TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tipe Papa saat Mengasuh Anak, Papa Termasuk yang Mana?

Setiap Papa memiliki gaya pengasuhan yang unik dalam mengasuh buah hati tercintanya

Freepik/Gpointstudio

Lewatlah sudah hari-hari ketika peran seorang Papa hanya sebatas pencari nafkah dan pembawa nilai-nilai moral dan agama kepada anak-anaknya.

Banyak Papa yang saat ini jauh lebih terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka, dan mengambil bagian aktif dalam membesarkan mereka seperti para Mama.  Setiap Papa berbeda, dan mereka memiliki cara uniknya masing-masing untuk tersedia hadir bagi anaknya. 

Beberapa mencoba menjadi sahabat terbaik anak, sementara yang lain lebih suka memegang posisi otoritatif dalam keluarga. Bahkan gaya pengasuhan mereka juga berbeda satu sama lain.

Berdasarkan beberapa pengamatan , dilansir dari Times of India, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 tipe Papa saat mengasuh anak, Papa termasuk yang mana?

1. Papa yang mencintai pekerjaannya, bahkan saat sudah sampai di rumah

Freepik/Tirachardz

Meskipun banyak dari Papa saat ini yang mulai terlibat dalam pengasuhan anak, tetap ada beberapa Papa yang tidak bisa lepas dari pekerjaannya, bahkan ketika sudah sampai di rumah. Papa dengan tipe yang satu ini selalu sibuk dengan beberapa atau pekerjaan lain, baik di kantor atau di rumah.

Tak sedikit dari mereka yang sulit duduk dengan tenang dan tetap terlibat dengan kegiatan bersama buah hati. Apakah ia harus menyelesaikan tugas pekerjaan kantor yang tertinggal atau melakukan meeting online dadakan.

Bahkan jika mereka pergi ke luar rumah dengan anak-anak, Papa mungkin terus-menerus menelusuri email dan ruang obrolannya. 

Mungkin agak sulit bagi seorang anak untuk terhubung dengan Papa dengan tipe yang satu ini, tetapi percayalah bahwa ia dapat memberikan pendidikan dan nasihat karir terbaik pada anaknya suatu hari nanti.

2. Papa yang mengasuh, banyak turun tangan dalam kehidupan anak sejak kecil

Freepik/Cookie-studio

Papa yang mengasuh, bertujuan untuk memberikan kehidupan, nilai moral, etika terbaik kepada anak-anak mereka sejak usia dini. Papa dengan tipe yang mengasuh ini memastikan bahwa anak-anak mereka dibesarkan dengan baik.

Ini ditunjukkan ketika Papa selalu terlibat dalam memenuhi kebutuhan anak sehari-hari. Bahkan Papa terlibat dalam menyiapkan makanan, waktu mandi, dan membeli pakaian, serta membantu Mama merawat anak yang sedang sakit dan mengurus janji dokter.

3. Papa yang suka bermain, selalu ceria dan menyempatkan quality time bersama anak

Freepik/Drobotdean

Papa dengan tipe yang selalu ceria dan senang bermain ini sebenarnya mencoba menghidupkan kembali masa kecilnya bersama buah hati tercinta. Ia tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan bahkan memotivasi anak untuk mengambil tantangan baru.

Selain itu, Papa yang playful ini juga mendukung anak-anaknya dalam setiap keputusan yang ia buat dan bahkan mencoba mengambil bagian dari keputusan anak. Baik itu bermain di taman bermain, melakukan perjalanan ke peternakan, atau menghadiri pertunjukkan boneka apa pun.

4. Papa yang interaktif, menjaga kebutuhan fisik dan emosional anak

Freepik/Pch.vector

Seorang Papa yang interaktif, sangat menjaga kebutuhan fisik dan emosional anaknya. Ia memahami pentingnya interaksi dan membicarakan banyak hal bersama anak untuk menyelesaikan masalah apa pun.

Selain itu, Papa dengan tipe ini suka menghabiskan waktu bersama anak untuk berbicara tentang kehidupan, berbagi pemikiran tentang suatu topik, dan mimpi yang ingin anak kejar di masa depan.

Papa yang interaktif juga membantu membangun kepercayaan diri anak dan mendorongnya untuk berbicara tentang perasaan dan gagasan.

5. Papa yang emosional, sangat bangga pada pencapaian anaknya

Freepik/Jcomp

Mama bukan satu-satunya orangtua yang selalu sentimental. Beberapa Papa juga bisa sangat emosional ketika menyangkut anaknya. Ia tak ragu membangga-banggakan tentang prestasi anaknya dan sangat bersemangat tentang hal itu.

Papa dengan tipe yang satu ini juga termasuk sebagai orangtua yang merasa senang dan bangga (bahkan hingga menangis) setelah mendengar anak mereka mengatakan kata "Papa" untuk pertama kalinya. Ia juga mencoba mengabadikan setiap momen yang dihabiskan bersama anak.

6. Papa yang bertanggung jawab, sangat mengambil andil dalam melindungi anak

Freepik/Africa Studio

Setiap Papa tentu bertanggung jawab dalam membesarkan anak-anaknya. Namun ada beberapa Papa yang pandai bertanggung jawab dalam mengatur hal-hal penting untuk anak-anak dan keluarga mereka.

Tak hanya sekadar bertanggung jawab atas menafkahi anak, Papa dengan tipe ini juga bertanggung jawab atas bagaimana perkembangan anak di dalam dan di luar rumah, seperti berkunjung ke dokter anak untuk memeriksakan kesehatan buah hati hingga sesi imunisasi.

Bahkan, Papa juga mengatur hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, seperti perlengkapan sekolah, seragam, hingga pemilihan ekstrakulikuler anak.

7. Papa yang perhatian, mengetahui nama teman anak hingga mainan favoritnya

Freepik/User786

Papa dengan tipe yang satu ini, selalu memikirkan kebahagiaan anak, apa yang dibutuhkan dan inginkan putra atau putri kecilnya.

Para Papa ini hebat dalam mengetahui kekuatan dan kelemahan anak, kartun atau film favorit, nama teman, dan apa yang suka anak mainkan. Ia juga pandai merencanakan ke depan dan memikirkan hal-hal seperti merencanakan hadiah atau tema pesta ulang tahun anak.

Nah itulah beberapa tipe Papa saat mengasuh anak. Setiap Papa memiliki caranya yang unik dalam mengasuh anak. Mungkin hal-hal yang tercantum di atas, adalah sesuatu yang sudah Papa lakukan dan dapat terus ditingkatkan.

Mungkin juga ada tipe yang baru disadari, sehingga Papa dapat mencoba berbagai hal dari tipe yang berbeda dan mengombinasikannya dengan baik. Sehingga, menemukan gaya pengasuhan yang paling nyaman untuk diri sendiri dan buah hati.

Baca juga:

The Latest