TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bagian-Bagian dari Bunga Sempurna

Bunga yang memiliki serbuk sari dan putik dalam satu bunga yang sama

initu.id

Apakah kalian pernah mendengar istilah bunga sempurna?

Ternyata bunga dibagi ke dalam dua kategori yang berbeda, bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Klasifikasi bunga didasarkan pada ada atau tidaknya organ reproduksi jantan dan organ reproduksi betina dalam bunga yang sama.

Kali ini kita akan membas mengenai bunga sempurna. Bunga sempurna adalah istilah dalam botani yang merujuk pada jenis bunga yang memiliki kedua organ reproduksi, yaitu organ jantan (stamen) yang menghasilkan serbuk sari dan organ betina (pistil) yang berisi ovarium (bakal biji) dengan sel telur (putik).

Dalam istilah teknis, bunga sempurna memiliki putik dan serbuk sari yang berada dalam satu bunga yang sama. Contoh bunga sempurna adalah bunga mawar, matahari, anggrek, melati, lili, tulip, dan daisy.

Untuk mengetahui bagian-bagian pada bunga sempurna, berikut ini Popmama.com mengulas mengenai bagian-bagian bunga sempurna, disertai dengan penjelasannya. Selamat membaca!

1. Kelopak

Pexels/ Petr Ganaj

Kelopak adalah bagian luar bunga yang biasanya berwarna hijau. Fungsi utama kelopak adalah melindungi bunga ketika masih dalam tahap tunas.

Kelopak juga dapat menjaga kelembapan atau mengatur sinar matahari yang diterima oleh mahkota bunga, serta melindungi bunga dari elemen luar, seperti hewan pemakan dan cuaca buruk disekitar.

2. Mahkota

Pexels/Wolfgang

Mahkota bunga adalah bagian bunga yang terletak di dalam kelopak bunga dan biasanya memiliki warna-warni yang mencolok. Mahkota terdiri dari sekumpulan daun-daun yang disebut petal.

Bagian ini biasanya memiliki beragam bentuk, ukuran, dan warna yang berperan penting dalam menarik perhatian serangga penyerbuk, seperti lebah dan kupu-kupu.

3. Stamen (organ reproduksi jantan)

Pexels/ Cindy Gustafson

Benang sari (stamen) adalah bagian dari organ reproduksi jantan pada bunga. Benang sari menghasilkan serbuk sari (pollen), yang mengandung sel-sel sperma tumbuhan. 

Serbuk sari yang dihasilkan oleh benang sari memiliki peran penting dalam penyerbukan. Serangga penyerbuk atau angin membawa serbuk sari dari benang sari satu bunga ke organ reproduksi betina bunga yang sama atau bunga yang lainnya.

4. Pistil (organ reproduksi betina)

Pexels/Lukas

Pistil adalah organ reproduksi betina dalam bunga. Pistil terdiri dari tiga bagian utama: ovarium (yang berisi sel telur), stilus (batang tipis yang menghubungkan ovarium dengan kepala putik), dan kepala putik (bagian yang menangkap serbuk sari).

Bagian-bagian dari pistil:

  • Kepala putik/ putik (stigma)

Kepala putik adalah bagian dari organ reproduksi betina pada bunga yang merupakan bagian paling atas dari struktur pistil. Fungsi utama kepala putik adalah menerima serbuk sari (pollen) yang datang dari organ reproduksi jantan (stamen).

Kepala stigma sering memiliki permukaan yang khusus untuk menangkap dan menahan serbuk sari. Permukaan ini bisa menjadi lengket yang memungkinkan serbuk sari menempel.

Warna, bentuk, dan adakalanya aroma kepala stigma dapat menarik perhatian serangga penyerbuk, membantu mereka menemukan bunga dan memulai proses penyerbukan.

  • Tangkai putik (stilus)

Tangkai putik adalah bagian dari pistil dalam bunga yang menghubungkan kepala stigma dengan ovarium. Fungsi utama tangkai putik adalah mempertahankan dan mendukung kepala stigma agar dapat lebih mudah menangkap serbuk sari (pollen) yang datang.

Karena kepala stigma harus bersentuhan dengan serbuk sari agar penyerbukan terjadi, letak dan panjang tangkai putik dapat memengaruhi efektivitas penyerbukan.

  • Ovarium (bakal buah)

Ovarium atau bakal buah terletak dibagian dasar organ reproduksi betina yang menyimpan sel telur atau bakal biji. Ketika sedang menyimpan sel terlur biasanya ovarium terlihat membesar.

5. Bakal biji

Pexels/MAURO FOSSATI

Bakal biji adalah struktur reproduksi betina dalam tumbuhan berbunga yang berkembang menjadi biji setelah pembuahan terjadi. Bakal biji terdapat dalam ovarium, bagian pangkal dari organ betina. Ovarium mengandung satu atau lebih bakal biji.

Fungsi utama bakal biji adalah untuk menjadi tempat pengembangan sel telur atau ovum. Setelah serbuk sari (pollen) tiba di kepalaputik dan melalui tangkai putik menuju ovarium, sel-sel sperma dalam serbuk sari akan mencari sel telur dalam bakal biji untuk melakukan proses pembuahan. Jika pembuahan berhasil terjadi, bakal biji akan berkembang menjadi biji.

6. Dasar bunga

Pexels/Pixabay

Dasar bunga (receptacle) adalah bagian bawah atau pangkal tempat semua bagian-bagian bunga melekat. Ini adalah bagian di mana kelopak, mahkota, stamen, pistil, dan organ-organ lainnya yang ada pada bunga bersatu dalam satu struktur. Dasar bunga terletak pada ujung batang bunga atau percabangan.

7. Tangkai bunga

Pexels/Nubia Navarro (nubikini)

Tangkai bunga adalah bagian dari tumbuhan yang menghubungkan bunga dengan batang utama atau cabang. Tangkai bunga memiliki peran penting dalam menopang bunga dan terangkat sehingga lebih mudah diakses oleh serangga penyerbuk dan cahaya matahari.

Tangkai bunga juga berfungsi sebagai saluran pengangkutan air dan nutrisi dari batang utama atau cabang ke bunga. Ini memastikan bahwa bunga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Panjang dan bentuk tangkai bunga juga dapat memengaruhi potensi penyerbukan silang, yaitu ketika serbuk sari dari satu bunga ditransfer ke kepala putik bunga lainnya.

Mengerti tentang bagian-bagian bunga dapat membantu anak-anak memahami interaksi antara tumbuhan, serangga penyerbuk, dan lingkungan.

Baca juga: 

The Latest