TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Profil Ryujin ITZY, Idol Multitalenta yang Punya Pesona Girl Crush

Idol gen-4 yang punya segudang bakat, inilah fakta menarik dan profil Ryujin ITZY

Bagi anak remaja mama yang aktif mengikuti industri Kpop, tentu sudah tak asing dengan grup Kpop gen-4 ITZY. Girl group besutan JYP Entertainment ini terdiri lima member yaitu, Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna, yang masing-masing punya pesonanya tersendiri.

Dari kelima member, Ryujin jadi salah satu member ITZY yang kerap mencuri perhatian penggemar Kpop di jagat maya. Pasalnya, idol berusia 22 tahun ini memang kerap disebut punya aura girl crush yang mampu memikat penggemar. 

Nah, bagi Mama atau anak remaja mama yang ingin mengenal lebih dalam tentang Ryujin, simak biodata dan profil Ryujin ITZY lengkapnya dalam artikel yang telah Popmama.com rangkum berikut ini, yuk!

1. Biodata Ryujin ITZY

Instagram.com/itzy.all.in.us

Untuk mengenal lebih dalam tentang Ryujin, yuk simak lebih dulu biodatanya secara umum berikut ini:

  • Nama asli: Shin Ryu Jin (신류진)
  • Nama panggung: Ryujin
  • Nama Inggris: Joanne Shin
  • Tempat, tanggal lahir: Seoul, 17 April 2001
  • Tinggi badan: 164 sentimeter
  • Posisi dalam grup: main rapper, lead dancer, sub-vocalist, center
  • Pendidikan: Hanlim Multi Arts School (sudah lulus)

2. Sudah dikenal sebelum debut sebagai idol

Instagram.com/itzy.all.in.us

Fakta menarik dan unik dari Ryujin yang mungkin sudah tak asing bagi Midzy (sebutan penggemar) adalah bagaimana JYP merekrutnya di depan kamar mandi saat fanmeeting GOT7 pada tahun 2015 silam. Saat itu, staf casting dari JYP terpikat dengan visual yang dimilikinya sehingga Ryujin yang masih berusia 14 tahun kala itu dipilih untuk menjalani masa trainee.

Karena visual yang begitu memesona, rupanya Rujin juga pernah mencoba dunia seni peran sebelum debut sebagai idol Kpop, lho. Perempuan kelahiran 2001 itu pernah kemendapat peran kecil di film populer 'The King' (2017) yang dibintangi oleh Jo In Sung dan Jung Woo Sung.

Selain itu, Ryujin juga pernah muncul dalam BTS "Love Yourself" Highlight Reel di tahun 2017 silam. Di tahun yang sama, ia juga pernah tampil dalam reality show Mnet bertajuk Stray Kids bersama para member Stray Kids dan member ITZY lainnya, yaitu Yuna, Yeji, dan Chaeryeong.

Tak sampai di situ, ia juga menjalani salah satu program dari channel JTBC, yakni MIXNINE dan berhasil menjadi salah satu kontestan dalam ajang pencarian bakat tersebut. Berkat kemampuan dan pesona yang dimilikinya, ia pun sukses menempati posisi pertama saat itu.

Namun, sayangnya saat itu Ryujin bersama kontestan perempuan lainnya belum bisa melakukan debut mereka sebagai idol karena tim laki-laki yang terpilih sebagai pemenang akhir dari ajang pencarian bakat tersebut.

Setelah perjalanan panjang yang dilewati Ryujin untuk mencapai mimpinya menjadi idol, ia pun berhasil memulai debutnya bersama ITZY pada 12 Februari 2019 silam. Grup yang termasuk dalam Kpop gen-4 itu debut dengan single album bertajuk 'It'z Different' dengan dua lagu huts mereka yaitu 'Dalla Dalla' sebagai title track dan 'Want It'.

3. Pencapaian Ryujin dan ITZY di awal debut

Instagram.com/itzy.all.in.us

ITZY memang menjadi salah satu grup Kpop gen-4 yang berhasil meraih pencapaian memukau di awal masa debut mereka. Bagaimana tidak, adik dari grup TWICE itu sukses memecahkan rekor dari MV (music video) 'Dalla Dalla' yang ditonton sebanyak 100 juta tayangan dalam waktu 24 jam saja.

Hal ini menjadikan MV debut milik ITZY sebagai MV debut Kpop dengan jumlah tayangan terbanyak dan tercepat dalam sejarah. Tak sampai di situ, Ryujin bersama keempat membernya juga kembali meraih kesuksesan sebagai grup rookie tercepat yang mendapat kemenangan di music show hanya dalam waktu 8 hari setelah debut. 

Pencapaian tersebut membuat Ryujin CS berhasil menjadi girl group pertama dan satu-satunya yang mendapat julukan "Rookie Gland Slam" karena meraih Rookie of the Year di lima ajang penghargaan musik terbesar Korea. Pencapaian yang luar biasa, kan?

4. Ryujin bersama Lia sempat dihukum semasa trainee

Instagram.com/itzy.all.in.us

Pada Minggu (10/9/2023) lalu, dua member ITZY yakni Ryujin dan Lia kejutkan penggemar dengan hadir di 'PSICK SHOW' yang ditayangkan melalui YouTube. Keduanya pun sempat menjelaskan bahwa semasa menjalani pelatihan dahulu, mereka rutin mendapatkan pendidikan selama 2 minggu sekali berupa nyanyian, tarian, dan karakter.

Kemudian, semua pendidikan tersebut nantinya akan diakumulasikan dalam bentuk skor untuk bisa membuat mereka mencapai mimpinya debut sebagai idol. Namun, semasa menjalani pendidikan tersebut, rupanya Ryujin dan Lia kerap mendapatkan hukuman atas kebiasaan mereka, lho.

Rupanya, kedua member ITZY itu memiliki kebiasaan suka makan di studio latihan, Ma. Padahal, perusahaan telah membuat peraturan untuk tidak makan di dalam studio. Kebiasaan inilah yang membuat keduanya kerap mendapatkan banyak poin penalti.

Namun, terlepas dari poin penalti yang sering didapatkan Ryujin dan Lia saat itu, keduanya berhasil membuktikan bakat serta kerja keras mereka sehingga kini bisa sukses menjadi salah satu idol yang digemari banyak kalangan.

5. Kemampuan dan pesona Ryujin yang selalu memikat

Instagram.com/itzy.all.in.us

Ryujin menjadi salah satu member ITZY yang mendapat julukan girl crush karena pesonannya yang mampmu memikat siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Selain visual yang begitu memesona dan memikat perhatian, kemampuan yang dimilikinya juga tak kalah memukau nih, Ma.

Sebagai lead dancer dalam grup, nama Ryujin sering kali viral karena penampilan tariannya yang begitu memukau. Misalnya saja ketika ITZY melangsungkan comeback dengan lagu 'Wannabe' yang viral dengan gerakan shoulder dance mereka.

Ryujin berhasil membawakan lagu tersebut dengan gerakan tarian yang powerful hingga menjadi sorotan penggemar di jagat maya. Bahkan, pada tahun 2021 lalu, ia juga terpilih sebagai Artist of the Month Studio Choom dan membawakan cover dance lagu 'Therefore I am' milik Billie Eilish.

Hal ini yang ingin ditampilkan Ryujin kepada penggemar yang sudah mendukungnya, bahwa tak hanya memiliki visual menawan saja, tetapi bakat dan kerja kerasnya selama berkarier pun mampu menjadikan sebagai idol gen-4 yang disukai banyak kalangan.

Itulah profil Ryujin ITZY dan fakta menariknya. Semoga sosoknya bisa menginspirasi kita semua, khususnya para remaja, ya.

Baca juga:

The Latest