TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Game yang Bisa Mabar Offline dan Online

Yuk, mabar game-game dibawah ini bersama teman-teman

Freepik/tirachardz

Mabar merupakan singkatan dari Main Bareng. Mabar merupakan sebuah kegiatan bermain game bersama-sama entah itu dengan teman atau dengan rekan bekerja.

Istilah mabar ini kerap diucapkan oleh para gamers dan muncul pertama kali sekitar tahun 2019. Istilah Mabar juga kerap digunakan dalam permainan Free Fire, PUBG Mobile, dan Mobile Legends untuk mengajak teman atau orang lain bermain game bersama-sama.

Mabar juga kerap dilakukan oleh para gamer jika ingin pushrank, karena bermain secara solo terkadang lebih sulit. Dengan melakukan Mabar, maka potensi untuk memperoleh kemenangan menjadi lebih besar.

Maka dari itu, tak sedikit para gamers yang memainkan game kompetitif memilih untuk mabar dengan teman-temannya untuk meningkatkan ranknya atau hanya sekedar ingin bermain saja.

Jika bicara tentang game sendiri, saat ini sudah banyak sekali game yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk mabar. Mulai dari game PC, iOS, Android, dan game-game tersebut juga dapat dimainkan baik secara online maupun offline.

Kali ini Popmama.comakan memberikan rekomendasi 15 game yang bisa mabar offline dan online. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Mobile Legends

mobilelegends.com

Mobile Legends: Bang Bang atau ML merupakan game MOBA yang dirilis oleh Moontoon. Game ini bisa dimainkan di ponsel Android maupun IOS. Dalam game MOBA ini akan ada 10 pemain yang akan dibagi menjadi 2 tim.

Aturan mainnya yakni 5 vs 5. Rata-rata permainan dalam 1 game yakni sekitar 15-20 menit. Setiap pemain bisa memilih 1 hero dari puluhan daftar hero yang tersedia.

Mobile Legends merupakan game MOBA yang paling banyak digemari di Indonesia. Bahkan, banyak gamers yang memainkan Mobile Legends. Saling berlomba-lomba agar bisa mencicipi skena professional dari game ini dan menjadi atlet e-sport yang mendunia.

2. Free Fire

ff.garena.com

Free Fire adalah game yang mengusung tema game battle royale. Meskipun dikemas dengan lebih simple.

Untuk dapat memenangkan sebuah ronde di game yang satu ini, kamu tidak perlu memiliki keahlian dalam aim yang fantastis. Selain itu, tanpa adanya pintu yang kerap menghiasi bangunan serta recoil senjata yang tidak terlalu besar membuat banyak penggunanya nyaman.

Free Fire juga cukup populer dikalangan anak-anak, khususnya di Indonesia.

3. Brawl Stars

supercell.com

Brawl Stars adalah game pertempuran Third Person Shooter atau TPS yang dikembangkan oleh Supercell dan dirilis pada tahun 2018.

Di Brawl Stars, pemain bertarung melawan pemain lain atau lawan AI dalam berbagai mode permainan. Pemain dapat memilih antara karakter yang disebut Brawlers yang telah mereka buka melalui Boxes, Brawl Pass, Trophy Road, atau dibeli melalui Toko untuk digunakan dalam pertempuran.

4. DUAL!

amazon.com

DUAL! adalah game multiplayer lokal di mana dua pemain menggunakan smartphone mereka untuk bisa bermain dari satu layar ke layar lainnya. Ada berbagai mode menarik dan seru untuk dimainkan dalam game multiplayer offline ini, yaitu duel, deflect, dan defend. Kamu hanya perlu dua hp yang terkoneksi lewat Bluetooth untuk mabar di game ini.

5. Roblox

roblox.com

Roblox adalah sebuah game yang namanya mulai terangkat saat metaverse sedang viral dan booming di dunia. Game ini menawarkan dunia open world dengan konsep sandbox.

Artinya, pemain bisa menciptakan dunia virtual sendiri dengan karakter yang didesain sesuka hati. Dunia virtualnya tidak hanya bisa dinikmati sendiri, pemain lain pun dapat merasakan bahkan menjelajahinya secara langsung.

6. Valorant

vcgamers.com

Valorant merupakan game First Person Shooter atau FPS yang dikembangkan oleh Riot Games untuk Microsoft Windows. Sejak kemunculannya, game ini menarik perhatian karena permainannya yang nyata serta sangat menarik.

Valorant adalah game FPS competitive dengan mode utama pertarungan 5 v 5, Di mana kedua tim secara bergantian menjadi attackers yang bertugas untuk menanam serta meledakkan spike atau sebuah bom, dan menjadi defenders yang bertugas untuk menjaga dan menggagalkan ledakan dari spike tersebut. Masing-masing karakter juga dilengkapi skill khususnya untuk membantu menyelesaikan pertempuran.

Valorant menjadi salah satu game FPS competitive yang banyak dimainkan oleh para gamers di seluruh dunia.

7. Two Guys and Zombies

apkpure.com

Game multiplayer Android offline berjudul Two Guys and Zombies ini merupakan game zombie dalam bentuk kartun 2D, yang bisa dimainkan oleh dua orang.

Kamu dan temanmu bisa bermain game ini bersama apabila sudah saling terkoneksi melalui jaringan Bluetooth. Tentunya, kamu tidak membutuhkan kuota internet untuk mabar di game yang satu ini.

Di game Two Guys and Zombies, kamu dan temanmu akan bermain sebagai koboi dan polisi yang terjebak di tengah kota yang dikelilingi oleh zombie.

8. Dota 2

dota2.com

Dota 2 adalah game MOBA sekuel dari game DotA, sebuah mod dari Warcraft 3, di mana kamu dan empat orang lainnya harus menghancurkan markas musuh dan juga mempertahankan markas sendiri di saat yang bersamaan. Secara gameplay, Dota 2 tidak berbeda dari DotA yang asli, dan tetap menjadi salah satu game dengan kompleksitas dan learning curve yang menantang dan sulit daripada game lain dengan genre sama.

Dota 2 merupakan salah satu game moba yang sangat banyak dimainkan di dunia. Bahkan, kejuaran e-sportnya pun bisa berhadiah ratusan juta dolar.

9. Warlings 2: Total Armageddon

uptodown.com

Gunakan senjata, taktik, dan trik kotor untuk meraih kemenangan saat mabar di game berjudul Warlings 2: Total Armageddon ini! Ada enam medan perang, sekumpulan senjata, dan bertarung dengan teman di game ini. Selain seru, game ini bisa kamu unduh secara gratis.

Kamu dan temanmu bisa berkelahi di darat, di laut, atau di udara, dan banyak lagi untuk memainkan game perang multiplayer offline yang satu ini.

10. Ludo King Multiplayer

play.google.com

Siapa yang tak tahu permainan ludo? Permainan papan tersebut kini hadir dalam versi digital yang dapat dimainkan hingga 6 pemain di Android.

Game offline ini memiliki berbagai mode permainan seperti mode klasik, mode cepat, dan mode turnamen.

11. Among Us

innersloth.com

Game Among Us yang dirilis pengembang Innersloth pada 2018 ini mengajarkan pengguna untuk selalu waspada dengan orang di sekitarnya, bahkan dengan temannya sendiri.

Sebab, di game ini, selain berperan sebagai teman seperjuangan yang memiliki satu visi dan misi, atau istilahnya crewmate, kerabat mereka juga bisa saja menjadi penjahat yang sedang menyamar, alias imposto.

Objektif utama dari game ini adalah mencari para impostor yang menyamar diantara para crewmate. Impostor sendiri memiliki objektifnya sendiri, yaitu membunuh seluruh crewmate yang ada di kapal tersebut.

12. Genshin Impact

npr.org

Genshin Impact adalah game RPG besutan studio MiHoYo dan tergabung dalam HoYoVerse. Pada game ini, pemain akan mengendalikan salah satu karakter yang dapat digantikan di dalam sebuah party yang berisi 4 karakter.

Genshin Impact menawarkan beberapa negara dengan nuansa dan alur cerita yang berbeda-beda. Sehingga, dapat memberikan kebebasan berpetualang dengan grafis yang memamanjakan mata.

Beberapa dungeon yang terdapat di game ini harus diselesaikan bersama-sama dengan pemain lain agar semakin mudah.

13. Bombsquad

uptodown.com

Pada game BombSquad, kamu bisa memilih berbagai pilihan karakter menarik sebagai bajak laut, ninja, barbar, koki gila, dan banyak lagi. Untuk memainkan game ini, kamu harus merebut bendera dan lahan lawan dengan cara melempar dan meledakkan bom pada target satu per satu.

Game offline ini bisa kamu mainkan bersama teman-teman kamu apabila sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

14. UNO!

vcgamers.com

Kamu pecinta game kartu UNO!? Mau memainkan board game ini di smartphone Android kamu bersama teman-teman?

Game mabar offline yang satu ini bisa kamu mainkan dengan teman kamu dengan koneksi hotspot yang sama. Jadi buat kamu yang hobi banget main UNO! bersama temen tapi tidak memiliki kartunya, coba saja game yang satu ini.

15. Glow Hockey

amazon.com

Glow Hockey merupakan simulasi permainan arkade yang mungkin sering kamu temui di wahana bermain anak yang banyak terdapat di pusat perbelanjaan.

Misi dalam game offline yang bisa dimainkan bersama teman ini tergolong simpel. Kamu harus memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Cukup gerakkan pemukul dengan menggunakan jari, kamu harus mendorong bola maupun menahan bola yang datang ke arahmu.

Nah itulah rekomendasi 15 game yang bisa mabar offline dan online. Yuk segera ajak teman-teman mabar game-game diatas!

Baca juga:

The Latest