

Cara Menggunakan Gemini AI

Pexels/Karolina Grabowska

Memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia, tentunya pengaplikasian Gemini AI juga sangat mudah, berikut caranya:

1. Kunjungi gemini.google.com

Kamu bisa membuka situs web resmi di gemini.google.com.

2. Buat dan masuk ke akun

Jika kamu belum pernah membuat akun Gemini AI, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.

Setelah selesai, masuk ke akun yang sudah kamu buat dan pastikan telah menyetujui syarat dan ketentuan layanan.

3. Masukkan pertanyaan atau kata kunci

Setelah selesai masuk ke platform Gemini AI, kamu bisa melihat kotak pencaharian di bagian atas halaman. Kamu juga sudah bisa memasukkan pertanyaan atau kata kunci yang relevan dengan topik atau masalah yang ingin kamu tanyakan.

4. Tunggu jawaban dan hasilnya

Setelah memasukkan pertanyaan atau kata kunci, Gemini AI akan mulai memproses dan menganalisis data yang kamu perlukan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Hasil akan muncul sesuai dengan yang kamu perintahkan kepada platform tersebut.

Cara Mengerjakan Soal Matematika dengan Gemini AI

Freepik

Dengan AI, soal matematika juga dapat diselesaikan dengan mudah. 

Caranya kamu bisa mengetik secara manual soal yang ingin diselesaikan, atau mengunggah gambar yang berisi soal tersebut.

Berikut caranya:

  • Buka situs web gemini.google.com.
  • Pada kolom pengetikan perintah, ketik soal matematika atau unggah gambar soal matematika agar dapat dibantu dengan Gemini AI.
  • Tunggu platform untuk memproses soal tersebut dalam beberapa saat.
  • Setelah itu, jawaban serta pembahasan akan muncul sesuai dengan yang kamu perintahkan.

Nah, itu tadi cara mengerjakan soal matematika dengan Gemini AI. Semoga membantu, ya!

Baca juga:

The Latest