TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Isi Perjanjian antara Ridwan Kamil dan Anak-anaknya, Bisa Jadi Contoh

Ridwan Kamil membagikan isi perjanjian yang dibuatnya bersama istri untuk kedua anaknya

Instagram.com/ataliapr

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, baru saja membagikan sebuah surat perjanjian yang berisikan kesepakatan antara ia bersama istri dengan kedua anaknya, almarhum Eril dan Zara.

Dalam unggahan tersebut, suami dari Atalia Praratya itu menyebutkan bahwa perjanjian tersebut telah disepakati bersama oleh kedua anaknya sejak 7 tahun lalu.

Surat perjanjian tersebut berisikan 9 poin yang harus dipatuhi oleh Eril dan Zara sebagai anak di rumah. Kira-kira seperti apa sih isi surat yang dibuat Papa Emil untuk anak-anaknya? Yuk, simak informasinya dalam rangkuman yang telah Popmama.com siapkan berikut ini.

1. Dibuat 7 tahun lalu dan diketik oleh mendiang Eril

Instagram.com/ridwankamil

Melalui keterangan unggahannya, pemimpin nomor 1 di Jawa Barat itu menyebutkan bahwa surat perjanjian tersebut telah dibuat oleh istrinya dan disepakti oleh kedua anaknya sejak 7 tahun lalu, tepatnya 2 Januari 2016.

"7 tahun lalu, antara saya, Mama @ataliapr, alm A Eril dan Zara," tulis Ridwan Kamil dalam keterangannya.

Surat tersebut rupanya dibuat bersama dan diketik langsung oleh mendiang putra sulung Ridwan Kamil, yaitu Emeril Khan Mumtaz atau akrab disapa Aa Eril.

"Draft MoU diketik almarhum A Eril," sambung Ridwan Kamil menambahkan.

Berdasarkan kesepakatan bersama, surat tersebut pun langsung ditandatangani oleh Ridwan Kamil dan Atalia Praratya selaku orangtua, serta Eril dan Zara selaku anak yang harus mematuhi peraturan tersebut.

2. Isi perjanjian Ridwan Kamil dengan anak-anaknya

Instagram.com/ridwankamil

Dari surat perjanjian yang dibuat bersama keluarga Ridwan Kamil, berikut adalah poin-poin yang perlu dipatuhi oleh kedua anaknya, yaitu:

  • Orangtua adalah prioritas.
  • Cek Line (sosial media berbagi pesan) berkala. Jawab kalau ada pertanyaan.
  • Bereskan kamar masing-masing, termasuk kamar mandi.
  • Persiapkan baju seragam, buku sekolah H-1.
  • Kabari kalau maghrib belum sampai rumah.
  • Bangun subuh pas adzan berkumandang.
  • Belajar/ngaji bersama jam 8 malam.
  • Uang saku diberikan setiap 1 bulan sekali. (Bila perlu tambahan uang harus kerja dulu, contoh: mencuci mobil, menguras max, mengurus sepeda, dll)
  • Jaga kebersihan tubuh, dan belajar manner.

3. Mayoritas perjanjian dipatuhi Eril dan Zara

Instagram.com/ridwankamil

Pada akhir keterangannya, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa mayoritas dari kesembilan poin perjanjian di atas telah dilakukan semua oleh anak-anaknya, termasuk mendiang Erial dimasa hidupnya dahulu.

"Alhamdulillah mayoritas dipatuhi anak-anak," tutup lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan unggahannya.

Isi perjanjian tersebut pun langsung banyak mendapat perhatian dari netizen. Tak sedikit dari mereka setuju dengan sejumlah perjanjian yang dibuat Ridwan Kamil dan Atalia Praratya kepada kedua anaknya agar senantiasa mereka patuhi.

Tak hanya untuk mereka saat di rumah, adanya peraturan seperti itu tentunya dapat menjadi pembelajaran sendiri bagi Eril dan Zara untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan sesuai tata krama yang telah ditanamkan oleh kedua orangtuanya.

Kesepakatan bersama yang dibuat Ridwan Kamil dan istri kepada kedua anaknya ini bisa jadi contoh untuk Mama sekalian, nih. Hal ini agar anak mengetahui hak dan kewajiban apa saja yang bisa mereka dapatkan dan patuhi sebagai anak saat di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa setiap perjanjian yang terbentuk antara anak dan orangtua tetap harus berdasarkan kesepakatan bersama ya, Ma. Beri tahu anak bahwa kesepakatan yang dilakukan demi kebaikan mereka, sehingga anak tidak merasa terbebani untuk mematuhi setiap kesepakatan yang dibuat.

Baca juga:

The Latest