TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jaga Kesehatan, Apa Saja Penyebab Terjadinya Gangguan Pernapasan?

Pernapasan yang baik adalah kunci untuk hidup sehat dan aktif!

Freepik

Pernapasan adalah proses penting dalam kehidupan kita. Masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida dari tubuh kita dilakukan melalui pernapasan.

Terkadang, ada kalanya kita mengalami gangguan pernapasan yang dapat membuat kita sulit bernapas dengan baik. Itu disebabkan oleh beberapa penyebab utama gangguan pernapasan yang perlu kita ketahui.

Bersama Popmama.com, kita simak apa saja penyebab terjadinya gangguan pernapasan, yuk!

1. Infeksi saluran pernapasan

Freepik

Infeksi pada saluran pernapasan merupakan salah satu penyebab umum gangguan pernapasan. Saluran pernapasan dapat tersumbat oleh infeksi seperti flu, pilek, batuk, dan bronkitis dan hal ini yang membuat kita sulit bernapas.

Infeksi saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh kita.

2. Asma

Freepik

Asma adalah penyakit kronis yang mempengaruhi saluran pernapasan. Saluran pernapasan para penderita asma lebih sensitif mudah menyempit. 

Faktor genetik dan lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan dan kambuhnya penyakit ini.

Pemicu yang umum adalah debu, serbuk sari, bulu hewan, asap rokok, dan udara dingin.

3. Alergi

Pexels/cottonbro studio

Beberapa orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sensitif terhadap zat tertentu, seperti debu, serbuk sari, bulu hewan, atau makanan tertentu. Ketika mereka terpapar oleh zat-zat ini, mereka dapat mengalami reaksi alergi yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Gejala yang mungkin timbul antara lain hidung berair, bersin-bersin, gatal-gatal, dan sesak napas.

4. Polusi udara

Pexels/Marcin Jozwiak

Masalah lingkungan tentunya juga menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan. Masalah lingkungan seperti polusi udara sangat mempengaruhi kualitas udara yang dihirup. Udara yang tercemar dapat mengandung partikel-partikel berbahaya seperti debu, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan zat kimia.

Menghirup udara yang tercemar secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan pernapasan, terutama pada mereka yang sistem pernapasannya lemah dan sensitif.

5. Aktivitas fisik yang berlebihan

Pexels/Kampus Production

Gangguan pernapasan juga bisa terjadi apabila terlalu banyak beraktivitas fisik atau berolahraga yang berat, lho. Saat bergerak dengan intensitas tinggi, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen.

Jika sistem pernapasan tidak dapat memberikan cukup oksigen ke tubuh dan tubuh tidak mendapat banyak oksigen, maka kita mengalami napas pendek dan dapat mengalami sesak napas.

6. Kondisi medis lainnya

Freepik/stockking

Kondisi medis seperti pneumonia, penyakit jantung, kelainan struktural pada paru-paru, dan bahkan alergi tertentu juga menjadi penyebab gangguan kesehatan. Kondisi-kondisi medis tersebut sangat mempengaruhi fungsi pernapasan dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

7. Perubahan cuaca

Freepik/wirestock

Perubahan cuaca yang drastis, seperti cuaca terlalu panas atau dingin, dapat mempengaruhi saluran pernapasan. Hal ini terutama berlaku jika kita tidak memadai melindungi tubuh kita atau jika kita sudah memiliki riwayat penyakit pernapasan.

Itulah beberapa penyebab terjadinya gangguan pernapasan yang perlu kita ketahui. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan pernapasan kita dengan baik. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan antara lain menjaga kebersihan diri, menjauh dari zat-zat alergen, menghindari polusi udara, dan menjaga kebugaran tubuh melalui olahraga yang seimbang.

Jika kita mengalami gangguan pernapasan yang berkepanjangan atau semakin parah, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ingat, pernapasan yang baik adalah kunci untuk hidup sehat dan aktif!

Baca juga:

The Latest