TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara King Faaz Mengajarkan Rafathar Mengurangi Marah, Bikin Takjub!

Jawaban dari King Faaz sukses membuat Nagita Slavina takjub dan tuai pujian warganet

YouTube.com/Rans Entertainment

Belum lama ini, King Faaz baru aja berkunjung ke rumah Rafathar di Andara. Kedatangannya tidak seorang diri, tetapi juga mengajak kedua orangtuanya, Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian, beserta kedua adik kecilnya.

Meski masih berusia 10 tahun, namun kunjungan King Faaz ke rumah Sultan Andara itu memberikan pengaruh baik untuk putra sulung Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Ia sempat mengajak Rafathar untuk salat berjamaah dan mengajarkan cara berwudu.

Selain itu, terekam momen ketika Gigi meminta Faaz untuk menasihati Rafathar agar mengurangi marah di kehidupan sehari-hari.

“Abang Faaz, tolong dong kasih tahu Rafathar, bagaimana caranya menahan emosi? Biar mengurangi marah-marah. Bagaimana sih, caranya?” tanya Gigi pada Faaz, dikutip dari kanal YouTube Rans Entertainment.

Jawaban yang dilontarkan King Faaz pun menjadi sorotan karena terdengar sangat bijaksana. Berikut Popmama.com merangkumnya dalam cara King Faaz mengajarkan Rafathar mengurangi marah.

1. Berdiam diri mengucap istigfar

YouTube.com/Rans Entertainment

Nasihat pertama yang diberikan Faaz agar Rafathar dapat mengurangi rasa marahnya adalah berdiam diri. Diam di sini bukan bermaksud mendiamkan semua orang, termasuk kedua orangtua. Tetapi lebih kepada diam mengucap kalimat istigfar sebanyak-banyaknya.

Yang pertama, benar, diam. Tapi bukan diemin semuanya. Banyak istigfar bukannya main game, bukannya nonton TV,” kata King Faaz merespons jawaban Gigi.

Amalan istigar sendiri diketahui dapat menenangkan hati dan pikiran. Ini sering dianjurkan Agama Islam sebagai salah satu cara mengendalikan emosi.

2. Berusaha sabar dalam menghadapi suatu hal

YouTube.com/Rans Entertainment

Kemudian, Faaz juga menganjurkan Rafathar untuk mengendalikan diri dengan banyak-banyak bersabar. Sabar merupakan bentuk pengendalian diri untuk mengekspresikan emosi secara tepat dan tidak berlebihan.

“Terus yang kedua, sabar!” ucap King Faaz.

Semakin tinggi tingkat kesabaran seseorang, maka orang tersebut akan mampu dengan mudah menahan marah dan emosi. Dan sebaliknya, orang yang tidak mempunyai sikap sabar justru akan sangat mudah marah bahkan dalam hal sekecil apa pun.

3. Membaca doa ketika marah

YouTube.com/Rans Entertainment

Persis seperti ajaran Rasulullah SAW, tips ketiga yang diberikan Faaz adalah membaca doa. Rasulullah mengajarkan umat Islam untuk membaca doa ketika marah. Hal ini dilakukan agar rasa marah, kesal, dan jengkel bisa mereda lantaran hati dan pikiran berserah kepada Allah.

“Yang ketiga, berdoa,” ujar King Faaz.

Mengutip daro situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), berikut bunyi doa beserta artinya yang bisa dibaca ketika hati sedang marah:

Allaahukkagh firlii dzanbii waadzhib ghaidha qalbii wa-ajirnii minasy syaitaan

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan."

4. Melakukan salat, sekalipun hanya salat sunah dua rakaat

YouTube.com/Rans Entertainment

Saran berikutnya yang diberikan Faaz kepada Rafathar dalam mengurangi marah adalah salat.

“Yang keempat, salat,” ungkap King Faaz.

Ketika dilanda perasaan marah, Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya agar segera berwudu dan mendirikan salat sunah, sekalipun hanya dua rakaat.

Tujuannya supaya kita segera diberikan Allah kekuatan untuk mengusir setan yang terbungkus dalam bentuk sikap marah dan emosi pada diri manusia.

5. Alasan seorang anak tidak boleh memarahi orangtua

YouTube.com/Rans Entertainment

Selain itu, Gigi bertanya lebih lanjut kepada Faaz alasan mengapa seorang anak tidak boleh memarahi orangtuanya.

“Kenapa sih kita nggak boleh marah-marah sama orangtua?” tanya Gigi kepada Faaz.

“Kan orangtua itu harus kita homati,” jawab Faaz tanpa ragu.

Semua jawaban yang diberikan Faaz menuai pujian dari warganet. Gigi juga tidak ada hentinya dibuat takjub usai mendengar penjelasan yang diberikan Faaz.

Banyak orang menilai Faaz tumbuh menjadi anak yang saleh, santun, dan punya pola pikir dewasa di usianya yang masih belia. Tak sedikit pula yang berharap agar Rafathar bisa tumbuh menjadi sosok bijak seperti Faaz.

Salut banget buat King Faaz!

Baca juga:

The Latest