TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

4 Ciri-Ciri Keluarga Rukun, Materi Kerukunan Hidup Tematik Kelas 5

Hidup rukun dimulai dari lingkungan terdekat kita, yaitu keluarga

Freepik/pressfoto

Hidup rukun adalah sesuatu hal yang setiap individu harus turut serta melakukannya demi mempererat persatuan dan kesatuan. Kerukunan hidup adalah keberlangsungan hidup yang saling rukun menghormati.

Hidup rukun dimulai dari lingkungan terdekat kita, yaitu keluarga.

Keluarga yang rukun adalah keluarga yang dapat saling mengakui dan menghargai. Selain itu, keluarga rukun dapat menyelesaikan konflik yang ada di tengah-tengahnya tanpa perseteruan dan perselisihan.

Ada pula ciri-ciri keluarga rukun lainnya yang Popmama.com akan ulas di bawah ini. Simak terus, ya!

1. Membina hubungan baik

Freepik/master1305

Ciri ini berarti ingin seluruh anggota keluarganya berhubungan baik satu sama lain. Keluarga yang rukun tidak membeda-bedakan salah satu anggota keluarganya. Keluarga rukun mengingatkan dan mengajak anggota keluarganya ke jalan benar, bukan mengucilkan.

2. Saling menolong

Freepik/bearfotos

Tolong menolong merupakan hal yang lazim dilakukan sebuah keluarga. Ciri ini dapat dilakukan dengan mudah sehari-hari. Contoh, membantu Mama dengan rutin membersihkan kamar, membantu adik jika kesulitan dengan pekerjaan rumahnya, dan lain-lain.

3. Saling menghormati

Freepik

Walaupun berada dalam keluarga yang sama, sangat mungkin anggota keluarga memiliki sifat yang berbeda-beda. Maka dari itu, setiap anggota harus menghormati anggota lainnya.

4. Mengutamakan kepentingan bersama

Freepik

Anggota keluarga yang mementingkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama dapat membuat perselisihan antar anggota keluarga.

Keluarga yang rukun tidak semena-mena terwujud jika hanya satu anggota yang mengupayakan ciri-ciri keluarga rukun. Semua anggota keluarga harus berpartisipasi dalam menjaga kerukunan hukum dalam keluarga

Baca juga:

The Latest