TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penuh Imajinasi, Inilah 10 Fakta Menarik di Balik Film IF 2024

Film menggemaskan yang cocok untuk orang dewasa dan anak

Mengisi waktu liburan dengan menonton film seru di bioskop bersama anak-anak rasanya akan menjadi pengalaman keluarga yang seru. Apalagi jika film yang ditawarkan cocok untuk ditonton anak-anak ataupun orang dewasa. 

Baru-baru ini ada film terbaru yang rilis di bioskop yang ramah anak-anak lho. Film tersebut berjudul IF atau Imaginary Friends. Film terbaru karya syutradara John Krasinksi. 

Film ini menggambarkan dunia dimana teman khayalan anak-anak bisa hidup dan memiliki kesadaran sendiri. Mereka dapat berinteraksi dan menunjukkan perasaan mereka. Terdengar menarik bukan?

Kalau kamu tertarik, simak fakta menarik di balik film IF 2024 hanya di Popmama.com!

1. Sinopsis film IF

imdb.com

IF: Imaginary Friends berkisah mengenai seorang anak bernama Bea yang menutup dirinya akibat kehilangan sang Mama yang meninggal karena penyakit kanker. Bea yang masih berusia 12 tahun terpaksa pindah dan tinggal bersama neneknya selama ayahnya menjalani operasi. 

Di sana, ia memiliki kemampuan melihat dan berinteraksi dengan mahluk-mahluk imajinasi dan penjaganya yang bernama Calvin atau Cal. 

Calvin sendiri digambarkan sebagai pria dewasa yang membantu para teman imajinasi yang kini terbengkalai karena anak yang menciptakannya dahulu telah tumbuh dewasa. Untuk itu Bea dan Calvin bekerja sama untuk mencarikan rumah baru bagi para sahabat imajinasi ini. 

2. Film dimana mahluk imajinasi aneh menjadi hidup

imdb.com

Film IF memiliki segudang sahabat imajinasi anak yang digambarkan dengan unik dan aneh, dari buaya berwarna pink, gelas yang hidup, pensil, dan masih banyaka yang lainnya. Masing-masing mahluk khayalan ini memiliki bentuk yang lucu dan karakteristik yang menghibur.

Tapi berbeda dari film-film Disney, mahluk-mahluk ini tidak hidup di alam yang khusus. Mereka tinggal di kota new York yang modern lho. 

3. Arti judul film IF

imdb.com

Film IF memiliki judul yang unik lho. Kata "if" dalam judul bukan berarti "jika/kalau" seperti terjemahan bahasanya. 

IF di dalam judul merupakan akronim dari kata "imaginary friend" yang menggambarkan tema film ini dimana sahabat imajinasi anak bisa hidup dengan bebas. 

4. Film animasi Pixar yang hidup!

imdb.com

Dalam sebuah wawancara, syutadara John Krasinski menggambarkan film ini sebagai film live action Pixar. Jika diperhatikan dari mahluk-mahluk fantasi yang hadir di film ini rasanya kita bisa setuju. Bagaimana tidak semua digambarkan unik dan lucu, seperti keluar dari film animasinya Pixar. 

5. Disyutradarai oleh pencipta film A Quiet Place

imdb.com

Jika kamu tidak merasa asing, nama syutradara John Krasinski yang membuat film ini sebenarnya dikenal sebagai aktor dan syutradara dari film horor terkenal lho. 

John Krasinksi sendiri merupakan aktor ternama yang memerankan serial TV The Office, ia juga pernah memainkan karakter Mr. Fantastic di film Dr. Strange in The Multiverse of Madness. 

Ia juga dikenal sebagai syutradara film A Quiet Place yang mengisahkan monster mengerikan yang peka terhadap suara. 

 

6. Pertemuan kembali Bobby Moynihan and John Krasinski

imdb.com

Salah satu pengisi suara lainnya dari imagnary friends di film ini adalah Bobby Moynihan. Siapa sangka jika film ini menjadi ajang pertemuan kembali Bobby Moynihan dengan John Krasinski dalam waktu yang lama. 

Pada tahun 2013, Bobby dan John berperan dalam film animasi berjudul Monster University. Dimana John berperan sebagai Frank McKay dan Bobby berperan sebagai Chet. 

7. Dipenuhi pengisi suara papan atas!

imdb.com

Di samping ceritanya, film IF, menjadi menarik karena dipenuhi dengan nama-nama aktor berkelas lho. 

Sebut saja seperti Bradley Cooper yang dikenal sebagai pengisi suara Rocket Racoon dari Guardians of the Galaxy series. Ada juga Steve Carell yang berperan sebagai karakter ikonik, Gru di seri film Despicable Me. Atau Keegan-Michael Key, komedian yang memerankan banyak film anak seperti  The Lion King (2019), Chip 'n Dale: Rescue Rangers (2022) and Pinocchio (2022). 

8. Karakter Keith yang diperankan oleh Brad pitt

imdb.com

Di film ini ada satu karakter imaginary friends yang bernama Keith, ia digambarkan sebagai karakter yang tak kasat mata dan tidak memiliki dialog apapun. 

Pada list credit di akhir film, nama Brad Pitt disematkan kepada tokoh ini sebagai salah satu cadaan di film Deadpool 2 (2018) dimana Brad Pitt memerankan karakter tak kasat mata selama beberapa detik saja. 

9. Cocok untuk anak-anak dan dewasa

imdb.com

Film IF: Imaginary Friends cocok untuk disaksikan oleh anak-anak dan orang dewasa. Film ini sendiri ditargetkan untuk semua umur dengan premis yang menarik. 

Dua tokoh utamanya, Bea dan Cal tampil kompak dalam menjalankan misi mereka. Aksi komedi Cal juga menghadirkan banyak nuansa komedi yang lucu dan menghibur. 

Bagi anak-anak film ini dipenuhi dengan sosok maskot lucu dan menggemaskan. Belum lagi kisahnya yang hangat dikemas dari sudut pandang anak dalam karakter Bea. 

Sedangkan bagi orang dewasa, film ini memberikan pesan jika tidak masalah bagi orang dewasa memperlihatkan sisi kanak-kanak dalam berbagai hal. Bahkan film juga juga memberikan beberapa momen yang lebih mengharukan dan menghanyutkan bagi para penonton dewasa. 

10. Sedikit spoiler yang menarik!

imdb.com

Sosok Cal atau Calvin yang diperankan oleh Ryan Reynolds ternyata merupakan sahabat imajinasi milik Bea. Cal menjadi satu-satunya IF yang tidak dianimasikan. 

Kamu dapat menyadari jika Cal adalah seorang teman imajinasi dari sosoknya yang tidak pernah berinteraksi dengan manusia lain kecuali Bea. 

Sosok Calvin sendiri dibuat berdasarkan referensi salah satu karakter komik "Calvin and Hobbes" karangan Bill Watterson mengenai seorang anak laki-laki dengan teman imajinasinya yang merupakan boneka harimau. 

Itulah pembahasan 10 hal menarik di balik film IF! Sudah nonton filmnya belum?

Baca juga:

Topic:

The Latest