TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anak Wajib Tahu, Ini 7 Peran Listrik dalam Perkembangan Teknologi

Listrik dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan serta mengembangkan berbagai alat yang sudah ada

Unsplash/Claudio Schwarz

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kemampuan untuk menciptakan serta mengembangkan teknologi yang berguna untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Teknologi ini dapat lahir dari berbagai sumber energi, tergantung bagaimana seseorang memanfaatkan energi tersebut.

Salah satu sumber energi yang sering dimanfaatkan dalam menciptakan dan mengembangkan teknologi adalah listrik. Listrik diartikan sebagai suatu daya yang timbul akibat adanya pergesekan setiap ion positif dan negatif lewat proses kimia dan fisika.

Tanpa sadar, anak mungkin akan sering menemui alat-alat yang sebenarnya menggunakan listrik agar dapat menyala, misalnya ponsel, televisi, lampu, dan masih banyak lagi.

Dalam arti lain, listrik mempunyai peran penting dalam hadirnya beberapa alat teknologi tersebut sebagai bentuk perkembangan dari alat-alat yang sudah ada.

Listrik dapat menghasilkan energi listrik yang dapat diubah ke dalam bentuk energi yang lain. Hal inilah yang kemudian mendorong banyak orang untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih baru untuk mempermudah aktivitas mereka ke depannya.

Lantas, apa saja peran listrik dalam perkembangan teknologi? Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya untuk menambah wawasan anak.

1. Sumber utama media elektronik

Pixabay/Pexels

Adanya penemuan listrik melahirkan banyak bentuk teknologi, salah satunya adalah media elektronik yang membantu banyak orang untuk menyiarkan informasi dan berita kepada publik sekaligus mempermudah khalayak dalam mendapatkan informasi tersebut secara langsung.

Media elektronik yang paling sering ditemui adalah televisi dan radio. Energi listrik yang dimanfaatkan oleh media ini, yang disalurkan melalui kabel ataupun baterai, dapat menghasilkan suara pada radio dan suara sekaligus tampilan visual pada televisi.

2. Membantu penerangan cahaya

Pixabay/Pexels

Selain media elektronik, listrik juga menghasilkan lampu yang dapat menghasilkan cahaya terang. Adanya arus listrik yang dihasilkan dari sumber utamanya mengalir dari kutub positif ke kutub negatif. Ketika listrik mengalir, lampu pun akan menyala.

Hal ini membuktikan adanya perkembangan teknologi dari listrik untuk alat penerangan, yang mana pada zaman dahulu menggunakan api untuk menyalakan lilin, lampu tempel, dan petromaks untuk mendapatkan cahaya, tapi kini setiap orang sudah bisa menggunakan lampu sebagai gantinya.

3. Menjadi penggerak mesin

Unsplash/Call Me Fred

Energi gerak yang diubah dari energi listrik diaplikasikan ke dalam beberapa bentuk teknologi, termasuk pada mesin-mesin kinetik seperti blender, mesin cuci, mesin jahit, dan masih banyak lagi.

Hasil inovasi listrik dalam bidang energi gerak yang paling banyak dikenal adalah kipas angin. Energi yang dihasilkan dari arus listrik akan menggerakkan mesin dinamo berupa motor dalam kipas sehingga baling-balingnya dapat berputar.

4. Menghasilkan energi dingin

Freepik/graystudiopro1

Listrik dapat mengubah energi listrik menjadi berbagai energi lain, salah satunya adalah energi dingin. Bentuk perubahan energi ini kemudian diadopsi dalam pembentukan teknologi baru seperti kulkas dan pendingin ruangan (AC).

Aliran listrik dapat menyalakan mesin kompresor pada kulkas dan AC, yang berfungsi memompa gas refrigeran atau freon sehingga dapat menimbulkan suhu dingin. Suhu dingin inilah yang kemudian dapat dirasakan langsung oleh kulit manusia pada kedua alat tersebut.

5. Menghantarkan panas

Pixabay/Alexa

Selain energi dingin, listrik juga berperan dalam mengubah energi listrik menjadi energi panas. Proses ini dimanfaatkan ke dalam alat yang dapat menghantarkan panas seperti microwave, setrika, hingga kompor listrik.

Sebagai contoh, alat setrika dahulunya menghasilkan panas dari batu bara yang dibakar dan penggunaannya terbilang sulit. Kini, setrika dapat digunakan dengan mudah dengan mengalirkan arus listrik pada konduktor penghantar panas yang ada di lapisan bawahnya.

6. Pengisi daya barang elektrik

Unsplash/Andreas Haslinger

Laptop dan ponsel merupakan beberapa contoh teknologi yang di dalamnya menggunakan baterai berisi ion-ion yang dapat menghantarkan arus listrik sehingga dapat menyala dan digunakan.

Akan tetapi, baterai sesungguhnya tidak bertahan lama, sehingga dayanya perlu diisi. Di sinilah listrik berperan penting dalam memberikan tegangan dan arus listrik untuk mengisi daya baterai yang ada di dalam ponsel, laptop, dan barang elektrik lainnya.

7. Menjalankan alat transportasi manusia

Unsplash/dcbel

Di era modern, perkembangan teknologi semakin maju. Bentuk teknologi yang saat ini sedang populer dan masih dikembangkan adalah transportasi listrik. Ini membuktikan bahwa peran listrik di dalam perkembangan teknologi semakin besar.

Biasanya, kendaraan seperti mobil dan motor bisa bergerak melalui proses pembakaran bensin yang membuat mesin di dalamnya menyala. Namun, mobil dan kendaraan berlistrik lainnya memanfaatkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak untuk menyalakan mesinnya yang disebut alternator.

Itulah beberapa peran listrik dalam perkembangan teknologi yang wajib diketahui anak. Dari sini, anak bisa menyadari bahwa listrik sangat berperan penting dalam melahirkan berbagai alat teknologi yang sering digunakan hingga saat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

The Latest