TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan, Yuk Ajak Anak Kenali Tubuhnya

Seberapa penting peran tulang pergelangan tangan kita, ya?

Freepik/KamranAydinov

Mungkin kamu pernah melihat kerangka buatan di ruang dokter ketika kamu memeriksakan kesehatanmu atau di laboratorium sekolah. Kadang, kerangka itu tampak mengerikan, tapi sebenarnya itu adalah kita, lho.

Setiap orang memiliki kerangka. Kerangka sendiri terdiri dari banyak tulang dari telapak kaki hingga ujung kepala.

Secara keseluruhan, tulang berfungsi untuk memberikan struktur pada tubuh kita dan membuat kita bisa bergerak. Tulang juga berfungsi untuk melindungi organ-organ di dalam tubuh kita.

Jumlah tulang dalam tubuh orang dewasa ada 206 dan semuanya sangatlah penting. Di antara sekian banyak tulang dalam tubuh kita, ada bagian yang sering kita lupakan, tapi selalu kita gunakan setiap hari, lho.

Bagian itu adalah tulang pergelangan tangan. Jika tulang ini sakit, kita bisa kesulitan untuk melakukan kegiatan kita sehari-hari. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar merawat tulang pergelangan tangan.

Untuk itu, kita perlu mengenal tulang pergelangan tangan lebih dalam. Bagaimana anatomi tulang pergelangan tangan? Apa saja fungsi pergelangan tangan? Apa saja penyakit yang dapat menyerang tulang pergelangan tangan?

Yuk, simak informasi mengenai fungsi tulang pergelangan tangan yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Anatomi tulang pergelangan tangan

Freepik/channarongsds

Coba perhatikan tanganmu. Letak tulang pergelangan tangan adalah di antara telapak tangan dan lengan bawahmu.

Dilansir dari laman healthline.com, pergelangan tangan kita terdiri dari 8 tulang kecil yang disebut tulang karpal atau karpus. Tulang-tulang ini menggabungkan tanganmu dengan 2 tulang panjang di lengan bawahmu yang disebut radius dan ulna.

Tidak seperti tulang lain yang berbentuk panjang, tulang karpal memiliki bentuk yang unik. Tulang karpal berbentuk persegi kecil, oval, dan segitiga.

Karena bentuknya yang seperti ini, tangan dan pergelangan tangan kita jadi kuat dan fleksibel. Tangan kita bisa melakukan banyak gerakan karenanya.

Kedelapan tulang karpal memiliki namanya masing-masing, lho. Yuk, kenalan dengan tulang-tulang karpal.

  • Scaphoid: merupakan tulang panjang berbentuk seperti perahu yang terletak di bawah ibu jari.
  • Lunate: merupakan tulang berbentuk seperti bulan sabit yang terletak di samping scaphoid.
  • Trapezium: merupakan tulang berbentuk bujur sangkar yang terletak di atas scaphoid dan di bawah ibu jari.
  • Trapezoid: merupakan tulang berbentuk baji yang terletak di samping trapezium.
  • Capitate: merupakan tulang berbentuk oval yang terletak di tengah pergelangan tangan.
  • Hamate: merupakan tulang yang terletak di bawah jari kelingking.
  • Triquetrum: merupakan tulang berbentuk piramida yang terletak di bawah hamate.
  • Pisiform: merupakan tulang berbentuk bulat kecil yang terletak di atas triquetrum.

2. Fungsi tulang pergelangan tangan

Freepik/pongpongching

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tanpa kita sadari, tulang pergelangan tangan selalu kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Nah, apa ya fungsinya? Yuk, kenali fungsi tulang pergelangan tangan berikut ini.

Menghubungkan tangan dengan tulang lengan bawah

Tulang pergelangan tangan juga berfungsi untuk menghubungkan tangan dengan tulang lengan bawah karena terletak di antara keduanya. Tulang karpal terletak tepat di antara tulang radius dan ulna dengan tulang metacarpal.

Tangan terdiri dari tulang-tulang jari (proximal phalanx, middle phalanx, dan distal phalanx) dan tulang metacarpal (tulang-tulang memanjang yang terletak di telapak tangan). Sedangkan lengan bawah kita terdiri dari tulang radius dan ulna.

Membantu menggerakkan pergelangan tangan

Dilansir dari laman en.wikipedia.org, setiap tulang karpal memiliki mobilitas yang dapat meningkatkan kebebasan pergelangan tangan dalam bergerak, lho. Pergerakan pergelangan tangan kita bisa fleksibel karena peran dari tulang karpal.

Coba bayangkan jika tulang karpal hanya terdiri dari 2 tulang besar atau bahkan tidak punya tulang karpal. Tangan dan pergelangan tangan kita tidak akan bisa bergerak bebas seperti sekarang.

Membantu menggerakkan jari

Selain membantu pergerakan pergelangan tangan, tulang pergelangan tangan pun berfungsi untuk membantu menggerakkan jari-jari tangan kita, lho. Jari-jari kita bisa digerakkan ke kiri, kanan, depan, dan belakang karena peran tulang pergelangan tangan juga.

Tempat melekatnya otot dan jaringan halus

Di tulang pergelangan tangan, melekat otot dan jaringan-jaringan halus juga, lho. Ada tendon, saraf, pembuluh darah, dan ligamen.

Jaringan-jaringan ini gunanya untuk membantu pergerakan, sensasi, dan penyaluran nutrisi ke tangan kita.

3. Penyakit yang dapat menyerang tulang pergelangan tangan

Freepik/kjpargeter

Walaupun kuat, tulang pergelangan tangan kita juga bisa sakit kalau kita tidak berhati-hati, lho. Di bawah ini adalah penyakit-penyakit yang bisa menyerang tulang pergelangan tangan, dilansir dari laman healthline.com.

Keseleo

Pergelangan tangan kita bisa keseleo akibat kita meregangkannya terlalu jauh atau membawa sesuatu yang berat. Keseleo terjadi karena ada kerusakan pada ligamen.

Bagian pergelangan tangan yang paling umum terkena keseleo adalah di sendi ulnocarpal. Ini adalah sendi di antara tulang lengan dan tulang pergelangan tangan di sisi jari kelingking tangan.

Sindrom impaksi

Sindrom impaksi disebut juga ulnocarpal abutment. Penyakit ini terjadi ketika tulang ulna sedikit lebih panjang dari radius, sehingga sendi ulnocarpal antara tulang ini dan tulang pergelangan tangan jadi kurang stabil.

Sindrom impaksi bisa menyebabkan kontak antara tulang ulna dan tulang karpal meningkat. Akibatnya, muncul rasa sakit dan melemah.

Sakit radang sendi

Pergelangan tangan juga bisa mengalami radang sendi atau arthritis. Radang sendi terjadi karena aus atau cedera pada pergelangan tangan. Penyakit ini bisa terjadi hanya di salah satu sendi pergelangan tangan.

Patah tulang (fraktur)

Salah satu tulang di tangan kita bisa mengalami fraktur akibat jatuh atau cedera lainnya, lho. Jenis fraktur yang paling umum di pergelangan tangan adalah fraktur radius distal. Fraktur scaphoid juga sering terjadi.

Cedera stres berulang

Melakukan pergerakan yang sama berulang kali dalam waktu lama dengan tangan dan pergelangan tangan kita bisa mengakibatkan cedera, lho. Contohnya, mengetik, menulis, menggambar komik, dan bermain tenis.

Kegiatan yang seperti ini bisa menyebabkan pembengkakan, mati rasa, dan nyeri di pergelangan tangan dan tangan kita. Tidak heran jika banyak orang dewasa mengalami penyakit ini ketika bekerja.

Itulah informasi mengenai tulang pergelangan tangan dan fungsinya. Ternyata, tulang-tulang yang kecil di pergelangan tangan kita sangat penting, ya? Semoga informasi di atas membantumu menambah wawasan tentang tubuhmu.

Baca juga:

The Latest