TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa Itu Gempa Megathrust? Kemungkinan Terjadi di Indonesia

Gempa megathrust kemungkinan terjadi dan bisa mencapai lebih dari 9 Magnitudo

Freepik

Gempa megathrust adalah jenis gempa bumi yang terjadi di zona megathrust, tempat pertemuan antara kerak benua dan kerak samudra. Jenis gempa ini memiliki potensi kekuatan sangat besar, bahkan dapat mencapai 9,9 Magnitudo. 
Beberapa Waktu terakhir, banyak kabar bahwa gempa megatrust mungkin saja terjadi di Indonesia.

Kondisi mengkhawatirkan ini perlu dipahami terlebih dahulu.

Berikut Popmama.com telah merangkum fakta dan penjelasan apa itu gempa megathrust?

Fakta Gempa Megathrust

1. Apa itu gempa megathrust?

Freepik/kjpargeter

Gempa megathrust adalah jenis gempa bumi yang terjadi di zona megathrust. Gempa megathrust terjadi di zona subduksi dengan sudut tukik yang landai. Kejadian gempa ini umumnya terjadi di wilayah subduksi, di mana satu lempeng tektonik bumi didorong ke bawah lempeng lainnya.

2. Dimana posisi megathrust di Indonesia

Freepik

Di Indonesia, zona megathrust terletak di sepanjang busur kepulauan yang terbentang dari Sumatera hingga Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagian Sulawesi. 

Salah satu contoh zona megathrust yang terkenal adalah Sesar Sunda di wilayah barat Indonesia, tempat terjadinya gempa megathrust yang berpotensi menyebabkan tsunami besar. Selain itu, zona megathrust juga terdapat di Palung Jawa dan Palung Makassar di wilayah Indonesia bagian timur.

3. Apa yang membuat zona megathrust di Indonesia rentan terhadap gempa bumi?

Freepik

Zona megathrust di Indonesia rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di zona subduksi, di mana lempeng samudra tenggelam di bawah lempeng benua. Proses ini menyebabkan terjadinya gesekan antara lempeng-lempeng tersebut, yang akhirnya melepaskan energi dalam bentuk gempa bumi. 

Selain itu, aktivitas vulkanik yang tinggi di sepanjang busur kepulauan Indonesia juga turut berkontribusi terhadap potensi terjadinya gempa megathrust di wilayah tersebut. 

Kombinasi dari kedua faktor ini membuat zona megathrust di Indonesia menjadi salah satu daerah paling rentan terhadap gempa bumi dan tsunami.

4. BMKG sebut Gempa Megathrust Indonesia Tinggal Menunggu Waktu, Bisa Capai M 8,9

Freepik

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa megathrust di Indonesia tinggal menunggu waktu. Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono ketika menyinggung kekhawatiran ilmuwan Indonesia soal seismic gap Megathrust Selat Sunda dan Megathrust Mentawai-Siberut. 

Untuk diketahui, seismic gap adalah wilayah di sepanjang batas lempeng aktif yang tidak mengalami gempa besar atau gempa selama lebih dari 30 tahun.

BMKG memperkirakan, Megathrust Selat Sunda bisa memicu gempa dahsyat dengan kekuatan maksimal M 8,7 dan Megathrust Mentawai-Siberut M 8,9.

“Rilis gempa di kedua segmen megathrust ini boleh dikata 'tinggal menunggu waktu' karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar,” ujar Daryono dalam keterangan resminya, Minggu (11/8/2024).

Namun, tidak menutup kemungkinan kekuatan gempa di wilayah tersebut mencapai M 9 atau lebih. Hal tersebut bisa terjadi apabila terjadinya gempa akibat Megathrust Selat Sunda bersamaan dengan segmentasi yang berada di atasnya, yaitu Megathrust Enggano di Bengkulu dan sebelah timurnya, yaitu Megathrust Jawa Barat-Tengah. 

“Energi yang dihasilkan dari potensi gempa itu mirip dengan gempa bumi dan tsunami Aceh 2004,” jelas Widjo dikutip dari Kompas.com, Selasa (18/1/2022). 

Ia menambahkan, ada kemungkinan gempa akibat Megathrust Selat Sunda memicu tsunami yang lebih tinggi ketika gempa berkekuatan M 9,3 melanda Aceh pada 2004 silam.

5. Apa efek dari gempa megathrust bagi masyarakat di sekitarnya?

Freepik/kjpargeter

Gempa megathrust dapat memiliki efek yang sangat merusak bagi masyarakat di sekitarnya, termasuk yang berikut ini:

  • Guncangan Kuat

Guncangan yang dihasilkan oleh gempa megathrust dapat sangat kuat dan merusak bangunan serta infrastruktur di sekitarnya.

  • Tsunami

Gempa megathrust di zona subduksi sering kali diikuti oleh tsunami, gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian yang sangat tinggi dan menyebabkan banjir besar di pantai-pantai terdekat.

  • Longsor

Gempa megathrust juga dapat memicu longsor tanah dan reruntuhan, yang dapat mengancam keselamatan masyarakat di sekitarnya.

  • Kerusakan Lingkungan

Selain kerusakan fisik, gempa megathrust juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang luas, termasuk kerusakan pada ekosistem laut dan darat.

  • Korban Jiwa dan Kerugian Materi

Gempa megathrust dapat menyebabkan korban jiwa dan cedera serius bagi masyarakat di sekitarnya, serta menimbulkan kerugian materi yang besar akibat kerusakan bangunan dan harta benda.

Masyarakat di sekitar zona megathrust perlu waspada dan siap menghadapi potensi risiko yang ditimbulkan oleh gempa megathrust untuk meminimalkan dampaknya.

Itulah fakta dan penjelasan apa itu gempa megathrust yang mungkin terjadi di Indonesia. Orang dewasa maupun anak-anak harus mengetahui penjelasan dasar mengenai gempa megathrust untuk mengetahui bahayanya kondisi tersebut.

Baca juga:

The Latest