TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Donghua Terbaru yang Wajib Kamu Tonton

Kamu sudah nonton belum?

wikianime.tv

Setiap tahun, hal apa sih yang membuatmu bersemangat? Sekolah? Game baru? Atau judul donghua baru yang siap kamu tonton?

Tidak heran sih, karena ada banyak donghua seru yang menantimu. Donghua punya cerita yang seru, animasi yang keren, dan tentunya cast dan karakter menarik. Khususnya apabila kamu senang menoton donghua dan sudah mengikuti beberapa judul terbaiknya. 

Beberapa judul donghua terbaru ini hadir dalam berbagai genre, mulai dari romance hingga genre action yang pastinya seru. 

Penasaran? Popmama.com sudah merangkum 10 judul donghua terbaru untukmu. Cek selengkapnya di bawah!

1. Lian Qi Lianle 300 Nian (I Have Refined Qi for 3000 Years!)

the1za.com

Donghua terbaru ini diadaptasi dari sebuah novel populer dengan judul yang sama. Lian Qi Lianle 300 Nian membawakan kisah yang segar, khususnya bagi cerita bertema martial arts.

Lian Qi Lianle 300 Nian mengisahkan seorang Bai Qiuran yang menjadi murid dari Qingming. Ia memiliki potensi yang besar sebagai seorang pengguna Qi. 

Bai Quiran terus-menerus berlatih hingga 3000 tahun dan menjadikannya sangat sangat kuat. Di luar imajinasi orang-orang. 

Mengetahui kekuatannya sudah berkembang amat jauh, Bai Quiran memutuskan turun dari gunung dan menemukan sesuatu yang menarik baginya. 

2. Xing Yu Siwan Nian (Forty Millenniums of Cultivation)

donghuanosekai.com

Li Yao hidup dan lahir di sebuah temapt bernama Special Waste Treatment Plant No. 23. Ia menghabiskan masa kecilnya di sana, hingga suatu waktu ia bertemu seorang pria tua yang mengajari cara menghaluskan artefak dan memulai mimpinya untuk menjadi Master Refiner. 

Selepas kematian pria tua, Lin Yao mendapatkan Black Wing. Kemudian ia masuk menjadi murid di sebuah sekolah bernama Crimson Nimbus Second hingga berteman dengan Meng Jiang.

Li Yao peduli kepada orang-orang kecil dan memiliki rasa humanis yang tinggi di dalam dirinya. Ia juga memiliki rasa nasionalitas yang tinggi kepada Star Glory Federation dengan ideologinya yang bersahabat dengan orang-orang kecil. 

3. Shi Yi Chang An: Mingyue Jishi You (Memory of Chang'an)

Twitter/@KawaiiNekoteam1

Rekomendasi donghua terbaru berikutnya bergenre romance dan merupakan salah satu yang terbaik. 

Shi Yi Chang An: Mingyue Jishi You atau yang dikenal dengan Memory of Chang'an membawa kita kembali ke China era dahulu, kali ini dengan kisah cinta yang erat tema politiknya. 

Putri Ming Yue and Pangeran Kesembilan bernama Li Qiang terpaksa menikah untuk menjaga perdamaian kedua kerajaan. 

Namun sayangnya, tidak semua berjalan sesuai dengan rencana Putri Ming Yue. Karena ada beberapa yang berencana untuk menjatuhkannya dan keluarga kerajaannya. 

4. Shikong Zhi Xi (Rift)

bilibili.tv

Shikong Zhi Xi atau yang dikenal dengan judul Rift adalah donghua aksi dan fantasi yang memiliki animasi yang halus dengan beberapa karakter yang menarik. 

Shikong Zhi Xi sendiri mengisahkan mengenai dunia yang tidak stabil. Energi yang tidak stabil dari dunia dan alam alternatif membuka celah ruang dan waktu. 

Ini mengakibatkan monster dari dunia lain masuk ke bumi. Untuk menghentikan serangan monster yang liar, sekelompok orang dipilih untuk melangkah maju dan bertarung melawan monster untuk melindungi dunia dari bahaya. 

5. Yi Nian Yong Heng​​​​​​​ (A Will Eternal)

Youtube/HvH Chinese Drama

Yi Nian Yong Heng adalah salah satu donghua yang panjang, sebanyak 52 episode. Cocok untukmu yang senang nonton seri atau anime longrun

Berdasarkan novel dengan nama yang sama, Yi Nian Yong Heng mengikuti certa Bai Xiaochun, seorang pemuda desa biasa yang pergi mencari kebadian setelah kematian kedua orangtuanya. 

Bai Xiaochun sendiri merupakan seorang pewaris teknik Undying Live-Forever hingga akhirnya mendapatkan gelar Arch-Ancestor an berkuasa di Arch-Emperor Dynasty dari Heavenspan World. 

Kira-kira bagaimana ya kelanjutan petualangan Bai Xiaochun mencari keabadaian? Akankah ia berhasil mewujudkan impiannya?

6. Xiao Mo Tou Baolu La! (Busted! Darklord)

Youtube/Kechio

Donghua lain yang diproduksi oleh BiliBili, Xiao Mo Tou Baolu La! atau yang dikenal dengan Busted! Darklord merupakan donghua action, adventure, dan comedy yang menghibur. 

Untuk bertahan hidup, Yu Renjie, putra dari raja iblis diperintahkan untuk masuk ke dalam sekolah pahlawan yang hanya menerima murid-murid yang terhormat dan jujur. 

Tujuannya hanya untuk mendapatkan Hero's Certificate yang dapat memberikan legitimasi kepada para iblis. 

Namun misi ini sangat berbahaya, karena jika ketahuan sebagai seorang iblis, kesatria terhormat bisa saja langsung membunuh Yu Renjie di tempat. Waduh bisa tidak ya Yu Renjie menjalankan misinya?

7. Da Wang Rao Ming (Spare Me, Great Lord!)

themarketactivity.com

Da Wang Rao Ming menceritakan seorang anak yatim piatu bernama Lu Shu. Ia bukan sembarang anak, Lu Shu ternyata adalah seorang metahuman, manusia berkemampuan istimewa. 

Dengan kekuatan yang dimilikinya, Lu Shu memulai perjalanannya untuk megasah kemampuan bersama saudara perempuannya, Lu Xiaoyu yang menggemaskan dan berkarisma. 

Sepanjang perjalanan, mereka akan berhadapan dengan banyak sekali kejadian supernatural, bahkan lawan yang kuat termasuk orang-orang hebat di negara mereka tinggal. 

Da Wang Rao Ming bukan donghua yang sempurna, namun desain dan artwork donghua ini terbilang salah satu yang terbaik. 

8. (Zanting! Rang Wo Cha GongluePause! Let Me Check the Walkthrough First)

simkl.com

Donghua baru berjudul Zanting! Rang Wo Cha Gonglue adalah hasil kolaborasi antara BiliBili dengan Kung Fu Frog co-production. Dan merupakan anime web yang debut bertepatan dengan bulan musim semi di China. 

Zanting! Rang Wo Cha Gonglue membawakan kisah bertema isekai. Dikisahkan suatu hari seorang pekerja kantoran bernama Liu Yinuo masuk ke dalam dunia game akibat proses summon yang salah.

Untuk kembali ke dunia nyata, Liu Yinuo perlu membantu Tian Enya untuk menyelamatkan dunia. Tentunya dengan mengajarinya mekanisme dan skill untuk menamatkan game tersebut. 

Yinuo yang pada awalnya memang seorang gamer merasa bahagia mendapatkan kesempatan ini. Terbukti dari perkembangan Enya yang semakin berani dan dapat diandalkan. 

9. Zhongguo Qi Tan (Yao-Chinese Folktales)

globaltimes.cn

Ada yang unik dari donghua satu ini. Selain animasinya yang dibuat mirip lukisan tradisional China, donghua Zhongguo Qi Tan menjadi koleksi dari film animasi pendek yang dikejarkan oleh Shanghai Animation Film Studio. 

Donghua Zhongguo Qi Tan menjadi cukup populer di negara tirai bambu sendiri. Donghua ini mengangkat 8 kisah tradisional yang dikemas dengan animasi yang memanjakan mata. 

Setiap kisah yang dibawakan oleh direktor yang berbeda dengan gaya animasinya masing-masing dalam waktu sekitar 10-15 menitan. Masing-masing episodenya juga memiliki aspek musik, visual, dan pacing yang berbeda.

10. Guan Miao Shenmeshi (My Cat Hates Me)

shikimori.one

Ini dia salah satu donghua dengan cerita sederhana yang relate dengan kehidupan sehari-hari kita. Sebuah donghua original dari Blibli dan studio Space Shell.

Sesuai judulnya, Guan Miao Shenmeshi mengisahkan seorang penulis manga muda yang kesulitan mendapatkan inspirasi sehingga memutuskan untuk mengadopsi dua hewan peliharaan, seekor kucing bernama Huanghuang, dan seekor anjing bernama Bazahei. 

Kedua hewan peliharaan baru ini memberikan kehidupan baru pada sang mangaka. Meski begitu ada saja momen dan masalah yang terjadi akibat iulah duo kucing dan anjing ini. 

Ada judul donghua terbaru lagi yang kamu nanti-nanti? Tulis di kolom komentar ya!

Baca juga:

 

The Latest