TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Istilah Bahasa Inggris yang Belakangan Viral Dipakai Gen Z, Demure!

Very demure, very mindful, jadi istilah yang belakangan viral oleh Gan Z. Apa itu?

Freepik

Generasi Z atau gen Z dikenal dengan kreativitas dalam meracik bahasa, tak terkecuali saat menggunakan istilah bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Belakangan ini, frasa seperti "very demure" dan "very mindful" kerap muncul di media sosial hingga memicu tren baru dalam berkomunikasi yang khas.

Selain dua frasa di atas tadi, masih ada frasa atau istilah bahasa Inggris lain yang belakangan digunakan oleh mereka para gen Z. Mungkin anak mama termasuk yang menggunakan istilah-istilah ini, Ma.

Nah, berikut ini Popmama.com rangkumkan 6 istilah bahasa Inggris yang belakangan viral di media sosial. 

1. Demure

Freepik

Salah satu istilah yang belakangan viral dan banyak digunakan netizen, khususnya kalangan gen Z adalah "demure".

Istilah ini sebenarnya sudah lama digunakan, yang berarti bersikap pendiam, sopan, dan terkendali yang biasanya mengacu pada seseorang yang memiliki perilaku atau penampilan yang sederhana dan anggun.

Lebih mudahnya, kata ini biasanya sering dikaitkan dengan sikap feminin yang tenang dan tidak mencolok. Namun, belakangan gen Z mengadopsinya dengan istilah "very demure" yang lebih santai.

Alih-alih digunakan secara harfiah, istilah ini sering dipakai dalam situasi yang sedikit berlebihan atau bercanda, misalnya untuk menggambarkan sesuatu yang tidak benar-benar pendiam atau sopan, tetapi diucapkan secara sarkastik.

Tren ini mencerminkan gaya komunikasi khas Gen Z, yang suka bermain dengan bahasa formal untuk seru-seruan. Contoh kalimatnya seperti, "I just posted a very demure selfie—totally not showing off my new hair." (bercanda karena sebenarnya foto tersebut menonjolkan sesuatu).

2. Mindful

Freepik

Istilah "mindful" dalam bahasa Inggris memiliki arti penuh kesadaran atau perhatian terhadap apa yang sedang dilakukan, seperti fokus pada saat ini tanpa terdistraksi.

Namun, gen Z kini justru sering menggunakan "very mindful" dengan nada santai atau bahkan sarkastik. Mereka memakainya untuk menyindir situasi yang mungkin tidak terlalu serius tapi diucapkan seolah-olah penuh kesadaran.

Sama seperti istilah "very demure" yang belakangan viral, penggunaan "very mindful" ini sering kali bercampur humor dalam percakapan sehari-hari.

Misalnya, saat seseorang lupa membawa bekal dan justru membeli makanan cepat saji, temannya bisa sedikit mengatakan kalimat yang sarkastik seperti, "Wow, very mindful of you to eat healthy today!"

3. Cutesy

Freepik

Istilah bahasa Inggris lainnya yang belakangan digunakan oleh anak-anak generasi Z atau "cutesy" yang berasal dari kata "cute," dengan arti lucu atau imut.

Namun, "cutesy" sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang terlihat atau terdengar terlalu imut, hingga terkesan berlebihan atau dibuat-buat. Gen Z menggunakan kata ini untuk menyindir sesuatu yang terlihat atau berperilaku terlalu manis dan tidak alami, baik dalam konteks penampilan, sikap, maupun gaya berbicara.

Nah kalau komunikasi yang lebih santai, "cutesy" sering digunakan untuk memadukan kesan manis tapi dengan sedikit nada sarkastik atau bercanda.

Contohnya, saat seseorang sengaja bertingkah imut atau bergaya berlebihan, teman-temannya mungkin akan berkata, "You're being a little too cutesy today!" dengan maksud meledek penuh humor.

4. Savvy

Freepik/jcomp

Selanjutnya ada istilah "savvy" yang berarti cerdas, bijak, atau memiliki pemahaman yang baik tentang sesuatu, terutama dalam hal keterampilan praktis atau pengetahuan teknis.

Gen Z sering menggunakan kata ini untuk menggambarkan seseorang yang pintar dalam situasi tertentu, seperti memahami teknologi, tren media sosial, atau dunia bisnis dengan cepat.

Dalam percakapan sehari-hari bersama teman, biasanya anak gen Z menggunakan istilah "savvy" untuk memuji seseorang yang cerdas dalam memecahkan masalah atau tahu cara mendapatkan hasil maksimal dari situasi.

Misalnya, saat seseorang berhasil mendapatkan diskon besar lewat aplikasi belanja online, temannya bisa berkata, "You're so savvy with those discount codes!" (Kamu pintar banget bisa dapetin kode diskon itu).

5. Edgy

Freepik

Istilah "edgy" biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang berani, berbeda, atau menonjol dengan cara yang tidak biasa—baik dalam gaya berpakaian, sikap, atau pandangan hidup.

Awalnya istilah ini dalam bahasa Inggris sering digunakan sebagai kalimat untuk merujuk pada sesuatu yang "di luar batas" atau provokatif, tetapi belakangan gen Z menggunakan istilah ini untuk mendeskripsikan seseorang yang terlihat atau bertingkah keren, sedikit "gelap," atau mencolok, tetapi tetap menarik.

Dalam komunikasi bersama temannya, istilah ini sering dipakai dengan nada sedikit bercanda untuk menggambarkan orang yang ingin terlihat tidak biasa, misalnya mengenakan pakaian hitam terus-menerus atau memiliki sikap sinis dengan berkata, "He’s trying so hard to be edgy with all that black leather, but it kinda works for him."

6. Chill

Freepik

Kalau istilah satu ini mungkin juga sudah nggak asing nih bagi Mama-mama milenial. Yes, istilah "chill" yang digunakan oleh banyak orang ini merujuk pada sikap yang santai, tenang, dan tidak mudah terpancing emosi.

Ini bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak mudah stres atau marah, serta situasi yang rileks dan nyaman. Dalam konteks komunikasi sehari-hari, "chill" bisa berarti tetap tenang di bawah tekanan atau tidak terlalu khawatir tentang hal-hal kecil.

Misalnya, ketika seseorang sedang tidak ingin ribet atau membuat suasana santai, mereka bisa bilang, "Let's just keep it chill," yang artinya untuk mengajak kita tetap santai saja.

Nah, itu dia beberapa istilah bahasa Inggris yang belakangan viral dipakai oleh gen Z. Dari istilah-istilah di atas, mana nih yang paling sering diucapkan oleh anak remaja mama? Komen di bawah, yuk!

Baca juga:

The Latest