TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Contoh Tanda Tangan Huruf J yang Simpel dan Keren

Yuk, ajarkan anak membuat tanda tangannya sendiri

gettyimages.com/AndreyPopov

Membuat tanda tangan merupakan hal yang harus Mama ajarkan sejak dini pada anak. Karena tanda tangan merupakan hal yang wajib setiap orang miliki dan akan berguna untuk berbagai kebutuhannya di masa yang akan mendatang.

Tanda tangan adalah sebuah tanda dalam bentuk tulisan yang digunakan sebagai penunjang atau pengesahan pada dokumen tertentu. Tanda tangan setiap orang akan berbeda-beda dan memiliki bentuknya sendiri.

Tanda tangan juga bukan merupakan hal yang bisa tiap orang buat begitu saja. Tanda tangan harus dilatih dan dibiasakan terlebih dahulu sejak usia dini. Maka dari itu sebagai orangtua, Mama harus mengajarkan anak membuat tanda tangannya sendiri.

Tanda tangan umumnya memiliki bentuk yang akan menyerupai huruf pertama dari nama panggilan seseorang. Contohnya, jika namanya berawalan huruf J, maka tanda tangannya juga akan diawali oleh huruf J.

Berikut Popmama.com telah merangkum 15 contoh tanda tangan huruf J yang simpel dan keren. Mama bisa gunakan contoh-contoh di bawah ini untuk mengajarkan anak membuat tanda tangannya sendiri.

1. Tanda tangan huruf J simpel

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Belajar membuat tanda tangan bisa dimulai dari pola-pola yang simpel terlebih dahulu. Yang terpenting anak harus terbiasa dalam membuat berbagai garis dan lekukan yang terdapat pada sebuah tanda tangan.

2. Tanda tangan huruf J rapih

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Selanjutnya anak dapat belajar membuat tanda tangan yang ukurannya pas sehingga dapat terlihat rapih saat digunakan. Tanda tangan yang rapih tidak memerlukan pola dan lekukan yang rumit.

3. Tanda tangan huruf J pendek

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan juga dapat dibuat dengan garis dan lekukan yang sedikit saja. Sehingga, anak tidak akan lebih mudah untuk belajar membuat tanda tangannya.

4. Tanda tangan huruf J panjang

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Jika si Anak sudah terbiasa membuat tanda tangan yang pendek. Cobalah untuk membuat tanda tangan yang lebih rumit dengan menambahkan beberapa garis dan lekukan sehingga tanda tangannya terlihat lebih panjang.

5. Tanda tangan huruf J nama lengkap

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan juga dapat dibuat menggunakan nama lengkap yang anak miliki sehingga ia hanya perlu membuat variasi dari huruf-huruf pada namanya. Anak bisa menggunakan nama lengkapnya atau inisial pada nama lengkapnya saja.

6. Tanda tangan huruf J nama panggilan

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Jika ingin cara yang sama tetapi dengan nama yang lebih pendek, anak juga bisa membuat tanda tangan sekedar menggunakan nama panggilannya saja. Tentunya hal ini akan lebih mudah dibanding cara sebelumnya.

7. Tanda tangan huruf J kecil

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan yang dibuat menggunakan nama dapat dimulai dengan huruf J kecil sebagai awalannya. Bentuk dari huruf J kecilnya juga dapat disesuaikan dengan keinginan si Anak.

8. Tanda tangan huruf J kapital

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Jika tidak ingin menggunakan huruf J kecil, anak juga bisa membuat tanda tangan dari namanya yang diawali dengan huruf J kapital. Bentuk dari huruf J kapital yang ingin digunakan juga dapat disesuaikan dengan keinginan anak.

9. Tanda tangan huruf J lucu

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan ini mencakup elemen-elemen lucu atau humoris seperti gambar, emotikon, atau pesan-pesan kecil yang membuatnya terlihat lebih menyenangkan. Elemen-elemen tersebut juga dapat membuat kesan dekoratif tertentu pada tanda tangan yang sudah dibuat.

10. Tanda tangan huruf J estetik

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan yang estetik merupakan tanda tangan yang menggunakan elemen-elemen yang seolah bersifat dekoratif. Bentuk tanda tangan seperti ini memang berbeda dengan kebanyakan tanda tangan pada umumnya sehingga memiliki kesan tersendiri. Tanda tangan estetik sangat cocok bila digunakan untuk beberapa karya seni seperti lukisan, ataupun foto.

11. Tanda tangan huruf J unik

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Penggunaan elemen garis dan lekukan yang dinamis membuat tanda tangan huruf J yang satu ini memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Garis-garis tersebut saling terhubung dan membentuk pola yang tak biasa.

12. Tanda tangan huruf J ikonik

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan ikonik menonjolkan ciri khas pada diri seseorang, sehingga menjadi identitas diri yang unik. Si Anak bisa membuat tanda tangan seperti ini jika ingin menonjolkan sesuatu yang sangat menggambarkan dirinya.

13. Tanda tangan huruf J sulit ditiru

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Elemen pada tanda tangan seperti ini sangat memerlukan keterampilan khusus dalam menulisnya. Tanda tangan seperti ini memiliki garis, dan lekukan yang tidak teratur.

14. Tanda tangan huruf J keren

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan yang keren merupakan tanda tangan yang dapat anak buat dengan memvariasikan ukuran, garis, dan lekukan pada huruf-huruf yang digunakan pada tanda tangannya. Sehingga, akan menghasilkan bentuk yang berbeda  dengan tanda tangan lainnya.

15. Tanda tangan huruf J garis bawah

Popmama.com/Rayhan Fairuz SA

Tanda tangan juga dapat diberi kesan yang lebih tegas dengan menambahkan sebuah garis pada bagian bawah tanda tangan. Selain mempertegas, garis yang dibuat juga memberikan variasi baru dari bentuk yang sudah dibuat pada tanda tangan.

Itulah 15 contoh tanda tangan huruf J yang simpel dan keren. Biarkan si Anak mencoba dan mengeksplor jenis tanda tangan yang ingin ia buat. Jika si Anak sudah menemukan tanda tangan yang cocok untuk dirinya, Mama hanya perlu melatihnya membuat tanda tangan tersebut secara berulang agar semakin terbiasa.

Baca juga:

The Latest