TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya, Materi IPA Kleas 4 SD

Seru banget, belajar tentang hal yang dekat dengan keseharian!

Pixabay/nidan

Seperti layaknya manusia, tumbuhan juga memiliki bagian tubuh dan fungsinya masing-masing. Tumbuhan yang sehat, tentu akan berpengaruh pada bagian tubuhnya yang mampu menjalankan perannya dengan optimal.

Mengenal bagian tubuh tumbuhan menjadi salah satu materi pembelajaran IPA untuk si Kecil yang duduk di kelas 4 SD. Tentu akan semakin baik dan optimal, jika Mama dan Papa membantu si Kecil mengenali bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya.

Bersama Popmama.com, yuk kita kenali lagi apa saja bagian tubuh tumbuhan dan juga fungsinya, serta apa manfaatnya untuk keberlangsungan hidup manusia.

1. Akar

Pexels/Karolina Kaboompics

Akar, adalah bagian tubuh tumbuhan yang terletak di bagian dasar dan tertanam di tanah. Namun, akar sendiri dibagi menjadi 2, yaitu bagian dalam dan bagian luar. ​​Akar bagian luar terdiri dari tudung akar, rambut akar, dan titik tumbuh. Sementara akar bagian dalam terdiri dari epidermis, korteks, endodermis, silinder.

Meski tidak terlihat, namun akar mempunyai peran yang cukup besar, yaitu menyerap air dari tanah untuk keberlangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Selain itu, akar juga berperan untuk mengangkut unsur hara, menjadi jalur masuknya air dan nutrisi, menyimpan cadangan makanan, dan menjadi penopang bagi tumbuhan tersebut.

2. Batang

Pexels/Diana

Bukan cuma akar yang memiliki fungsi untuk menopang tumbuhan, batang juga memiliki fungsi yang sama. Batang juga menjadi tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah yang tentu punya manfaat sangat besar bagi manusia.

Selain itu, batang yang kuat dari tumbuhan tertentu bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menjadi bahan baku pembuatan furniture seperti meja, kursi, dan lemari yang dibuat dari kayu jati.

Ada pula manfaat lain batang adalah sebagai bahan untuk penyangga rumah, dan juga sebagai bahan dasar karya seni. Pada tumbuhan tertentu, batangnya juga bisa dikonsumsi dan diolah makanan sehari-hari. Seperti batang tebu, ubi jalar, dan masih banyak lagi.

3. Daun

Pexels/Caleb Kwok

Jika ditanya apa bagian tubuh tumbuhan yang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari, bisa jadi salah satu jawabannya adalah daun. Bagian tubuh tumbuhan satu ini punya peran yang cukup besar.

Proses fotosintesis, yaitu terjadinya pertukaran karbon dioksida dan air menjadi oksigen terjadi di daun. Seperti yang kita tahu, oksigen adalah zat utama yang membantu kehidupan manusia dan hewan. Jadi, nggak heran jika di daerah yang rindang dan lengkap dengan pohon dan daun, udaranya jauh lebih sejuk.

Bagi tumbuhan, proses bernafas tumbuhan juga terjadi di daun, karena stomata terdapat di jaringan daun. Stomata yang ada di jaringan epidermis daun, memiliki fungsi membuka dan menutup sesuai dengan kondisi lingkungan.

Nggak nyangka ya, besar banget manfaatnya daun!

4. Bunga

Pexels/Raashid Ahamed

Bagi manusia, bunga pada tumbuhan bisa memiliki banyak manfaat dan banyak makna. Semakin unik dan sulit didapatkan, bunga juga bisa memiliki harga yang semakin mahal.

Bukan cuma sebagai sesuatu yang membuat tumbuhan tampak indah. Bunga pada tumbuhan memiliki fungsi sebagai organ reproduksi dan tempat terjadinya pembuahan tanaman.

5. Biji

Pexels/Igor Haritanovich

Satu lagi, bagian tubuh tumbuhan yang memiliki manfaat besar. Biji pada tumbuhan memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan, alat perkembangbiakan, dan membentuk tumbuhan baru.

Sementara itu, manusia akan memanfaatkan biji tumbuhan sebagai bibit tanaman atau bahan konsumsi seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.

Semua biji tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai bibit, karena fungsinya sebagai tempat perkembangbiakkan dan pembentuk tumbuhan baru.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia juga sudah banyak memanfaatkan biji tumbuhan. Seperti, biji kopi, kacang polong, kacang tanah, dan masih banyak lagi.

Sama seperti manusia, jika mendapat makanan dan vitamin yang cukup serta baik, bagian tubuh tumbuhan juga akan bekerja dengan maksimal. Dari sinilah, simbiosis mutualisme antara manusia dan tumbuhan terjadi.

Seru banget ya Ma. Semoga si Kecil juga semangat dalam belajar hal pelajaran IPA.

Baca juga:

The Latest