TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Pantai Ngurbloat, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

Pantai Ngurbloat punya pasir putih yang sangat halus seperti tepung, lho

google.com/maps/Rikhardus Tanlain

Memiliki banyak pulau alhasil membuat Indonesia telah dikenal sebagai negara yang punya banyak kekayaan alam. Menariknya, Indonesia juga memiliki pantai pasir putih terhalus di Asia, bahkan di dunia, lho.

Yups, kamu tidak salah baca. Indonesia memang memiliki pantai tersebut yang dikenal dengan nama Pantai Ngurbloat. Pantai ini terletak di Maluku Tenggara. Tidak hanya sekadar indah, pantai ini juga memiliki banyak fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

Yuk Ma, ajak si Kecil mengenal kumpulan fakta Pantai Ngurbloat lewat rangkuman beberapa faktanya yang sudah Popmama.com siapkan secara detail dalam artikel kali ini!

Kumpulan Fakta Pantai Ngurbloat

1. Pantai Ngurbloat diambil dari bahasa Kei

google.com/maps/Karina Arti Endaryani

Nama Pantai Ngurbloat ternyata diambil dari bahasa Kei dan terdiri dari 2 suku kata, yaitu 'ngur' dan 'bloat'. Kata 'ngur' berarti pantai dan 'bloat' artinya panjang.

Pantai Ngurbloat juga sering kali disebut sebagai Pantai Pasir Panjang. Nama itu akhirnya disebut banyak orang karena umumnya masyarakat mengalami kesulitan saat menyebutkan 'ngurbloat'.

2. Pantai Ngurbloat terletak di Desa Wisata Ngilngof

google.com/maps/Benny Tamnge

Pantai Ngurbloat sendiri merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantai Ngurbloat berjarak sekitar 17 dari Kota Langgur. Sementara itu, garis pantainya sendiri membentang sejauh 3-5 km dan dihiasi dengan pemandangan laut yang biru.

Sebagai informasi, pantai yang satu ini juga dinamakan Pantai Pasir Panjang karena membentang sejauh 5 km dari Pantai Ngurbloat hingga Pantai Ngursamadan di Desa Ohilir, Kecamatan Kei Kecil.

3. Pantai Ngurbloat punya pasir putih yang sangat halus seperti tepung

google.com/maps/Sianly Imapuly

Pantai Ngurbloat terbilang sangat unik karena memiliki pasir putih yang sangat halus seperti tepung. Pantai ini bahkan telah dinobatkan oleh National Geographic sebagai pantai dengan pasir terhalus di Indonesia, Asia bahkan di dunia.

Walau demikian, ternyata tidak semua wilayah pantai ini memiliki pasir putih yang halus, lho. Hanya sekitar 2 km dari pintu masuk dan setelah itu tekstur pasir sudah berbeda, yakni lebih kasar seperti pasir pada umumnya.

Selain pasir putihnya yang halus, Pantai Ngurbloat juga dihiasi dengan keindahan panorama ditambah airnya yang jernih. Pemandangan indah sunset pun dapat terlihat dengan sangat jelas di pantai ini.

4. Desa wisata yang memiliki pantai ini sempat masuk dalam jajaran 50 besar desa wisata terbaik

google.com/maps/s2s04

Dengan keindahan alam dan budaya yang dimiliki, Desa Wisata Ngilngof sempat masuk dalam jajaran 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dari keindahannya itu, pantai ini kerap didatangi wisatawan mulai dari domestik maupun mancanegara. Terlebih lagu, halusnya pasir putih di pantai ini bikin bermain di pasir sambil menikmati angin segar jadi terasa lebih menyenangkan.

5. Buka 24 jam, wisatawan bisa lakukan berbagai kegiatan menarik di Pantai Ngurbloat

google.com/maps/A W

Pantai Ngurbloat ini buka selama 24 jam. Para wisatawan yang datang ke sini biasanya berenang, bermain pasir, bermain bola kaki dan bola voli, selfie, menikmati sunset, hingga duduk melihat alam sekitar.

Kebersihan Pantai Ngurbloat juga tentunya tidak lepas dari peran kesadaran para warga sekitar dalam menjaga kelestarian alam.

Warga Desa Wisata Ngilngof pun percaya bahwa lingkungan yang bersih akan memberikan dampak terhadap kebangkitan pariwisata dan perekonomian.

Jadi, itulah rangkuman beberapa fakta Pantai Ngurbloat, pantai pasir putih terhalus di Asia. Setelah melihat beberapa fakta dan potretnya di atas, apakah Mama dan Papa bersama si Kecil tertarik untuk datang liburan keluarga ke pantai ini?

Baca juga:

The Latest