TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Zilfa Aninda Zefanya, Atlet Timnas Putri Indonesia

Bukan hanya laki-laki, yuk kenalan dengan Zilfa atlet Timnas Putri Indonesia

Zilfa Aninda Zefanya merupakan salah satu atlet berbakat yang memperkuat Timnas Putri Indonesia. Dednagan dedikasi tinggi dan semangat juang yang luar biasa, Zilfa telah menjadi inspirasi bagi banyak calon atlet muda di Indonesia.

Kariernya yang cemerlang di dunia sepak bola putri tidak hanya membanggakan keluarga dan teman-temannya, tetapi juga seluruh bangsa. Hal ini juga membuat namanya kian meyakinkan masyarakat bahwa olahraga sepak bola juga bisa dan boleh dilakukan oleh kaum perempuan.

Bisa jadi inspirasi untuk banyak remaja lainnya, yuk simak profil Zilfa atlet Timnas Putri Indonesia dalam rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan di bawah ini.

1. Biodata singkat Zilfa

Dok. MilkLife

Bagi anak remaja mama yang aktif mengikuti Timnas, khususnya Timnas Putri, nama Zilfa mungkin sudah tak asing di telinga. Ya, Zilfa menjadi seorang pemain yang menonjol di Timnas Putri Indonesia, yang telah menunjukkan kemampuan luar biasanya di lapangan hijau.

Berikut ini adalah biodata singkat Zilfa yang mungkin belum banyak orang ketahui.

  • Nama: Zilfa Aninda Zavanya
  • Tanggal lahir: 28 Januari 2006
  • Klub: Akademi Persib Bandung
  • Posisi: Gelandang bertahan, Gelandang serang

2. Menyukai sepak bola sejak usia 10 tahun

Dok. MilkLife

Sebelum akhirnya bergabung bersama Akademi Persib Bandung, Zilfa pertama kali mengikuti seleksi sepak bola adalah ketika dirinya masih usia remaja. Saat itu, Zilfa menjadi satu-satunya perempuan yang bergabung ke dalam seleksi tersebut.

Sebagai informasi, Zilfa mengaku bahwa dirinya sudah sejak kecil menyukai olahraga yang identik dengan anak laki-laki ini. Ditemui dalam wawancara di sebuah event di Kota Bandung beberapa waktu lalu, perempuan berusia 18 tahun itu menyebutkan bahwa ia sudah menyukai sepak bola sejak usia 10 tahun.

"Dari 10 tahun suka banget sama bola. Awalnya menyemangati diri sendiri walau teman-teman yang main bola lainnya cowok. Akhirnya ada juga teman atau lawan cewek, jadi lebih berani sekarang kalau lawan cewek," ujar Zilfa kepada tim media yang hadir dalam event bertajuk MilkLife Soccer Challenge di Bandung.

3. Deretan turnamen atau kompetisi yang diikuti

Dok. MilkLife

Selama bertahun-tahun berkarier, Zilfa tentunya telah mengikuti banyak turnamen atau kompetisi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Berikut deretan kegiatan Zilfa selama menjadi atlet sepak bola sejak usia remaja, beserta beberapa kejuaraannya.

  • Kartini Cup 2018
  • Juara 1 Sepak Bola Putri Green Camp
  • Liga Top Score 2020
  • 8 besar Pekan Olahraga Daerah (PORDA) 2022
  • Juara 1 Turnamen Pangandaran 2021
  • Juara 1 Pertiwi Regional Jawa Barat 2022
  • Piala Gubernur 2022
  • Piala AFF U18 Palembang 2022
  • Woman Football Champion (WFC) Singapore 2022
  • Pemanggilan tim nasional senior ke Filipina 2022
  • Pertiwi Nasional 2022
  • FIFA A Match Women Saudi Arabia Senior 2023
  • Juara 2 Pertiwi 2023
  • Top Score U17 Women's Football Exhibition 2023
  • Juara 1 Fourfeo Solo 2023 
  • Prapon di Sidoarjo, membawa nama Jawa Barat

4. Dukungan orangtua menjalani kariernya

Popmama.com/Novy Agrina

Berbeda dari kebanyakan remaja perempuan lain, Zilfa justru menghabiskan amsa remajanya dengan mengikuti kegiatan yang ia sukai yaitu bermain sepak bola.

Tak hanya mampu mengharumkan nama bangsa, bergabungnya Zilfa menjadi atlet sepak bola membuat ia bisa memperkuat kemampuan sosialnya untuk lebih percaya diri, serta dapat melatih keterampilan memecahkan masalah yang akan berguna sepanjang hidupnya.

Hal tak kalah penting adalah adanya dukungan orangtua dalam kompetisi bola yang diikuti oleh anak. Seperti orangtua dari Zifa yang mendukung sepenuhnya apa yang disukai oleh putrinya.

Ditemui dalam acara yang sama, Mama Iis Kristianti yang turut mendampingi Zifa mengaku bahwa selama masih aktivitas positif dan anaknya juga menyukai hal itu, orangtua pun akan tetap mendukungnya.

"Untuk Zilfa selama itu kegiatan positif kita dukung. Dengan melihat keteguhan dia, saya merasa yakin kalau dia bisa," ujar sang Mama.

5. Punya motivasi yang tinggi

Dok. MilkLife

Di usianya yang bukan lagi remaja, Zilfa tentunya telah melewati banyak rintangan selama berjuang di lapangan hijau sebagai atlet sepak bola. Bukan hal yang mudah baginya untuk bisa sampai di titik sekarang ini. 

Diceritakan olehnya,  "Jatuh biasa aja, kalau nangis itu biasanya karena kalah."

Meski begitu, bukan berarti kekalahan membuat Zilfa untuk terus dalam keterpurukan. Justru hal itu menjadikannya semangat baru untuk lebih percaya diri. Menurutnya, jika ia memiliki target tertentu, ia akan terus berusaha sehingga lebih semangat berlatih.

"Nggak usah ada rasa takut. Kita itu bisa dapat apa yang kita mau. Harus lawan rasa malas, bekerja keras, terus berproses," sambungnya penuh semangat.

Demikianlah profil Zilfa Aninda Zafanya, atlet Timnas Putri Indonesia yang namanya telah menginspirasi banyak calon atlet muda tanah air untuk terus berkarya.

Dalam waktu dekat ini, Zilfa tengah mempersiapkan dirinya untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kita doakan yang terbaik untuk Zilfa, semangat terus yaa!

Baca juga:

The Latest