TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Doa Sapu Jagat yang Sering Dibaca Rasulullah SAW

Inilah manfaat doa sapu jagat yang kerap dibaca oleh Rasulullah SAW, doa singkat penuh makna

Freepik/Jcomp

Sebagai umat muslim, doa sapu jagat tentu sudah tak asing lagi didengar dan dipanjatkan. Doa ini disebut sebagai salah satu doa singkat yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW. 

Meskipun singkat, tetapi doa sapu jagat memiliki keutamaan karena banyaknya permohonan kebaikan yang tersirat untuk kebaikan dunia dan akhirat kita. Lantas, apa saja manfaat dari doa sapu jagat?

Tak sekadar membaca, yuk ajak anak ketahui manfaatnya agar bisa diamalkan dalam kehidupan mereka. Berikut Popmama.com rangkumkan bacaan doa sapu jagat beserta manfaatnya. Yuk, ajarkan ke anak.

1. Bacaan doa sapu jagat

Freepik/Freepik

Berikut bacaan doa sapu jagat lengkap dengan Arab dan artinya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, Aatina fid dunyaa hasanah, wa fil Aakhirati hasanah, wa qinaa 'Adzaaban-naar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan lindungilah kami dari siksa neraka."

2. Doa yang sering dibaca Rasulullah SAW

Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Rasulullah SAW bersaksi bahwa doa sapu jagat menjadi doa yang intensitasnya sering dilafalkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini hadis yang menyebutkan kebenaran tersebut:

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Artinya, “Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār,'" (HR. Bukhari dan Muslim).

Pelafalan doa sapu jagat tak hanya dari hadis yang disebutkan, melainkan dikutip dari salah satu ayat dalam surat Al-Baqarah ayat 201 yang berbunyi:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya, “Di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.’” Wallahu a‘lam.

3. Manfaat doa sapu jagat

Pexels/Alena Darmel

Doa sapu jagat sudah sering didengar di banyak kesempatan. Baik saat doa penutup ketika selesai salat, penutupan pidato keagamaan, atau penutuan doa-doa lainnya.

Memiliki ayat yang sangat singkat, doa sapu jagat sendiri berarti singkat, padat, lengkap, dan mencakup semua hajat manusia. Inilah yang membuat pelalafan doa tersebut singkat, tetapi sarat akan makna yang mendalam.

Dalam lafal doa sapu jagat, terdapat kata "Hasanah" yang secara literal berarti baik atau kebaikan. Maka arti "fi al Dunya Hasanah" dapat diartikan sebagai kebaikan di dunia.

Para ahli tafsir menjelaskan ayat tersebut bahwa kebaikan di dunia adalah kesejahteraan dan kebahagiaan yang meliputi tiga dimensi, yaitu ruhani (mental dan spiritual), jasmani (tubuh, badan) dan sosial.

Dapat diartikan bahwa doa yang singkat dan sering dibaca Rasulullah SAW ini berisikan banyak dari permohonan selama kita berada di dunia dan untuk kelak nanti ketika sudah di akhirat, sehingga sangat bermanfaat dan dianjurkan untuk memanjatkan doa tersebut setiap hari.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 203 yang berbunyi:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Artinya: "Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya."

Itu dia manfaat doa sapu jagat, doa singkat yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Jadi salah satu doa yang banyak dilafalkan setiap hari, ternyata doa tersebut memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kehidupan dunia dan akhir, ya.

Yuk, beri tahu anak dan ajarkan pada mereka sejak dini agar senantiasa dilafalkan oleh anak setiap harinya.

Baca juga:

The Latest