TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksperimen Sains Muncul Kembang Api di Dalam Air

Alat dan bahan yang digunakan bisa ditemukan di dapur

Freepik/freepik

Ada beraneka macam eksperimen sains yang bisa dilakukan di rumah, dan menggunakan peralatan yang sederhana. Salah satunya, adalah membuat kembang api di dalam gelas. Wah, seru banget nih!

Kalau biasanya kembang api menyala di langit, seperti apa ya hasilnya kalau kembang api muncul di dalam gelas? Peralatan dan bahan apa aja yang dibutuhkan agar eksperimen ini berhasil? Terinspirasi dari akun Instagram.com/idebermainkenan , yuk kita coba eksperimen satu ini!

Buat yang udah penasaran, Popmama.com  siap mengajak Mama dan si Kecil untuk membuat eksperimen sains kembang api di dalam air. Yuk, kita mulai siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan!

Alat dan Bahan

Unsplash/manu schwendener

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat eksperimen ini terbilang cukup sederhana, dan bisa ditemukan di dapur, yaitu:

  • Toples bening yang diisi air secukupnya
  • Empat pewarna makanan (bisa pilih yang aman untuk anak) atau lebih, bisa disesuaikan keinginan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Wadah kecil untuk minyak goreng
  • Stik atau gagang kayu untuk mengaduk

Agar lebih fun, ajaklah si Kecil ikut menyiapkan alat dan bahan sejak awal. Mama juga bisa membebaskan si Kecil memilih pewarna makanan sesuai dengan warna favoritnya.

Cara Bereksperimen

Instagram.com/idebermainkenan

Setelah semua alat dan bahan lengkap dan siap digunakan, Mama dan si Kecil bisa langsung mengikuti step by step di bawah ini ya!

  1. Masukkan minyak goreng di wadah kecil yang telah disiapkan
  2. Tuangkan pewarna makanan satu per satu ke dalam minyak goreng
  3. Jika semua pewarna makanan telah masuk, aduk perlahan hingga tercampur
  4. Tuang campuran minyak goreng berisi pewarna makanan ke dalam toples berisi air
  5. Diamkan sejenak, hingga pewarna makanan terurai dari minyak goreng dan terlihat seperti kembang api

Mama dan si Kecil bisa mengamati bersama saat pewarna mulai terurai dari minyak goreng, dan susunan warna tersebut, tampak seperti kembang api. Bedanya, ini di dalam air!

Penjelasan

Instagram.com/idebermainkenan

Akun Instagram.com/idebermainkenan menjelaskan mengapa pewarna makanan yang dicampur dengan minyak mampu terurai di dalam air.

Seperti yang kita tahu, bahwa minyak dan air adalah dua benda yang tidak dapat bersatu, karena memiliki sifat molekul yang berbeda.

Sementara itu, pewarna makanan adalah zat yang mampu larut dalam air, namun tidak dalam minyak. Saat pewarna makanan dicampur dan diaduk dengan minyak, artinya Mama sedang memecah tetesan warna.

Minyak memiliki massa yang lebih ringan dibanding air, itulah mengapa ia akan mengapung di bagian toples. Saat pewarna makanan tenggelam ke dasar minyak, maka akan bercampur dengan air.

Saat proses ini terjadi, warna akan berdifusi keluar saat pewarna makanan lebih berat jatuh ke bawah, dan menyebabkan munculnya percikan warna yang tampak seperti kembang api. Gimana, keren kan?

Itu tadi satu dari sekian banyak eksperimen sains yang sederhana, dan bisa dilakukan di rumah. Bukan sekadar bermain, tapi juga menambah wawasan si Kecil. Next, bikin eksperimen apalagi ya Ma?

Baca juga:

The Latest