TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa itu Hasad? Penjelasan Hasad, Penyebab, dan Dampaknya Menurut Islam

Hilangkan sifat hasad untuk menjadi pribadi yang lebih positif

Freepik

Hasad adalah sifat buruk berupa rasa benci terhadap nikmat yang dimiliki orang lain, ini dapat menimbulkan berbagai penyakit hati dalam diri manusia. Contoh penyakit hatinya seperti iri hati, dengki, atau pemarah.

Sementara di dalam ajaran Islam, iri hati adalah sikap yang dilarang seperti dituangkan dalam Al Quran surah An Nisa ayat 32 yang berbunyi sebagai berikut:

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Bacaan Latin: 
Wa lā tatamannau mā faḍḍalallāhu bihī ba'ḍakum 'alā ba'ḍ(in), lir-rijāli naṣībum mimmaktasabū, wa lin-nisā'i naṣībum mimmaktasabn(a), was'alullāha min faḍlih(ī), innallāha kāna bikulli syai'in 'alīmā(n).

Artinya:
"Janganlah kamu berangan-angan (iri hati) terhadap apa yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. Bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala sesuatu."

Berikut Popmama.com menjelaskan lebih rinci apa itu hasad? penyebab hasad dan dampaknya pada seseorang?

1. Mengapa hasad dilarang dalam hukum Islam?

Freepik

Hasad yaitu rasa benci atas nikmat yang dirasakan oleh orang lain. Alasan hasad dilarang, karena orang yang mengalaminya bertujuan agar nikmat yang dimiliki orang lain tersebut hilang atau berpindah kepada dirinya.

Mengutip dari buku Studi Akhlak dalam Perspektif Al Qur’an karangan M. Yatimin Abdullah, hasad merupakan salah satu akhlak yang buruk yang benar-benar tidak ada manfaatnya.

2. Penyebab timbulnya hasad

Freepik/Racool_studio

Ada beberapa hal yang bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan ini dapat menjerumuskan seseorang. Melansir dari al-islam.org dijelaskan:

Ayat yang disebutkan dalam Al-Qur'an, Surat An-Nisa (4:54), membahas tentang kecemburuan seseorang terhadap pemberian yang diberikan Allah kepada orang lain sebagai anugerah-Nya.

Selain itu, dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Abu 'Abd Allah (al-Imam al-Sadiq), Rasulullah (saw) menyampaikan pesan dari Allah SWT kepada Musa ibn 'Imran, yang mengingatkan agar tidak merasa iri terhadap karunia yang Allah berikan kepada orang lain dengan pemberian-Nya. Allah menegaskan bahwa orang yang iri hati terhadap pemberian-Nya menunjukkan ketidakmenerimaan terhadap karunia-Nya dan bersikeras memperebutkan pemberian Allah di antara makhluk-Nya. Allah menyatakan bahwa orang yang demikian tidak termasuk di dalam-Nya dan Dia pun tidak di dalamnya.

 Berikut ini ada beberapa penyebab hasad pada diri manusia:

  • Kompetisi hingga terjadi permusuhan

Kompetisi merupakan hal yang positif, namun jika sudah berujung pada permusuhan maka akan ada pihak yang selalu tidak terima akan kekalahan yang didapatnya. 

  • Kekalahan

Rasa tidak mau kalah dan tidak bisa mengakui adanya kekurangan dalam diri yang membuat seseorang kalah, adalah hal yang sering menyebabkan timbulnya hasad pada diri seseorang.

  • Sombong

Tidak mengakui kelebihan orang lain. Merasa dirinya paling istimewa sehingga hanya dia yang layak mendapat kenikmatan. Ini juga menjadi penyebab hasad.

  • Tidak Bersyukur

Tidak mensyukuri apa saja nikmat yang dimilikinya selama ini. Selalu melihat dan menunjuk ke arah orang lain. Sibuk mengukur apa yang dimiliki orang lain, sampai lupa melihat berapa banyak nikmat yang sudah didapatkan.

  • Ketakutan dan Cinta akan Kekuasaan

Selain itu, orang yang iri hati merasa takut akan adanya hambatan dari pihak orang yang menikmati keuntungan, bakat, atau kelebihan yang bisa menghalangi tujuan yang diinginkannya. Ketakutan semacam ini muncul saat seseorang ingin memperoleh atau mempertahankan otoritas atas orang lain dengan mengharapkan bahwa tidak ada orang lain yang dapat berbagi kelebihan atau keunggulan yang dimilikinya. Sebagai contoh, seseorang yang ingin dipilih kembali sebagai pemimpin organisasi mungkin menginginkan agar tidak ada anggota lain yang menunjukkan kemampuan kepemimpinan seperti kefasihan berbicara dan efisiensi dalam organisasi dan mobilitasi.

  • Kekejaman Batiniah

Orang yang memiliki sifat keji tidak senang melihat orang lain menikmati kebaikan apa pun. Orang seperti ini selalu merespon kabar tentang kesuksesan orang lain, misalnya dalam pendidikan atau bisnis, dengan sindiran, pesimisme, dan ejekan atau dengan taktik atau perilaku tidak etis lainnya.

3. Dampak jika seseorang bersifat hasad

Freepik

Ada beberapa dampak dari sifat hasad, berikut catatan yang dikutip dari NU Online:

  • hati yang tidak tenang dan fisik yang sakit,
  • rendahnya martabat dan derajat karena tidak disenangi banyak orang,
  • sulit mendapatkan teman,
  • terakhir, dan yang paling ditakutkan, yaitu mendapatkan murkaNya Allah karena tidak memiliki sifat syukur dan melawan ketetapan-Nya.

Sebab itu, penting untuk menyadari mana sifat terpuji dan tercela sejak kecil. Hindari sifat hasad sejak anak-anak. Belajarlah bersyukur atas apa yang dimiliki dan setiap pencapaian yang ada. Jika ada terjadi kekalahan, makan bekerja dan belajar lebih keras di kesempatan selanjutnya.

Berikut tadi keterangan lebih rinci apa itu hasad? penyebab hasad dan dampaknya pada seseorang?

Baca juga:

The Latest