TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Adanya Gaya Gravitasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Gaya gravitasi memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup di bumi

Freepik/brgfx

Gaya gravitasi merupakan salah satu konsep dasar dalam fisika yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Gaya gravitasi, juga dikenal dengan istilah "gravitation" dalam bahasa Inggris, adalah salah satu kekuatan atau energi yang sangat signifikan yang ada di Bumi dan di planet-planet di seluruh alam semesta.

Gaya gravitasi ini adalah kekuatan tarik yang ada di Bumi, yang menyebabkan benda-benda di planet ini jatuh ke arah bawah.

Konsep gaya gravitasi ini ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Isaac Newton. Newton mengembangkan konsep gaya gravitasi ini saat ia sedang beristirahat di bawah sebuah pohon apel.

Kejadian tak terduga terjadi ketika sebuah apel jatuh tepat di atas kepalanya, mendorong Newton untuk berpikir dan mengembangkan konsep gaya gravitasi.

Gravitasi, pada dasarnya, ada di sekeliling kita, meskipun tidak dapat terlihat dan hanya dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa manfaat gaya gravitasi ini? Bersama Popmama.com, mari kita pelajari manfaat adanya gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari!

1. Memelihara stabilitas kehidupan di Bumi

Freepik

Gaya gravitasi adalah kekuatan tarik alami yang dihasilkan oleh planet Bumi, serta mungkin juga oleh planet lain di alam semesta. Gaya gravitasi ini menjaga stabilitas Bumi dan segala hal yang hidup maupun mati di dalamnya. Proses rotasi Bumi juga tergantung pada prinsip gaya gravitasi, di mana Bumi terus berputar pada porosnya.

Bayangkan jika Bumi tidak memiliki gaya gravitasi dan tidak mampu tetap pada porosnya. Akan timbul kekacauan dan mungkin menghancurkan semua bentuk kehidupan di Bumi.

2. Menjaga benda-benda tetap berada pada tempatnya di Bumi

Freepik

Semua benda, baik yang hidup maupun mati, di Bumi mengikuti gaya gravitasi yang dihasilkan oleh planet ini. Manfaat dari gaya gravitasi Bumi adalah bahwa semua benda di Bumi tidak akan melayang dan lebih mudah untuk menjaga posisinya.

Bayangkan jika gaya gravitasi Bumi menghilang? Semua perabotan dan benda akan melayang tanpa arah yang jelas dan tidak akan memiliki manfaat sama sekali.

3. Memberikan berat pada semua benda di Bumi

Freepik

Gaya gravitasi juga mempengaruhi berat dari benda-benda di Bumi. Dengan adanya gaya gravitasi, setiap benda yang berada di Bumi memiliki beratnya sendiri. Hal ini berbeda jika berada di luar angkasa di mana tidak ada gravitasi, sehingga semua benda akan melayang bebas tanpa memiliki berat.

4. Digunakan dalam olahraga dan hiburan

Freepik/vwalakte

Gaya gravitasi sering dimanfaatkan sebagai sumber hiburan dan olahraga yang menyenangkan. Beberapa olahraga memanfaatkan gaya tarik Bumi atau gravitasi dalam pelaksanaannya.

Olahraga-olahraga ini biasanya merupakan jenis olahraga yang menantang adrenalin, seperti terjun payung, paralayang, bungee jumping, paragliding, dan loncat indah.

5. Prinsip dasar dalam ilmu penerbangan

Freepik/Kireyonok_Yuliya

Salah satu manfaat lain dari gaya gravitasi adalah penggunaannya dalam ilmu penerbangan. Ilmu penerbangan dan semua perangkat penerbangan didasarkan pada perhitungan gaya gravitasi yang diperlukan untuk membuat pesawat terbang. Berkat gaya gravitasi, pesawat dan objek terbang lainnya dapat terbang.

6. Sumber pengembangan ilmu pengetahuan

Freepik/8photo

Gaya gravitasi sangat penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Saat ini, ilmu pengetahuan yang sedang berkembang juga mencoba untuk memahami gaya yang dapat melawan gravitasi. Selain itu, dengan adanya gaya gravitasi, kemungkinan besar akan tercipta berbagai inovasi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

7. Sumber energi

Freepik/wirestock

Gaya gravitasi Bumi juga secara tidak langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi. Pembangkit listrik tenaga air, yang menghasilkan energi dari aliran sungai, menggunakan gaya gravitasi Bumi untuk menggerakkan turbin air. Selain itu, aliran air itu sendiri juga terjadi karena adanya gaya gravitasi Bumi.

Jika tidak ada gaya gravitasi Bumi, air akan tetap mengambang di udara dan tidak akan memiliki manfaat.

8. Memudahkan aktivitas manusia sehari-hari

Freepik

Aktivitas manusia sehari-hari tidak terlepas dari gaya gravitasi. Berjalan, berlari, mengendarai mobil, bahkan membuang sampah, semuanya bergantung pada gaya gravitasi. Kehidupan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada gaya gravitasi.

9. Menjaga bulan tetap pada orbitnya

Freepik/wirestock

Bulan adalah satelit alami yang dimiliki oleh Bumi.Bulan tetap berada pada orbitnya karena adanya pengaruh gaya gravitasi Bumi. Selain memberikan pemandangan indah di malam hari dan mempengaruhi pasang surut air laut, Bulan juga terjaga agar tidak keluar dari orbitnya berkat gaya gravitasi Bumi.

10. Menjaga satelit buatan tetap pada orbitnya

Freepik/vecstock

Selain Bulan, Bumi juga memiliki banyak satelit buatan yang mengorbit di sekitarnya. Satelit-satelit ini diluncurkan dan berada dalam orbit karena adanya gaya gravitasi yang dihasilkan oleh Bumi. Gaya gravitasi memastikan bahwa satelit-satelit tersebut tetap berada pada jalur orbitnya.

Itulah penjelasan manfaat adanya gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari. Gaya gravitasi memiliki manfaat yang sangat penting bagi manusia. Tak hanya di luar angkasa, gravitasi juga berperan penting dalam kehidupan manusia di bumi.

Baca juga:

The Latest