TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Nama Bandara dan Lapangan Udara Terbesar di Indonesia

Ini dia beberapa bandara terbesar di Indonesia

Freepik/4045

Bandara atau yang bisa juga disebut lapangan udara merupakan salah satu tempat tersibuk di dunia.

Bandara di Indonesia sendiri berjumlah 298 dan melayani penerbangan Domestik dan juga Internasional. Dengan banyaknya bandara, tentunya ada juga bandara terbesar di dalam negeri.

Ingin tahu di mana saja?

Berikut ini Popmama.com berikan 7 nama bandara dan lapangan udara terbesar di Indonesia.

1. Bandara Soekarno-Hatta

Blogspot.com/kombek-gah

Terletak di Tangerang, Banten, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara terbesar sekaligus tersibuk di tanah air Indonesia. Seperti namanya, bandara ini diambil dari nama tokoh Proklamator Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

2. Bandara Kertajati

Facebook.com/KertajatiAirport

Bandara dengan luas terbesar kedua di Indonesia adalah Bandara Kertajati. Bandara ini terletak di Kertajati, Majalengka dan diresmikan pada 2018 lalu untuk menggantikan Bandara Husein Sastranegara yang berada di Bandung.

3. Bandara Hang Nadim

Wikipedia.org

Bandara terbesar ketiga di Indonesia diduduki oleh bandara bertaraf Internasional, yaitu Bandara Hang Nadim. Berada di Batam, Kepulauan Riau, nama bandara ini diambil dari seorang laksamana Kesultanan Malaka, Hang Nadim.

Terbesar ketiga di dalam negeri, bandara ini memiliki pacu terpanjang kedua di Asia Tenggara setelah Kuala Lumpur International Airport.

4. Bandara Kualanamu

Blogspot.com/BlogAnsyari

Diambil dari nama kota di Sumatera Utara, yakni Desa Kualanamu, bandara ini dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia yang berada di Kota Medan. Bandara ini juga merupakan bandara Internasional dan memiliki nama Bandara Kualanamu International Airport.

5. Bandara New Yogyakarta

bandaraonline.com

Bandara New Yogyakarta atau yang dikenal dengan New Yogyakarta International Airport ini merupakan bandara baru yang beroperasi sejak 2019. Bandara yang berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dibangun menggantikan Bandara Adisucipto.

6. Bandara Minangkabau

Wikipedia.org

Beroperasi sejak 2005, bandara ini terletak di Padang, Sumatera Barat. Bandara bertaraf Internasional dengan nama Bandar Udara International Minangkabau dibangun sebagai pengganti Bandar Udara Tabing. Bandara ini juga satu-satunya bandara yang menggunakan nama suatu etnis, yaitu Minangkabau.

7. Bandara Juanda

Youtube.com/MuhammadDadangKurnia

Bandara Juanda menempati posisi ketujuh sebagai bandara terbesar di Indonesia. Bandara yang terletak di Jawa Timur, Surabaya ini merupakan bandara bertaraf Internasional. Nama wakil perdana menteri Indonesia terakhir, yakni Djuanda Kartawidjaja merupakan inspirasi nama untuk bandara ini.

Berikut 7 nama bandara dan lapangan udara terbesar di Indonesia yang telah Popmama.com rangkum. Bandara mana yang ingin kamu kunjungi?

Baca juga:

 

The Latest