TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anak SD Dilecehkan Seorang Kakek Paruh Baya di Jakarta Timur

Pelecehan seksual dilakukan oleh kakek berusia 72 tahun sebagai tukang service sofa keliling

Popmama.com/Aristika Medinasari

Belakangan ini aksi pelecehan seksual pada anak-anak kerap kali terjadi. Lingkungan yang seharusnya memberikan kenyamanan pada anak sangat berpotensi menjadi sumber terjadinya pelecehan seksual.

Pelecehan seksual dapat terjadi dimana saja, baik di instansi pendidikan, di dalam keluarga, ataupun masyarakat sekitar. Baru-baru ini terjadi aksi pelecehan seksual yang dilakukan oleh kakek paruh baya berusia 72 tahun kepada anak sekolah dasar berusia 7 tahun.

Aksi tersebut terekam jelas oleh CCTV yang terletak di sebuah gang sempit daerah Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Untuk mengetahui informasinya secara lebih rinci, Popmama.com telah merangkum berita anak SD yang dilecehkan kakek paruh baya dalam poin berikut ini.

1. Kronologi kejadian bermula

Pexels/Daniel Reche

Kejadian bermula di sebuah gang Cipinang Muara, Jatinegara pada pukul 09.00 WIB. Terlihat seorang kakek menaiki sepeda, yang berprofesi sebagai tukang service sofa keliling, menghampiri korban yang sedang berjalan kaki usai bersekolah.

Setelah mendekati korban, kakek tersebut langsung melakukan tindakan pelecehan seksual dengan menyentuh dada korban dan mengajak korban ke tempat yang lebih sepi.

2. Seorang ibu pengendara motor curiga

Freepik

Dalam sebuah rekaman CCTV, terlintas seorang ibu yang sedang mengendarai motor merasa curiga dengan gerak gerik pelaku terhadap korban. Lantas ibu tersebut mengajak korban untuk pulang bersamanya, namun korban menolak dan ingin pulang sendiri.

Setelah itu korban berjalan kaki meninggalkan kakek paruh baya dan ibu pengendara motor.

Imam Maulana selaku Ketua RT 11 Cipinang Muara menerima aduan dari ibu pengendara motor yang melintas, "Ibu-ibu itu ngadu ke RT, Pak coba lihat CCTV".

3. Kejadian di pos kesekertariatan RT

Freepik

Tidak puas dengan aksi yang dilakukannya, kakek tersebut lantas mengejar korban dan mengajaknya duduk di pos kesekertariatan RT. Untuk melancarkan aksinya, kakek paruh baya memberikan iming-iming uang jajan.

Menurut pernyataan dari Imam Maulana sebagai Ketua RT 11 Cipinang Muara, dua lokasi yang digunakan pelaku untuk melakukan tindak pelecehan seksual merupakan daerah yang ramai dilalui warga dan pos kesekertariatan juga lokasi yang sering digunakan warga untuk istirahat.

4. Tindakan dari Keluarga

Pexels/Kindel Media

Melalui rekaman CCTV, keluarga korban segera menuntut pelaku ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Markas Kepolisian Resor Metropolitan (MAPOLRES METRO) Jakarta Timur.

Setelah mendapatkan laporan dari keluarga korban, pelaku ditangkap di rumahnya daerah Cipinang Muara, Jatinegara tanpa perlawanan dengan barang bukti sepeda yang digunakannya saat melancarkan aksi pelecehan tersebut.

5. Cara mencegah pelecehan seksual pada anak

Popmama.com/Shania Tabina Anandanoe Ilustrasi penganiayaan anak

Mencegah kekerasan seksual terhadap anak merupakan tanggung jawab bersama masyarakat dan individu.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kekerasan seksual pada anak:

  • Komunikasi terbuka

Membangun komunikasi terbuka dengan anak-anak sangat penting. Ajarkan kepada anak bahwa mereka selalu dapat berbicara tentang perasaan mereka dan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang mengganggu.

  • Kenali tanda-tandanya

Pelajari tanda-tanda perubahan perilaku pada anak, seperti penarikan diri, perubahan suasana hati drastis, perubahan dalam akademis, atau ketidaknyamanan fisik. Ini bisa menjadi petunjuk adanya masalah yang mungkin terjadi.

  • Memilih pengasuh atau pengajar yang aman

Ketika memilih pengasuh, guru, atau orang yang akan berinteraksi dengan anak Mama, pastikan mereka telah melalui pemeriksaan latar belakang dan memiliki rekam jejak yang aman.

  • Penguatan diri

Ajarkan anak-anak tentang hak mereka, termasuk hak untuk tidak merasa tidak aman atau tidak nyaman dalam situasi apapun. Berbicara tentang perasaan dan hak pribadi bisa membantu anak membangun kepercayaan diri.

  • Pentingnya batasan

Ajarkan anak tentang batasan fisik dan emosional, serta bagaimana menghormati batasan orang lain. Jelaskan bahwa tidak ada alasan bagi seseorang untuk menyentuh anak tanpa izin.

  • Berkolaborasi dengan lembaga

Bekerja sama dengan lembaga atau organisasi yang peduli terhadap perlindungan anak, seperti lembaga pemberdayaan wanita dan anak atau lembaga kesehatan, untuk meningkatkan pemahaman dan upaya pencegahan.

Penting bagi orangtua untuk mengenali tanda-tanda pelecehan seksual, membuka komunikasi dengan anak-anak tentang perasaan mereka, dan memberikan pendidikan tentang apa yang pantas dan tidak pantas dalam interaksi sosial.

Jika Mama mencurigai atau mengetahui adanya pelecehan seksual pada anak, penting untuk segera melapor ke otoritas yang berwenang atau lembaga yang dapat memberikan bantuan.

Baca juga:

The Latest