TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Macam Tulang Anggota Gerak Bawah serta Fungsinya

Ada apa saja tulang anggota gerak bawah?

Pixabay/GDJ

Manusia memiliki 206 tulang yang menopang tubuh kita. Selain itu, tulang juga berperan sebagai alat pergerakan tubuh kita. 

Alat pergerakan tubuh dibagi menjadi alat gerak aktif dan alat gerak pasif. Alat gerak aktif pada tubuh adalah otot, sedangkan alat gerak pasifnya adalah tulang. Manusia dapat menggerakkan tubuhnya karena otot yang melekat pada tulang kita.

Lalu apa saja tulang yang berperan untuk pergerakan tubuh? Tulang yang berperan untuk pergerakan tubuh disebut dengan tulang anggota gerak. Tulang anggota gerak dibagi menjadi dua bagian; tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah. Kali ini, kita akan membahas rinci tentang tulang anggota gerak bawah saja, ya! 

Tulang anggota gerak bawah adalah tulang yang berperan untuk pergerakan dari pinggul hingga ujung jari kaki. Berjalan, berlari, menendang, dan melompat merupakan contoh tindakan-tindakan sehari-hari yang digerakkan oleh tulang anggota gerak bawah.

Ada apa saja sih tulang-tulang yang menyusun tulang anggota gerak bawah? Simak penjelasan Popmama.com tentang macam dan fungsi tulang anggota gerak bawah!

1. Tulang duduk (ischium) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Tulang duduk atau ischium adalah tulang yang berada pada belakang pinggul manusia. Bentuknya setengah lingkaran manghadap ke atas. Tulang ini merupakan satu dari tiga tulang yang termasuk dalam rangkaian gelang panggul (pelvis verilis)

Seperti namanya, tulang ini membantu manusia untuk duduk. Pada saat kita duduk, mayoritas berat badan kita ditopang oleh tulang ini. Tulang ini juga menyokong tulang punggung bagian bawah.

2. Tulang kemaluan (pubis) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Sebutan tulang kemaluan berasal dari letaknya yang berada di dekat alat kelamin manusia. Tulang ini termasuk dalam rangkaian gelang panggul.

Tulang ini berfungsi untuk menyokong dan melindungi organ reproduksi, saluran kemih, dan anus.

3. Tulang pinggul (illium) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Tulang ini berbentuk lebar seperti kipas. Saat kamu meletakkan tangan di pinggul, tulang yang kamu topangi merupakan illium. Sama dengan kedua tulang sebelumnya, tulang ini juga merupakan bagian dari rangkaian gelang panggul.

Fungsi tulang ini adalah untuk melindungi organ dalam, membentuk postur tubuh, serta menyokong berat badan kita.

4. Tulang paha (femur) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Femur adalah tulang panjang pada paha. Tulang ini berada di antara gelang panggul dan lutut.

Jika ischium menopang berat badan saat posisi duduk, femur berperan untuk menopang saat posisi berdiri. 

5. Tulang tempurung lutut (patella) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Tulang ini berukuran kecil yang berada pada bagian luar lutut manusia. Tepatnya, tulang ini berada di antara femur dan fibula/tibia.

Peran patella adalah menggerakkan lutut, melindungi sendi di lutut, serta memberikan kekuatan pada tendon pembentuk lutut.

6. Tulang kering (tibia) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Tulang ini merupakan salah satu tulang panjang yang berada di depan tungkai kaki bawah. Tibia berukuran lebih besar dibandingkan tulang di belakangnya, fibula

Tibia berukuran lebih besar karena tulang ini berperan untuk menyangga beban tubuh. Tulang ini juga memperluas kemampuan gerak pergelangan kaki.

7. Tulang betis (fibula) – 2 buah

theskeletalsystem.net

Berada di belakang tibia. Walaupun ukurannya lebih kecil dari tibia, tulang ini tetap salah satu tulang terbesar di antara tulang anggota gerak bawah.

Tulang ini merupakan tempat melekatnya otot-otot yang menggerakkan gerakan di bawah lutut. Selain fungsi pergerakan kaki, fibula juga membantu produksi sel darah merah.

8. Tulang pergelangan kaki (tarsal) – 2 pasang (7 buah perpasang)

theskeletalsystem.net

Tarsal adalah bagian tulang anggota gerak bawah yang berperan menggerakkan pergelangan kaki dari pangkal kaki hingga tumit. Tulang ini terdiri dari rangkaian 7 tulang-tulang kecil yang menghubungkan tibia/fibula dengan metatarsal. 

Mirip seperti tulang anggota gerak bawah lainnya, tulang ini juga menahan beban. Berjinjit merupakan salah satu pergerakkan yang dilakukan oleh tarsal.

9. Tulang telapak kaki (metatarsal) – 2 pasang (5 buah perpasang)

theskeletalsystem.net

Tulang ini berbentuk mendatar yang terletak di antara pergelangan kaki dan jari kaki. Rangkaian tulang ini terdiri dari 5 buah mewakili 5 jari tiap kakinya. 

Metatarsal berfungsi sebagai pendukung pergerakan kaki seperti membantu saat berlari, berjalan, dan melompat. Selain itu, tulang ini juga menjaga keseimbangan tubuh dan kaki.

10. Tulang jari kaki (phalanges) – 2 pasang (14 buah perpasang)

theskeletalsystem.net

Phalanges adalah tulang-tulang pada jari kaki kita. Setiap jari selain jempol terdiri dari 3 buah phalanx tiap jarinya. Sedangkan jempol hanya memiliki 2 buah.

Tulang ini berfungsi untuk segala pergerakkan jari kaki. Tulang ini juga sangat berperan untuk menjaga keseimbangan saat berjalan.

Itu lah macam dan fungsi tulang anggota gerak bawah. Ternyata tulang anggota gerak bawah penting, ya,untuk pergerakkan keseharianmu. 

Maka dari itu, mari lah kita sayangi tulang anggota gerak bawah kita dengan berolahraga rutin, mengonsumsi makanan yang bergizi untuk tulang, dan berjemur saat pagi hari.

Baca juga:

The Latest